Sukses

Antusiasme Siswa Austria Belajar Bahasa Indonesia Secara Daring

Kegiatan Pembelajaran Bahasa Indonesia melalui daring disambut antusias oleh masyarakat Austria

Liputan6.com, Jakarta - Kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Pembicara Asing – BIPA atau Kelas Bahasa Indonesia di KBRI/PTRI Wina dan Universitas Wina (Uniwien) untuk semester musim dingin 2020 ini telah dibuka secara virtual pada 6 Oktober. Pembukaan kelas baru itu langsung dilakukan oleh Duta Besar RI untuk Austria, Slovenia dan Badan PBB di Wina, Darmansjah Djumala.

Memasuki semester ke-6 Kelas Bahasa Indonesia ini merupakan inisiasi dari KBRI/PTRI Wina, kegiatan ini didukung juga oleh program BIPA dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI yang bekerja sama juga dengan Departement of Social Science, University of Vienna. Pertama kali program ini dibuka pada bulan Maret 2018 yang pada selanjutnya masuk ke dalam sistem kredit, sebagai mata kuliah pilihan di Universitas Wina pada Oktober 2018.

Kegiatan Kelas Bahasa ini memberikan banyak manfaat untuk para siswa/peserta. Dengan mempunyai kemampuan berbahasa Indonesia, maka para siswa tersebut akan lebih memahami budaya dan masyarakat Indonesia. Adanya kemampuan ini juga yang akan mendukung peran para siswa dalam meningkatkan hubungan people-to-people­ contact antara Indonesia dengan Austria. 

Akibat dari krisis global pandemic Virus Corona COVID-19, Pembelajaran pada musim panas 2020 yang lalu, pada musim dingin 2020 ini akan dilaksanakan secara virtual oleh pengajar dari BIPA Indonesia.

"Saya sangat menghargai semangat dan motivasi para siswa dan guru yang selalu aktif, sehingga kelas Bahasa Indonesia di Austria tetap berjalan di tengah keterbatasan akibat pandemi COVID-19," ungkap Djumala, seperti diinformasikan KBRI Wina, Rabu (7/10/2020).

Jangkauan belajar jarak jauh ini, secara daring menjadi lebih luas, sehingga Kelas Bahas Indonesia ini dapat diikuti oleh siswa dari luar kota Wina, dan dari negara sekitarnya termasuk Slovenia.

Saksikan Video Pilihan Dibawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ditandai dengan Pemotongan Tumpeng

Adanya ungkapan dari 2 wakil siswa Kelas Bahasa Indonesia, dengan menggunakan Bahasa Indonesia yang lancar hal itu mencerminkan semangat para pemuda dan masyarakat Austria untuk mengenal lebih dekat tentang keanekaragaman budaya di Indonesia.

Kepala Departement Antropologi Sosial dan Budaya, Univesitas Wina, Peter Sweitzer dalam sambutannya juga menyampaikan bahwa kerja sama yang terjalin dengan KBRI/PTRI Wina merupakan langkah yang sangat diapresiasi oleh pihak Universitas Wina, dikarenakan dengan adanya kerja sama ini akan memberikan akses kepada para siswa untuk dapat menggali potensi dan belajar lebih jauh mengenai Indonesia.

Acara pembukaan, Kelas Bahasa Indonesia musim dingin tahun 2020 akan ditandai dengan pemotongan tumpeng, hal ini sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan yang Maha Esa atas kesuksesannya pembelajaran Kelas Bahasa Indonesia di Austria selama ini.

 

Reporter: Romanauli Debora

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.