Sukses

Awas, 7 Makanan Ini Ternyata Bisa Jadi Racun untuk Kulit Anda

Makanan-makanan yang tak diduga bisa menjadi racun untuk kesehatan kulit.

Liputan6.com, Jakarta - Hal yang kita sukai ternyata tidak selalu membawa hal baik. 

Salah satu contohnya adalah makanan. Ada jenis-jenis makanan yang kita sukai namun tidak lagi bisa kita nikmati. Mungkin, salah satu alasannya adalah alergi. Jika kita memaksakan diri untuk makan makanan tersebut, maka sejumlah reaksi mungkin akan terjadi. 

Nyatanya, ada sejumlah jenis makanan yang mungkin merupakan favorit Anda namun berpotensi membawa racun untuk kulit Anda.

Mengutip laman Bright Side, Minggu (4/10/2020), berikut adalah 7 makanan yang bisa menjadi racun untuk kulit Anda:

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Alkohol

"Minum alkohol adalah salah satu hal terburuk yang dapat Anda lakukan untuk kulit Anda," kata ahli perawatan kulit, Bomb Michaella Bolder. 

Sayangnya, setelah rasa nikmat yang Anda rasakan saat minum alkohol memudar, Anda akan memiliki banyak efek samping. 

Pertama, alkohol meningkatkan gangguan hormon yang menyebabkan jerawat. Kedua, ini menurunkan sistem kekebalan Anda dengan mengganti bakteri yang sangat penting di usus Anda yaitu mikrobioma.

Ketiga, alkohol membuat kulit Anda dehidrasi dan membuat Anda terlihat dan merasa bengkak.

3 dari 8 halaman

2. Kue Beras

Anda mungkin terkejut saat mengetahui bahwa makanan yang seharusnya "sehat" sebenarnya berbahaya. 

Kue beras dapat menyebabkan kerutan pada kulit Anda dan bahkan dapat memengaruhi fungsi otak Anda.

Pertama, mudah untuk memakannya secara berlebihan, namun dapat menyebabkan penambahan berat badan. 

Kedua, jika Anda memeriksa label nutrisi di bagian belakang, Anda akan melihat bahwa kue beras tidak mengandung apa-apa, dan bahkan jika Anda menemukan bahan yang sehat, hanya ada sedikit kandungan. 

Ketiga, kue beras dapat menyebabkan bercak dan jerawat dengan merusak molekul yang disebut produk Akhir Glikasi Lanjutan, atau dikenal sebagai AGEs.

4 dari 8 halaman

3. Sushi

Tahukah Anda bahwa kelezatan makanan ini menyebabkan penuaan dini dan menyebabkan jerawat? 

Pertama, sushi mengandung banyak garam yang menjadi salah satu musuh terburuk kesehatan kita dan dapat menyebabkan kulit dehidrasi dan kusam. 

Kedua, makanan asin membuat sel menahan cairan, yang membuat wajah Anda bengkak. 

Ketiga, beras memiliki indeks glikemik yang tinggi dan dapat menghilangkan kelembaban dan sirkulasi dari epidermis, menyebabkan kulit kering dan penuaan dini.

Jika Anda memang merupakan seorang penyuka sushi, disarankan untuk minum lebih banyak air, lakukan senam wajah, tidur miring agar cairan tidak terkumpul di wajah, gunakan kompres dingin dan hindari alkohol untuk mencegah bengkaknya wajah.

5 dari 8 halaman

4. Kandungan Susu

Jika Anda memang mengonsumsi produk olahan susu dan masih berjuang melawan jerawat, informasi ini mungkin bisa membantu.

Pertama, susu dari sapi mengandung hormon pertumbuhan yang memperburuk kelenjar minyak kulit Anda dan membuat kulit Anda sangat berminyak. Akibatnya, Anda menjadi lebih rentan berjerawat. 

Kedua, ada banyak susu berkualitas rendah di luar sana karena sapi diberi makan jagung transgenik dan kedelai. Selama pemrosesan produk susu, susu menjadi rusak karena ultra-pasteurisasi, penguapan, skimming, dan sebagainya. Semua ini menciptakan kondisi sempurna untuk pertumbuhan jerawat. 

Ketiga, 75% populasi dunia tidak toleran laktosa, dan intoleransi ini dapat menyebabkan munculnya jerawat dan eksim.

Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk beralih ke alternatif lain seperti susu kambing.

6 dari 8 halaman

5. Sereal

Sereal yang tampaknya tidak berbahaya, ternyata bisa berbahaya bagi kulit Anda.

Pertama, jangan percaya kata "alami" sampai Anda melihat kandungan serealnya. Anda mungkin mengetahui bahwa beberapa bahan tersebut ternyata adalah bahan GMO, yang dapat membuat kulit Anda gatal, meningkatkan alergi, dan menyebabkan jerawat.

Kedua, karena proses yang disebut ekstrusi, sereal sebenarnya beracun bagi tubuh kita.

Jika Anda tidak bisa berhenti makan semangkuk sereal untuk menu sarapan pagi, pilihlah yang mengandung kurang dari 5 gram gula per porsi. Perhatikan porsi Anda dan gunakan informasi kontrol porsi pada kemasan untuk panduan.

7 dari 8 halaman

6. Daging Olahan

Salah satu penyebab Anda mengalami kulit bengkak, terutama setelah mengunjungi kafe atau restoran, bisa jadi karena mengonsumsi daging olahan. 

Pertama, ada banyak natrium dalam daging olahan seperti ham, bacon, daging yang diawetkan seperti air garam ayam.

Kedua, jenis daging ini juga mengandung nitrit yang menghancurkan kolagen dan elastin di kulit Anda. 

Ketiga, daging olahan dapat menyebabkan penuaan dini karena unsur-unsur yang rusak tidak dapat lagi diandalkan untuk mendukung keremajaan kulit.

Agar daging olahan tidak terlalu berbahaya bagi tubuh Anda, pastikan Anda tidak makan terlalu banyak dan tidak memakannya setiap hari. Jika Anda sedang diet, pilihlah bahan-bahan yang segar.

8 dari 8 halaman

7. Jus

Siapa yang tidak suka jus? Apalagi bila dianggap jauh lebih sehat daripada soda. 

Pertama, jus mengandung gula sebanyak soda dan gula ini memecah kolagen di kulit Anda dan membuatnya kasar. 

Kedua, jus kekurangan serat dan ini berarti apa yang Anda minum tidak memberi kulit Anda nutrisi yang diperlukan. 

Anda bisa mencampurkan buah dan sayuran menjadi smoothie untuk memastikan tubuh Anda mendapatkan semua vitamin dan mineral yang baik. Namun akan lebih baik jika mengonsumsi buah utuh agar Anda mendapatkan antioksidan dan vitamin yang secara alami terdapat pada buah-buahan. Atau jika Anda terbiasa minum jus, jangan menambahkan gula ekstra lagi di dalamnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.