Sukses

Viral Gumpalan Merah Mirip Gurita Berlengan 7 Terdampar di Pantai AS

Kemunculan makhluk laut misterius berlengan 7 di pantai Washington menarik perhatian para ahli di seluruh negeri.

Liputan6.com, Seattle - Makhluk laut misterius berlengan banyak seperti gurita yang  digambarkan sebagai bola merah besar dilaporkan terlihat di pantai berbatu di Washington, AS. Hal tersebut kemudian menarik perhatian para ahli cephalopoda di seluruh negeri.

Dikutip dari livescience, Senin (28/9/2020), identitas binatang sepanjang 3,5 kaki (1 meter) itu pada awalnya sulit dipahami. Apakah itu gurita merah di Pasifik Timur (Octopus rubescens) atau mungkin itu adalah cumi-cumi vampir laut (Vampyroteuthis infernalis) atau gurita dumbo laut dalam (Grimpoteuthis).

Jawaban yang mungkin membawa para ilmuwan ke spesies lain: gurita berlengan tujuh (Haliphron atlanticus), makhluk air dalam yang jarang terlihat sejauh Washington, menurut Whidbey News-Times.

Ron Newberry, seorang penduduk Pulau Whidbey, Utara Seattle, menemukan makhluk aneh mirip gurita itu sebelum pergi memancing ikan salmon pada 29 Agustus pagi. Air pasang surut, memperlihatkan bebatuan yang tertutup alga.

"Dan di sana terlihat gumpalan merah dari sesuatu yang tampak seperti tentakel," kata Newberry.

Monster merah itu terlihat sudah mati. Namun Newberry masih memotret sejumlah gambar temuan aneh itu dan mengunggahnya ke akun Facebook dan Instagram Whidbey Camano Land Trust, sebuah organisasi nirlaba pelestarian alam, di mana Newberry menjabat sebagai manajer komunikasi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ungguhan Tentang Makhluk Aneh Tersebut Menjadi Viral di Media Sosial

Posting media sosial menjadi viral, dengan posting Facebook mencapai 21.000 orang dalam beberapa hari.

Serangkaian ahli dari Seattle Aquarium, University of Washington, National Oceanic and Atmospheric Administration, dan Smithsonian Institution di Washington, DC mempertimbangkan dan menawarkan gagasan tentang identitas makhluk itu.

Sebagian besar setuju bahwa itu adalah gurita berlengan tujuh seperti apa yang dipaparkan oleh Newberry. 

Gurita berlengan tujuh adalah hewan yang "paling tidak diperhatikan", artinya ia tidak dianggap terancam, menurut Persatuan Internasional untuk Konservasi Alam (IUCN). Namun, ukuran populasinya tidak diketahui dan para ilmuwan hanya tahu sedikit tentang habitatnya.

Terlepas dari namanya yang menarik, gurita tidak hanya memiliki tujuh lengan. Pada gurita jantan, lengan kedelapan diposisikan dalam kantung di sebelah mata kanan. "Oleh karena itu tampaknya hanya memiliki tujuh lengan, memberinya nama umum dari gurita tujuh lengan," menurut studi Laporan Ilmiah.

Sementara itu, beberapa ahli berharap Newberry telah mengambil potongan makhluk itu sehingga DNA-nya dapat dianalisis, tapi Newberry menolak. 

"Itu bukan sesuatu yang akan saya lakukan," tambahnya.

 

Reporter: Ruben Irwandi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.