Sukses

Penasihat: Donald Trump Positif COVID-19, Tak Ada Ekstra Protokol di Kampanye Pilpres

Penasihat kampanye Trump mengatakan protokol unjuk rasa tidak akan berubah setelah diagnosis virus korona oleh Presiden.

Liputan6.com, Washington DC - Seorang penasihat senior untuk kampanye pemilihan kembali Presiden Donald Trump mengatakan pada Minggu 4 Oktober 2020 bahwa tidak akan ada protokol keselamatan tambahan, untuk kampanye mendatang setelah Presiden AS saat ini dirawat di rumah sakit akibat tertular COVID-19.

Ketika didesak Ana Cabrera dari CNN tentang keamanan kampanye Donald Trump yang sebagian besar memamerkan praktik kesehatan masyarakat terbaik, penasihat kampanye senior Jason Miller mengatakan akan diterapkan pengukuran suhu peserta sambil menyediakan masker wajah dan pembersih tangan - langkah sama yang disebutnya sudah ada sebelum diagnosis COVID-19 Trump.

"Tahukah Anda, itu adalah hal yang sangat aman dan bertanggung jawab untuk dilakukan. Itulah yang kami lakukan sejak awal," jelas Miller seperti dikutip dari CNN, Senin (5/10/2020).

Komentar Miller, dipasangkan dengan foto saat Trump pada Minggu 4 Oktober dikabarkan meninggalkan rumah sakit dengan detail keamanan sehingga dia dapat berkendara dengan SUV melewati pendukung, menimbulkan lebih banyak pertanyaan tentang apakah Presiden dan kampanyenya memahami keseriusan penyakit yang sangat menular dan mematikan itu.

Bahkan termasuk ketika dokter Donald Trump pada Minggu pagi memberikan perincian tentang kondisi Presiden AS itu kepada wartawan, termasuk beberapa penurunan yang mengkhawatirkan dalam kadar oksigennya.

"Presiden telah mengalami dua episode penurunan sementara dalam saturasi oksigennya," kata dokter Trump, Komodor Angkatan Laut, Dr. Sean Conley.

"Episode penting pertama terjadi Jumat malam ketika presiden mengalami demam tinggi dan saturasi oksigennya untuk sementara turun di bawah 94%. Presiden diberi oksigen pada saat itu," kata Conley, menjawab pertanyaan yang telah dia hindari selama pengarahan hari Sabtu.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

 

Saksikan Juga Video Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kekurangan Suara Bikin Donald Trump Getol Kampanye Meski Positif COVID-19?

Komentar Miller menggarisbawahi pentingnya bahwa Partai Republik percaya kampanye memiliki peran dalam tindak tanduk Donald Trump di Gedung Putih.

Kampanye Donald Trump dan Gedung Putih dihentikan secara langsung selama berbulan-bulan selama pandemi COVID-19, tetapi karena jumlah jajak pendapat Presiden tertinggal, aksi unjuk rasa dikembalikan ke jadwal Trump.

Pada Minggu pagi, Miller bahkan mengklaim calon presiden dari Partai Demokrat Joe Biden menggunakan masker sebagai properti saja.

"Saya akan mengatakan bahwa sehubungan dengan Joe Biden, saya pikir terlalu sering dia menggunakan masker sebagai properti," kata Miller kepada George Stephanopoulos dari ABC. "(Mengenakan) masker sangat penting, tetapi bahkan jika dia - dia bisa berada 20, 30 kaki dari orang terdekat dan masih mengenakan masker."

3 dari 3 halaman

Jangan Anggap Remeh Cara Pakai Masker

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.