Sukses

Miss Sherlock Jepang Yuko Takeuchi Bunuh Diri, Jepang Rilis Peringatan Preventif

Bintang Miss Sherlock Jepang Yuko Takeuchi tewas bunuh diri, Pemerintah Jepang segera membuat langkah preventif untuk warga.

Liputan6.com, Tokyo - Aktris populer Jepang Miss Sherlock Yuko Takeuchi dikabarkan mengakhiri hidupnya sendiri pada Minggu 27 September 2020. 

Kematian sang pesohor membuat Pemerintah Jepang mendesak warganya untuk mencari bantuan, jika mereka sedang mengalami kasus ingin melakukan bunuh diri. Langkah tersebut diimbau agar rakyatnya tidak melakukan tindakan serupa dan mampu untuk mengatasinya.

Dikutip dari Aljazeera, Senin (28/9/2020), kematian bintang Miss Sherlock Yuko Takeuchi (40) mengejutkan penduduk Jepang. Kasus Yuko Takeuchi juga menunjukkan peningkatan bunuh diri baru-baru ini.

Mendiang Takeuchi memainkan peran utama dalam serial Miss Sherlock 2018 di kanal televisi HBO Asia. Ia juga memiliki peran kecil dalam film horor klasik Jepang 1998 berjudul Ring.

Takeuchi telah menerima banyak penghargaan selama karirnya, termasuk Penghargaan Kritikus Film Jepang untuk Aktris Terbaik. Kabar mengenai kematiannya akibat bunuh diri membuat penduduk Jepang tercengang dan sedih.

Dia telah melahirkan anak keduanya pada bulan Januari.

"Kematiannya tiba-tiba, dan kami semua tercengang dan sedih dengan berita itu," kata agensi bakatnya, Stardust Promotion Inc, kepada Japan Times.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kematian Takeuchi Menambah Daftar Artis Jepang yang Melakukan Bunuh Diri

Kepala Sekretaris Kabinet, Katsunobu Kato tidak menyebutkan kasus tertentu, tetapi mencatat bahwa beberapa orang sedang berjuang untuk mengatasi krisis Virus Corona COVID-19. Maka dari itu, Kato mendesak orang-orang untuk meminta bantuan melalui saluran telepon khusus pencegahan bunuh diri, dan tidak mengakhiri hidupnya seperti kasus Takeuchi.

"Ada peningkatan jumlah kasus bunuh diri sejak Juli. Kita harus mengakui kenyataan bahwa begitu banyak orang yang mengakhiri hidup mereka yang berharga," katanya.

Sebelum kematian Takeuchi, pada awal September, aktris Jepang populer lainnya Sei Ashina juga meninggal karena bunuh diri. Di bulan Juli, aktor Haruma Miura juga diyakini mengakhiri hidupnya sendiri.

Pada bulan Mei, bintang reality show Hana Kimura, 22, dari acara Netflix, Terrace House, juga meninggal setelah mengalami pelecehan daring. Kasus ini juga diangkat oleh beberapa media internasional.

Bulan lalu, Jepang melaporkan hampir 1.900 kasus bunuh diri, naik 15 persen dari bulan yang sama tahun lalu.

 

Reporter: Ruben Irwandi

 

 

3 dari 4 halaman

Infografis Faktor-Faktor Risiko Bunuh Diri

4 dari 4 halaman

KONTAK BANTUAN

Bunuh diri bukan jawaban apalagi solusi dari semua permasalahan hidup yang seringkali menghimpit. Bila Anda, teman, saudara, atau keluarga yang Anda kenal sedang mengalami masa sulit, dilanda depresi dan merasakan dorongan untuk bunuh diri, sangat disarankan menghubungi dokter kesehatan jiwa di fasilitas kesehatan (Puskesmas atau Rumah Sakit) terdekat.

Bisa juga mengunduh aplikasi Sahabatku: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.tldigital.sahabatku

Atau hubungi Call Center 24 jam Halo Kemenkes 1500-567 yang melayani berbagai pengaduan, permintaan, dan saran masyarakat.

Anda juga bisa mengirim pesan singkat ke 081281562620, faksimili (021) 5223002, 52921669, dan alamat surat elektronik (surel) kontak@kemkes.go.id.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.