Kisah Nenek 103 Tahun di Meksiko Sembuh dari COVID-19

Oleh Natasha Khairunisa Amani pada 05 Okt 2020, 19:10 WIB
Diperbarui 05 Okt 2020, 19:10 WIB
Kesiapan RS Pertamina Jaya
Perbesar
Tim dokter melakukan pengecekan alat ventilator di ruang ICU RS Pertamina Jaya, Jakarta, Senin (6/4/2020). Secara keseluruhan RSPJ memiliki kapasitas 160 tempat tidur dengan 65 kamar isolasi dengan negative pressure untuk merawat pasien yang positif Corona. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Liputan6.com, Jakarta - Kisah inspiratif datang dari seorang nenek berusia 103 tahun di Meksiko. Nenek tersebut diketahui menderita penyakit paru kronis, namun ia telah berhasil sembuh dari COVID-19.

Kesembuhannya pun diumumkan Institut Keamanan Sosial Meksiko (IMSS). 

Dilansir AFP, Senin (5/10/2020), institut yang merupakan bagian dari sistem perawatan kesehatan Meksiko itu mengatakan bahwa nenek yang hanya diidentifikasi sebagai Dona Maria tersebut, telah menjalani perawatan di rumah sakit selama 11 hari.

Pada 22 September, nenek tersebut dirawat di rumah sakit regional di Guadalajara di negara bagian Jalisco barat. Saat itu, ia sempat menderita demam, kesulitan bernapas, dan pilek, namun tidak membutuhkan ventilator.

Ia dites positif terkena COVID-19. Tetapi terlepas dari masalah paru-parunya, tidak ada faktor yang memberatkan lainnya seperti diabetes, obesitas atau tekanan darah tinggi.

"Itulah yang berkontribusi pada perawatannya," terang IMSS dalam sebuah pernyataan.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

Saksikan Video Berikut Ini:


Telah Kembali Pulang ke Rumah

Gambar ilustrasi Virus Corona COVID-19 ini diperoleh pada 27 Februari 2020 dengan izin dari Centers For Desease Control And Prevention (CDC). (AFP)
Perbesar
Gambar ilustrasi Virus Corona COVID-19 ini diperoleh pada 27 Februari 2020 dengan izin dari Centers For Desease Control And Prevention (CDC). (AFP)

"Dia selalu sangat ceria, berbicara jelas dengan dokter. Bahkan pada akhirnya, dia meminta kami untuk menjaga diri kami. Perkembangannya sangat baik; gejalanya telah hilang," ungkap direktur rumah sakit David Sanchez.

Pada 2 Oktober 2020, pasien tersebut telah dipulangkan ke rumahnya. Dalam foto-foto yang dirilis oleh IMSS, menunjukkan dirinya yang bertepuk tangan kepada para dokternya saat keluar dari rumah sakit dengan kursi roda.

Sejauh ini, Meksiko telah mencatat 757.953 infeksi dan 78.880 kematian akibat Virus Corona COVID-19 sejak Februari 2020. 

Salah satu kepulihan yang lebih mengejutkan adalah ketika seorang kakek berusia 118 tahun di sebelah tenggara negara bagian Tabasco dites positif COVID-19 pada 25 Juli 2020 dan berhasil sembuh.


Infografis Wabah Virus Corona Darurat Kesehatan Global

Infografis Wabah Virus Corona Darurat Kesehatan Global. (Liputan6.com/Triyasni)
Perbesar
Infografis Wabah Virus Corona Darurat Kesehatan Global. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya