Sukses

Gara-Gara Pakai Rok, Wanita di Prancis Dipukuli 3 Orang di Jalanan

Elizabeth yang berumur 22 tahu mengatakan jika ia dipukuli tiga orang dibagian wajahnya, ke tiga orang itu beralasan dikarenakan Elizabeth menggunakan rok.

Liputan6.com, Strasbourg - Polisi Prancis membuka penyelidikan setelah seorang wanita di Strasbourg mengaku diserang di siang hari bolong karena mengenakan rok. Siswa, yang diidentifikasi hanya sebagai Elisabeth, 22, mengatakan dia dipukul di wajahnya "oleh tiga orang yang mengeluh tentang saya memakai rok".

Pemerintah mengecam insiden pelecehan tersebut karena "sangat serius" itu tidak dapat diterima.

Dikutip dari BBC, Selasa (29/9/2020), Didalam sebuah wawancara dengan radio France Bleu Alsace, Elisabeth mengatakan ia sedang berjalan pulang dan salah satu dari tiga pria itu berkata: "Lihat pelacur itu dengan rok." 

Dua dari tiga pria itu kemudian memeluknya sementara yang orang ketiga memukul wajahnya, lalu meninggalkannya dengan mata hitam, katanya kepada stasiun radio tersebut. Orang-orang itu kemudian melarikan diri.

Para pria kemudian melarikan diri. Dia mengatakan lebih dari selusin orang menyaksikan kejadian itu, tetapi tidak ada yang turun tangan untuk insiden tersebut.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tidak Ada Kepedulian Terhadap Wanita Dilecehkan

Menteri Dalam Negeri Junior Marlene Schiappa - yang bertanggung jawab atas kewarganegaraan dan sebelumnya bertanggung jawab atas masalah kesetaraan - mengunjungi kota timur itu untuk membahas keselamatan wanita di depan umum. Dia mengatakan kepada France Bleu Alsace bahwa "rok itu tidak bertanggung jawab atas serangan itu dan wanita itu bahkan kurang."

"Seorang wanita tidak pernah dipukul karena dia menggunakan rok. Seorang wanita dipukul karena ada orang yang misoginis, seksis, kasar, dan yang membebaskan diri dari hukum dan aturan kesusilaan dengan cara memukul mereka."

"Ketika kamu seorang pelajar dan kamu harus memikirkan tentang pakaian yang harus kamu kenakan dan pesan yang dikirimkannya, itu adalah beban mental yang luar biasa," imbuh Schiappa.

Dia juga mendesak orang-orang untuk memanggil polisi jika mereka menyaksikan segala jenis insiden pelecehan di jalan terhadap perempuan di ruang publik.

Pada hari Kamis, Prancis Bleu Alsace melaporkan bahwa dua wanita telah diserang di kota timur lainnya, Mulhouse, pada hari Rabu, setelah seorang pria mengatakan salah satu dari mereka roknya "terlalu pendek".

 

Reporter: Romanauli Debora

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.