Sukses

Menlu Mike Pompeo Bahas Isu Korupsi oleh China bersama Australia, India Hingga Jepang

Menlu Mike Pompeo mengangkat isu yang membahas soal korupsi oleh China.

Liputan6.com, Tokyo - Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo meminta sekutu utama Asia untuk bersatu melawan "eksploitasi, korupsi, dan pemaksaan" China di kawasan itu, saat ia mengadakan pembicaraan pada Selasa 6 Oktober di Tokyo.

Pompeo berbicara di awal diskusi dengan rekan-rekannya dari Jepang, India, dan Australia - yang disebut kelompok Quad dan berusaha menghadirkan front persatuan melawan Beijing yang semakin tegas. Demikian seperti mengutip laman Channel News Asia, Rabu (7/10/2020).

Namun, diplomat tertinggi AS-lah yang mengambil tindakan paling keras terhadap China, merujuk pada "pandemi yang datang dari Wuhan", yang katanya "diperparah oleh penutupan Partai Komunis China (PKC)".

Dia memperingatkan bahwa "sekarang lebih penting daripada sebelumnya bahwa kita bekerja sama untuk melindungi orang-orang dan mitra kami dari eksploitasi, korupsi, dan pemaksaan PKT", mengutip tindakan China di Himalaya, Selat Taiwan, dan tempat lain.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kontroversi dengan China

Retorika ini tidak sepenuhnya digaungkan oleh mitra Washington dalam pengelompokan tersebut, meskipun Menteri Luar Negeri Australia Marise Payne secara tajam berbicara tentang keinginan untuk suatu wilayah yang "diatur oleh aturan, bukan kekuasaan".

Pembicaraan itu terjadi dengan Washington, Sydney dan New Delhi, di mana semuanya berselisih dengan Beijing.

Menteri Luar Negeri India Subrahmanyam Jaishankar mencatat fakta bahwa pertemuan itu terjadi, mengingat pandemi virus corona, adalah "kesaksian pentingnya" aliansi itu.

Tetapi Jepang, di bawah kepemimpinan Perdana Menteri baru Yoshihide Suga, berusaha menyeimbangkan kebutuhan untuk mendukung sekutunya dengan keinginannya untuk terus meningkatkan hubungan secara bertahap dengan China.

Menteri Luar Negeri Toshimitsu Motegi tidak menyebut China dalam sambutannya, dan pemerintah mengatakan pembicaraan tidak ditujukan pada satu negara.

“Akhir-akhir ini tatanan internasional saat ini telah mendapat tantangan di berbagai bidang dan tren virus corona baru mempercepat,” kata Motegi mengawali pertemuan.

"Empat negara kami memiliki tujuan yang sama untuk memperkuat tatanan internasional yang bebas dan terbuka, berdasarkan aturan."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini