Penuh Nutrisi Hingga Industri Miliaran Dolar, 11 Fakta Menarik Tentang Jamur

Oleh Liputan6.com pada 01 Okt 2020, 19:41 WIB
Diperbarui 01 Okt 2020, 19:43 WIB
Manfaat Jamur Enoki Bagi Kesehatan
Perbesar
Ilustrasi Jamur Enoki / Sumber: Pixabay

Liputan6.com, Jakarta - Jamur adalah salah satu makanan paling menarik di planet ini. Ini pernyataan yang berani, tapi berapa banyak organisme yang Anda ketahui yang bukan tumbuhan atau hewan?

Jamur benar-benar menarik. Terlepas dari banyak manfaat kesehatan, rasanya yang enak untuk piza, salad, pasta, dan di mana saja Anda menaruhnya, beberapa jenis jamur bisa menimbulkan efek halusinasi.

Anda mungkin bertanya-tanya, sudah berapa lama orang mengkonsumsi jamur? Apa yang membuat mereka begitu sehat? Apa saja efeknya dan seberapa aman? Apa masalahnya dengan jamur di Super Mario Bros? Berapa banyak jenis jamur yang membuat Anda berhalusinasi?

Sejumlah hal tersebut di atas beberapa di antara fakta menarik tentang jamur.

Berikut ini ulasan fakta menarik tentang jamur yang mungkin belum banyak diketahui, dikutip dari Ranker.com, Kamis (1/9/2020):

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan Video Pilihan Dibawah Ini


1.Ada Jamur Yang Rasanya Hampir Identik Dengan Ayam Goreng

Ayam Goreng
Perbesar
Ayam goreng krispi (dok. Bertolli/Fairuz Fildzah)

Ada seluruh genus jamur, ditemukan di seluruh dunia, yang rasanya seperti ayam goreng. Bahkan disebut sebagai "ayam kayu".

Jenis yang satu ini paling sering ditemukan di Amerika Utara bagian timur dan berwarna oranye terang. Memang terlihat seperti sepotong ayam goreng yang enak. 


2. Jamur Mario

[Bintang] 26 Fakta 'Game' Mario Bros yang Jarang Diketahui Para 'Gamer' (2)
Perbesar
Fakta 21 | via: buzzfeed.com

Jamur merah dan putih yang cerah dari karakter Super Mario Bros. yang membuat Anda bertambah besar di sepanjang gim adalah nyata. Mereka disebut Amanita Muscaria.

Jenis yang satu ini sedikit beracun. Tidak cukup untuk mematikan organ vital, tapi cukup untuk menyebabkan hilangnya keseimbangan tubuh.

Jika Anda memakan kulitnya, efeknya bisa membuat Anda merasa lebih besar, atau membuat dunia terasa lebih besar. Seperti yang terjadi pada permainan Mario Bros usai memakan jamurnya.


3. Ada Jamur Yang (Seharusnya) Membuat Wanita Orgasme Secara Instan

Ilustrasi mimpi seorang wanita
Perbesar
Ilustrasi mimpi seorang wanita (Photo by Enrique Meseguer on Pixabay)

Ada jamur di Hawaii yang ketika tercium menyebabkan orgasme instan pada wanita. Lebih dari separuh subjek tes wanita mengalami orgasme simultan.

 "Ada karakteristik gairah seksual yang signifikan hadir dalam bau busuk jamur unik ini. Hasil ini menunjukkan bahwa senyawa mirip hormon yang ada di bagian yang mudah menguap dari massa spora mungkin memiliki beberapa kesamaan dengan neurotransmitter manusia selama hubungan seksual."

 Laki-laki dalam penelitian tersebut hanya mengatakan baunya tidak enak.


4. Ada Lebih Dari 75 Spesies Jamur yang Bersinar Dalam Gelap

Ilustrasi jamur
Perbesar
Ilustrasi jamur (Sumber: Pixabay)

Semakin banyak spesies jamur yang bersinar dalam gelap ditemukan sepanjang waktu. Saat ini, ada lebih dari 75 spesies yang bercahaya alias glow in the dark.


5. Magic Mushroom Secara Resmi Adalah Obat Teraman

jamur
Perbesar
ilustrasi jamur/Photo by Engin Akyurt from Pexels

Baru-baru ini ada sebuah penelitian yang mengamati 19 zat yang umum digunakan untuk memeriksa bahaya sebenarnya bagi individu / masyarakat. Dalam studinya, mereka menemukan bahwa jamur berada di posisi terakhir sebagai penyebab suatu bahaya terjadi, menempatkan magic mushroom atau jamur ajaib di samping ganja sebagai obat rekreasi teraman.

Hal ini menempatkan ganja dan jamur jauh di bawah alkohol (yang merenggut nyawa 30-40.000 orang setahun), dan juga di bawah banyak obat resep.


6. Memiliki Kalori Lebih Sedikit Dibanding Kue Beras

jamur
Perbesar
ilustrasi jamur/copyright Pixabay

Jamur tidak hanya memiliki nutrisi yang sangat tinggi, tetapi juga merupakan sumber Vitamin B (penguat metabolisme) yang baik, dan kalori yang rendah. Selain itu, mereka sekitar 80-90% air.

Kombinasi ini membuat mereka menjadi makanan diet yang hampir sempurna.


7. Jamur Sangat Tinggi Antioksidan

Tumis Jamur
Perbesar
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Antioksidan membantu sel menangkal radikal bebas dan dengan demikian dapat membantu mencegah banyak penyakit, termasuk kanker. Jamur putih biasa mengandung lebih banyak antioksidan daripada kebanyakan sayuran, dan bahkan masih ada spesies jamur dengan tingkat antioksidan yang lebih tinggi.


8. Jamur Bertindak Sebagai Prebiotik untuk Bakteri Bermanfaat

Magic Mushroom
Perbesar
Waspada, efek kejamuran yang disebabkan oleh narkoba jenis mushroom mampu ganggu kesehatan psikis.

Probiotik adalah bakteri baik yang hidup di perut kita yang membantu kita mencerna, metabolisme lebih baik, dan bertahan hidup secara keseluruhan.

Antibiotik sering membuat sistem ini menjadi gila, itulah mengapa mengonsumsi probiotik penting. Prebiotik membantu probiotik melakukan tugasnya. Jamur adalah prebiotik yang bagus, mudah dicerna, murah.


9. Beberapa Orang Berpikir Mereka Harus Menjadi Kategori Makanan Ketiga Secara Keseluruhan

Jamur Tiram (iStock)
Perbesar
Jamur Tiram (iStock)

Secara teknis, jamur bukanlah tumbuhan atau hewan. Mereka adalah kategori ketiga: jamur. Beberapa orang berpikir klasifikasi makanan kita harus mencerminkan kategori ketiga ini juga.


10. Jamur Termahal Harganya Ribuan Dolar

Ilustrasi Jamur Truffle
Perbesar
Ilustrasi jamur truffle. (dok. Pixabay.com/Mrdidg)

Ada beberapa spesies jamur yang dijual dengan harga ribuan dolar per pon. Salah satunya adalah matsutake. Matsutake adalah jamur Jepang yang sangat langka yang menghasilkan kurang dari seribu ton.

Lain, jamur Alba White, adalah truffle yang hanya tumbuh dari bulan September hingga Januari di Italia


11. Jamur Adalah Industri Miliaran Dolar

Jamur Pelawan, Jamur Termahal
Perbesar
Jamur Pelawan

Jamur menjadi kekuatan besar dalam ekonomi pangan. "Delapan puluh satu persen dari semua menu restoran termasuk jamur," dan, "6% dari semua item gurih di menu termasuk jamur. Restoran independen adalah pengguna tertinggi. Namun jaringan gerai adalah yang paling cepat berkembang."

Ditambah dengan tumbuhnya pasar vegetarian (di mana jamur digunakan di hampir semua rasa daging dan hidangan lainnya) berarti jamur adalah bisnis besar.

“Penjualan tanaman jamur AS 2011-12 mencapai 900 juta pound, naik 4% dari musim 2010-11. Nilai penjualan untuk tanaman jamur AS 2011-12 adalah $ 1,10 miliar, naik 8% dari musim sebelumnya. ”

 

Reporter : Romanauli Debora

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya