Ini 8 Buah Terpopuler di Dunia, Mana Favoritmu?

Oleh Liputan6.com pada 29 Sep 2020, 19:41 WIB
Diperbarui 29 Sep 2020, 19:41 WIB
Gambar Ilustrasi Buah-buahan Yang Mengandung Vitamin C
Perbesar
Sumber: Freepik

Liputan6.com, Jakarta - Buah sangat populer di seluruh dunia, karena alasannya yang baik: enak, siap dimakan, dan kaya nutrisi seperti serat dan vitamin. Terdiri dari sebagian besar air, buah-buahan sangat bagus untuk memuaskan dahaga dan mengalahkan rasa lapar dalam satu pukulan.

Manfaat kesehatannya dapat dikonsumsi dengan berbagai cara dibuat makanan seperti smoothie, sorbet dan bahkan es krim, dapat digunakan untuk memasak dan memanggang, serta untuk dekorasi hidangan.

Mungkin satu-satunya kekurangan buah adalah bahwa ia merupakan sumber energi cepat yang juga kekurangan protein, namun menjadikannya camilan yang baik untuk disimpan sampai waktu makan berikutnya.

Berikut adalah buah-buah yang paling banyak dipanen di dunia, diukur dalam jutaan metrik ton. Dengan kata lain buah terpopler sedunia, dikutip dari World Atlas, Selasa (29/9/2020):

1. Tomat - 182 Juta Metrik Ton

Ilustrasi Tomat (iStockphoto)​

Tomat liar berasal dari Andes, daerah barat Bolivia, Peru, Chili dan Ekuador, dan dibudidayakan untuk pertama kalinya sekitar 700 Masehi oleh suku Aztec dan Inca. Mereka dibawa ke Eropa oleh para penjelajah yang kembali dari Amerika Selatan, dan telah dicintai di seluruh dunia pada sejak saat itu. Cina memimpin dalam penanaman tomat sebanyak hampir 57 juta ton per tahun.

2 dari 9 halaman

2. Buah Pisang - 115,74 Juta Metrik Ton

Manfaat pisang untuk kecantikan
Perbesar
Berikut manfaat pisang dan alpukat untuk kecantikan kulit, khususnya kulit kering yang belum diketahui. (Foto: iStockphoto)

Pisang dipercaya bahwa pisang berasal dari 10.000 tahun yang lalu di Pasifik Selatan atau Asia Tenggara, sekitar 8000 hingga 5000 SM, yang merupakan tempat dan waktu mereka pertama kali ditemukan. Tetapi untuk menemukan asal-usul  pisang terbukti sulit.

Lembah Kuk di New Guinea diketahui sudah mempunyai pisang pada saat itu, dan diperkirakan dari sana pisang tersebut dibawa ke Filipina dan India memproduksi hampir 30 juta ton pisang setiap tahun.

Pisang sangat nikmat sebagai camilan saat bepergian, hadir dengan wadah pelindungnya sendiri dan mudah dikupas tanpa perlu mencuci. Pisang mengandung seperlima dari vitamin B6 yang dibutuhkan oleh tubuh kita setiap harinya, mereka membantu mengubah protein, lemak, dan karbohidrat menjadi energi.

Mereka juga merupakan sumber vitamin C yang baik untuk kekebalan tubuh (10%), serat untuk pencernaan (2,6 gram), dan magnesium untuk otak (9%). Fakta yang tidak banyak diketahui adalah bahwa pisang juga membantu tubuh memproduksi melatonin untuk tidur nyenyak, terutama jika dipasangkan dengan yogurt Yunani atau keju cottage.

3 dari 9 halaman

3. Buah Semangka - 103,97 Juta Metrik Ton

3 Cara Mencegah Rambut Rontok karena Helm
Perbesar
Melon dan semangka dapat meredakan kulit kering. (via: istimewa)

Tidak ada yang lebih nikmat dari semangka manis yang menyegarkan di sore hari di musim panas. Semangka berasal dari daerah di sekitar Mesir. Di sana, hieroglif kuno atau tulisan kuno ditemukan memiliki pembahasan mengenai semangka, yang dianggap sebagai buah berharga dan bahkan dimasukkan ke dalam makam Firaun untuk perjalanan terakhir mereka ke alam baka.

Saat ini, China memimpin produksi semangka yang tumbuh hampir 73 juta ton setiap tahun. Semangka juga biasa digunakan dalam pembuatan minuman beralkohol dan non-alkohol karena rasa manis alami dari kandungan airnya.

4 dari 9 halaman

4. Buah Apel - 86,14 Juta Metrik Ton

Jadi Langsing Cuma dengan Infused Water Apel dan Kayu Manis
Perbesar
Langsing hanya dengan infused water apel dan kayu manis? Begini cara buatnya. | via: foodnetwork.sndimg.com

Apel yang berasal dari Asia Tengah, memiliki hubungan yang dalam dengan Jalur Sutra, di mana mereka tumbuh subur. Mereka pertama kali ditemukan di Kazakhstan selatan, sekitar 2000 SM.

Mungkin hal terbaik tentang apel adalah kerenyahannya, serta pilihan rasa manis dari berbagai varietasnya. Kebanyakan apel di supermarket Amerika Utara ditanam di benua yang sama, untuk kemudahan dan harga distribusi di Asia.

China adalah pemimpin dalam produksi apel dengan hampir 45 juta ton setiap tahun, sedangkan varietas Fuji Jepang disukai oleh banyak orang karena ukuran buahnya yang besar dan kerenyahan manis yang memuaskan.

5 dari 9 halaman

5. Buah Jeruk - 75,54 Juta Metrik Ton

buah
Perbesar
ilustrasi jeruk/copyright unsplash/Edgar Castrejon

Jeruk pertama kali dibudidayakan di China, sekitar 2500 SM, dan diperkenalkan ke Amerika pada tahun 1493, pada perjalanan kedua Columbus. Negara penghasil jeruk teratas saat ini adalah Brasil dengan sekitar 15 juta metrik ton, sekitar 20% jeruk diproduksi di dunia.

Sebagai buah favorit bagi banyak orang, tidak mengherankan mengapa jeruk menjadi pilihan jus paling populer untuk minuman pagi. Lezat, manis, dan dengan lebih dari 100% kebutuhan vitamin C harian itu, satu-satunya kekurangannya adalah pengelupasannya yang berpotensi berantakan.

6 dari 9 halaman

6. Buah Mangga - Lebih dari 40 Juta Metrik Ton

Jus Mangga
Perbesar
Ilustrasi Foto Jus Mangga (iStockphoto)

India menghasilkan hampir setengah dari total mangga global dengan lebih dari 20 juta metrik ton setiap tahun.

Mangga telah dibudidayakan selama 4000 tahun terakhir terutama di wilayah Indo-Myanmarian, buah ini baru tiba di Amerika pada abad ke-18 bersama denan orang Portugis yang memperkenalkannya ke Brasil, dan orang Spanyol yang membawa pohon ke Meksiko dari Filipina.

Mangga memberikan asupan vitamin C harian yang direkomendasikan dan merupakan sumber vitamin B6 dan serat. Efek positifnya pada kesehatan otak dan dorongan seks, serta sifat anti-penuaannya, hanyalah beberapa alasan mangga dianggap buah super.

7 dari 9 halaman

7. Buah Pir - 23,73 Juta Metrik Ton

Makanan untuk Usia 5o Tahun
Perbesar
Apel dan Pir / Sumber: iStockphoto

Uniknya, buah pir tidak berasal dari satu wilayah. Tetapi berasal dari banyak belahan dunia, termasuk sebagian besar di Eropa, Asia, dan beberapa wilayah utara Afrika.

Terbukti, buah-buahan ini telah ada sejak lama, dinikmati pada jaman prasejarah dan dibudidayakan di Tiongkok setidaknya selama 3.000 tahun. Saat ini, Cina masih menjadi produsen pir terbesar, dengan lebih dari 16 juta metrik ton per tahun.

Meskipun diremehkan di Barat, pir sama populernya dengan apel di negara-negara Eropa Timur, pir menjadi makanan manis dan murah di pasar jalanan dan di rak supermarket. Tumbuh di sebagian besar taman, dan bahkan di jalan-jalan juga sering dipetik oleh penduduk setempat dalam perjalanan ke tempat kerja.

Pir juga digunakan untuk membuat kolak, makanan penutup segar dan kering ataupun rebus, dapat juga dijadikan sebagai bahan makanan untuk hidangan utama.

8 dari 9 halaman

8. Buah Alpukat - 6,41 Juta Metrik Ton

alpukat smoothies
Perbesar
ilustrasi alpukat/copyright by (Shuttersock)

Buah asli, alpukat, berasal dari Meksiko Tengah-Selatan sekitar 8000 hingga 5000 SM, dan ditemukan di sana oleh penduduk setempat 5.000 tahun yang lalu. Columbus dan rekan-rekannya mengetahui buah itu dari sSuku Aztec pada akhir abad ke-15. Meksiko masih menjadi penghasil alpukat terbesar dengan 2,2 juta metrik ton.

Sumber unik asam lemak dalam buah-buahan, alpukat menyediakan hampir setengah dari asupan harian lemak sehat yang direkomendasikan dan merupakan sumber serat yang baik. Lemak ini, bersama dengan vitamin dan mineral lainnya, dan juga bisa untuk rambut agar berkilau dan kulit menjadi sehat.

 

Reporter : Romanauli Debora

9 dari 9 halaman

Saksikan Video Pilihan Dibawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓