Sukses

WHO Prediksi Kasus Kematian Akibat Corona COVID-19 Bisa Tembus 2 Juta

Angka kematian akibat Corona COVID-19 telah menyentuh satu juga orang. Namun, WHO memprediksi angka ini bisa jadi 2 juta.

Liputan6.com, Jakarta - Jumlah kematian global akibat Corona COVID-19 bisa mencapai 2 juta sebelum vaksin tersedia, dan bisa lebih tinggi lagi tanpa upaya keras untuk mencegah penyebaran virus baru, kata Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

"Kecuali jika kita mengambil tindakan bersama. 2 juta kematian memang tidak bisa dibayangkan tetapi sangat mungkin terjadi," kata Mike Ryan, kepala program darurat badan PBB tersebut, dalam sebuah penjelasan, demikian dikutip dari laman Deutsche Welle, Senin (28/9/2020).

Angka ini akan membuat jumlah kematian dunia menjadi dua kali lipat dari 1 juta kematian yang dikonfirmasi saat ini, dari Corona COVID-19 sejak virus pertama kali muncul di China pada akhir Desember 2019.

Pihak berwenang di Madrid pada hari Jumat, 25 September 2020 mengumumkan lockdown parsial yang diperluas di ibu kota Spanyol, dengan pembatasan sekarang diberlakukan di 45 lingkungan yang mencakup lebih dari 1 juta orang.

Penduduk akan diminta untuk tinggal di lingkungan mereka kecuali mereka harus pergi bekerja, ke sekolah atau ke dokter. Bar, restoran, dan bisnis akan tetap buka dengan kapasitas yang dikurangi.

Berikut ini sejumlah perkembangan kasus COVID--19 dari empat kawasan yang diprediksi menyumbang tingginya angka penularan di dunia:

1. Eropa

Di Inggris Raya, lockdown lokal diberlakukan di beberapa kota di mana infeksi COVID-19 meningkat tajam.

Ribuan orang memprotes pembatasan virus corona di Trafalgar Square London, dengan kelompok pengunjuk rasa bentrok dengan polisi yang berusaha membubarkan unjuk rasa.

Polisi mengatakan, mereka turun tangan karena para peserta menolak mematuhi aturan anti-pandemi termasuk jarak sosial. Sedikitnya 10 orang telah ditangkap.

Di kota Leeds di Inggris utara, pihak berwenang mengatakan orang akan dilarang bertemu anggota rumah tangga lain di dalam ruangan atau di halaman belakang, dalam ukuran yang mempengaruhi lebih dari 750.000 orang.

Di Cardiff, Swansea dan Llanelli di Wales, orang-orang dari keluarga yang berbeda juga dilarang bertemu di dalam ruangan.

Graham Medley, seorang profesor pemodelan penyakit menular, mengatakan pada Sabtu bahwa dia khawatir negara itu bertindak terlalu lambat untuk mencegah kebangkitan virus yang tajam.

Inggris melaporkan jumlah infeksi Corona COVID-19 tertinggi dalam satu hari pada hari Kamis, 24 September dengan lebih dari 6.600 infeksi.

Mengingat meningkatnya jumlah infeksi di Berlin, ibu kota Jerman sekali lagi mempertimbangkan untuk memberlakukan pembatasan baru.

Dilek Kalayci, menteri kesehatan negara bagian Berlin, mengatakan kepada outlet media lokal RBB kemungkinan di masa depan maksimal lima orang atau hanya dari dua rumah tangga dapat bertemu.

Ketua Asosiasi Guru Jerman Heinz-Peter Meidinger Bildtelah memperingatkan bahwa jumlah infeksi Corona COVID-19 di antara siswa kemungkinan akan berlipat ganda selama tiga bulan ke depan.

Akibatnya, itu akan "menjadi semakin sulit untuk dikendalikan dan menahan wabah infeksi," kata Heinz-Peter Meidinger Bild.

Maskapai penerbangan Jerman Lufthansa mengharapkan pemerintah Jerman untuk menyetujui pengujian cepat COVID-19 di bandara untuk penerbangan Lufthansa ke AS, kata CEO maskapai tersebut Carsten Spohr dalam konferensi industri penerbangan.

"Penumpang akan diuji sebelum naik dan akan menerima hasilnya dalam hitungan menit. Spohr mengatakan tes diperlukan untuk membuka rute penting trans-Atlantik."

 

Saksikan Juga Video Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Timur Tengah

Iran siap untuk memberlakukan serangkaian penguncian satu minggu di daerah yang paling parah terkena penyakit untuk menghentikan penyebaran penyakit lebih lanjut, kata Presiden Hassan Rouhani pada Sabtu, 26 Septeber.

Denda yang lebih tinggi juga sedang direncanakan bagi mereka yang memilih untuk tidak memakai masker wajah, tulis Rouhani di situsnya setelah pertemuan dengan komite krisis kesehatan.

Kementerian Kesehatan Iran mengatakan negara itu telah melaporkan sekitar 200 kematian dan 3.500 infeksi baru setiap hari.

Iran, negara berpenduduk 82 juta, telah mengalami 25.000 kematian dan sekitar 440.000 kasus sejak wabah pertama kali dimuncul.

Langkah-langkah lockdown nasional yang ketat telah berlaku di Israel, meskipun anggota parlemen terpecah belah karena menyetujui langkah-langkah hukum yang menegakkan penutupan dan tidak.

 

3 dari 5 halaman

3. Asia

Akibat Virus Corona COVID-19, politik luar negeri juga ikut tersulut. Beberapa waktu lalu, China membalas serangan Amerika Serikat atas kritiknya yang terus-menerus terhadap penanganan Beijing terhadap wabah virus corona.

Presiden AS Donald Trump menggunakan pidato tahunannya di Majelis Umum PBB minggu ini untuk menyerang China, sementara duta besar AS untuk PBB juga mengambil serangan balik.

"Saya harus mengatakan, cukup sudah cukup. Kamu sudah menciptakan cukup banyak masalah bagi dunia. "

"AS memiliki hampir 7 juta kasus yang dikonfirmasi dan lebih dari 200.000 kematian. Dengan teknologi dan sistem medis paling canggih di dunia, mengapa AS ternyata memiliki kasus dan kematian yang paling terkonfirmasi?" dia bertanya dalam bahasa Inggris.

"Jika seseorang harus dimintai pertanggungjawaban, itu pasti beberapa politisi AS sendiri."

 

4 dari 5 halaman

4. Amerika

California mengalami peningkatan dalam kasus virus corona. Sekretaris kesehatan negara, Mark Ghaly, mengatakan telah terjadi peningkatan infeksi, kunjungan ke gawat darurat di rumah sakit dan rawat inap baru untuk kasus COVID-19 yang dikonfirmasi atau masih dicurigai.

Ghaly mengatakan, lonjakan itu muncul sebagian besar karena liburan Hari Buruh awal bulan ini, dan dapat menyebabkan lonjakan 89 persen di rawat inap selama satu bulan ke depan.

Pemerintah di Kosta Rika telah mendaftar untuk program vaksin COVAX WHO agar dapat memesan lebih dari 1 juta dosis inokulasinya begitu tersedia. Angka tersebut mewakili seperlima dari populasi Kosta Rika.

5 dari 5 halaman

Meredam Kepanikan Wabah Virus Corona COVID-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.