Sukses

Redam Virus Corona, Donald Trump Bagikan 150 Juta Alat Rapid Test COVID-19

Pemerintahan Presiden AS Donald Trump mengumumkan distribusi pada 150 juta alat tes rapid Virus Corona COVID-19.

Liputan6.com, Washington D.C- Presiden AS Donald Trump mengumumkan pendistribusian pada 150 juta alat rapid test Virus Corona COVID-19.

Dilaporkan AFP, Selasa (29/9/2020), alat rapid test COVID-19 tersebut dipesan dari Abbott Laboratories dan mampu memberikan hasil hanya dalam 15 menit. Selain itu, alat tes itu juga akan dikemas dalam bentuk yang mirip dengan alat tes kehamilan.

"Ini rencana kita 50 juta tes akan dilakukan untuk melindungi komunitas yang paling rentan," terang Presiden Trump, seraya menyebutkan panti jompo dan fasilitas untuk orang-orang yang membutuhkan bantuan.

Kemudian, Presiden Trump menambahkan bahwa 100 juta alat tes COVID-19 lainnya akan dikirim ke negara-negara bagian dan wilayah untuk membantu mereka membuka ekonomi dan sekolah-sekolah. 

Untuk masing-masing alat tes akan dikenakan biaya sebesar 5 dolar dan Departemen Kesehatan AS menyatakan bahwa Abbott berencana untuk menyediakan 48 juta alat tes setiap bulannya dalam beberapa pekan mendatang.

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Seruan Para Pakar

Para pakar telah menyerukan penggunaan luas teknologi berbiaya rendah itu selama berbulan-bulan, yang disebut tes antigen, agar orang-orang dapat memeriksa diri mereka beberapa kali dalam sepekan. 

Namun, dalam persetujuan alat tes baru dapat digunakan oleh seorang profesional kesehatan.

Di sisi lain, alat tes rapid diketahui kurang sensitif dibandingkan dengan tes polymerase chain reaction (PCR) dan besar kemungkinan dapat memberikan hasil negatif palsu.

Selain itu, tes PCR dengan menggunakan peralatan laboratorium canggih mampu mendeteksi jejak materi genetik Virus Corona COVID-19. 

Tetapi tes PCR membutuhkan durasi yang lebih lama, sekitar sepekan atau lebih untuk bisa melihat hasilnya. 

3 dari 3 halaman

Infografis Meredam Kepanikan Wabah Virus Corona

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.