Sukses

Kain Endek Bali Masuk Daftar Koleksi Christian Dior di Paris Fashion Week

Kain Endek Bali menjadi bahan pilihan Christian Dior untuk koleksi Spring/Summer 2021 di panggung Paris Fashion Week.

Liputan6.com, Paris - Kain Endek Bali diperagakan pada Paris Fashion Week di Jardin de Tuileries, Paris pada Selasa (29/9/2020). Dalam peragaan tersebut, Kain Endek Bali menjadi bahan pilihan Christian Dior untuk koleksi Spring/Summer 2021.

"Penggunaan kain Endek Bali untuk koleksi Spring/Summer 2021 oleh Christian Dior, merupakan pengakuan yang tinggi terhadap keindahan dan kualitas kain Endek Bali dan berkontribusi positif terhadap dunia fashion internasional. Semoga ini menjadi penyemangat bagi masyarakat di Bali ditengah pandemi COVID-19," imbuh Dubes RI Paris, Arrmanatha Christiawan Nasir usai menyaksikan Pagelaran Busana Christian Dior.

Direktur Arstistik Christian Dior Couture, Maria Grazua Chiuri, mengatakan bahwa kain Endek Bali tidak hanya untuk koleksi baju, namun juga untuk koleksi tas Christian Dior untuk Spring/Summer 2021. Dari sekitar 86 desain koleksi terbaru Christian Dior, 9 diantaranya merupakan motif kain Endek Bali.

Dalam diskusi dengan Dubes RI Paris bersama Direktur Artistik Dior disebutkan bahwa inspirasi Christian Dior untuk menggunakan kain Endek Bali karena ingin mengangkat nilai dari kebudayaan serta craftsmanship terutama oleh para penenun perempuan.

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Tim Christian Dior, kain Endek Bali mengandung nilai kebudayaan yang sangat sesuai dengan hasil karya yang ingin diangkat oleh Christian Dior.

 

 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Christion Dior akan Mencantumkan Bali pada Label Pakaiannya Nanti

Sebagai bentuk penghormatan kepada para penenun di Bali, Christian Dior berencana untuk mencantumkan daerah asal kain Endek tersebut pada label baju atau pakaian nantinya.

Christian Dior menyampaikan apresiasinya kepada Pemerintah Indonesia atas dukungannya untuk penggunaaan kain Endek sebagai bagian dari koleksi terbarunya. Kordinasi dan kerja sama antara antara KBRI Paris dan Christian Dior dilakukan secara erat untuk memastikan penggunaan kain Endek tersebut sesuai dengan aturan budaya dan adat di Bali.

Pemerintah Provinsi Bali memberikan dukungan penggunaan kain Endek Bali dan meminta Christian Dior untuk sepenuhnya menghormati HAKI kain Endek dan kain Endek yang digunakan harus asli yang diproduksi di Bali.

"Kami memberikan apresiasi yang tinggi atas  dukungan dan gerak cepat tim Percepatan Pemulihan Ekonomi Kemlu dan Gubernur Bali beserta timnya, sehingga Christian Dior mendapat dukungan penuh untuk menggunakan kain Endek Bali untuk koleksinya," tutur Dubes yang karib disapa Tata itu.

Sebagai informasi, Pelaksanaan Paris Fashion Week tahun ini dilakukan dalam sekala lebih terbatas. Selain memperhatikan penuh protokol kesehatan, jumlah undangan untuk fashion show juga lebih terbatas.

 

Reporter: Ruben Irwandi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini