Sukses

Koalisi PM Malaysia Muhyiddin Yassin Menangi Pemilu Sabah

Koalisi Perikatan Nasional (PN) Muhyiddin dan sekutunya memenangkan 38 dari 73 kursi yang diperebutkan dalam pemilihan.

Liputan6.com, Sabah - Koalisi yang berkuasa dari Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin memenangkan pemilihan kunci negara bagian. Kemenangan di negara bagian Sabah kemungkinan akan memperkuat posisi Muhyiddin saat dia menghadapi tantangan kepemimpinan dari pemimpin oposisi Anwar Ibrahim.

Dimana, Anwar Ibrahim mengatakan minggu ini dia memiliki mayoritas parlemen yang dibutuhkan untuk menggulingkan perdana menteri saat ini, demikian dikutip dari laman Al Jazeera, Minggu (28/9/2020).

Koalisi Perikatan Nasional (PN) Muhyiddin dan sekutunya memenangkan 38 dari 73 kursi yang diperebutkan dalam pemilihan hari Sabtu, nyaris mengambil kendali dari negara yang sebelumnya dikuasai oposisi.

Muhyiddin sebelumnya mengatakan bahwa kemenangan di Sabah, Malaysia dapat membuka jalan bagi pemilihan nasional lebih awal yang bertujuan untuk mengakhiri ketidakpastian atas stabilitas aliansi yang berkuasa, yang memiliki mayoritas dua kursi di parlemen.

Pemerintah yang Rapuh

Para analis telah memperingatkan kekalahan di negara bagian Sabah timur karena Muhyiddin bisa berarti akhir dari pemerintahan koalisinya yang retak.

Muhyiddin berkuasa sejak Maret setelah membentuk aliansi dengan partai-partai oposisi menyusul pengunduran diri yang mengejutkan dari pendahulunya, Mahathir Mohamad.

Lawan Muhyiddin menuduhnya mencuri kekuasaan dengan menggeser aliansi dan sekutunya telah menekannya selama berbulan-bulan untuk menyerukan pemungutan suara nasional cepat untuk mengamankan mandat yang kuat.

Walaupun hasilnya tidak secara langsung mempengaruhi perimbangan kekuasaan di tingkat nasional Malaysia, itu adalah ujian utama popularitas Muhyiddin.

Jika dia melakukannya dengan buruk, mitra koalisi dinilai telah menarik dukungan mereka dari pemerintahnya dan memaksakan pemilihan nasional secara cepat.

 

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tes pertama

Namun pakar Bridget Welsh dari Universitas Nottingham, memperingatkan bahwa masalah Muhiyddin masih jauh dari selesai.

"Dia lulus tes pemilihan besar pertama, tapi nyaris tidak," katanya kepada kantor berita AFP.

"Dia tetap seorang pria dengan waktu pinjaman."

Awal pekan ini, pemimpin oposisi Anwar mengklaim bahwa dia telah mendapatkan dukungan dari mayoritas anggota parlemen, dan mengatakan koalisi Muhyiddin telah runtuh.

Namun, dia menolak untuk mengungkapkan jumlah anggota parlemen yang mendukungnya.

Adib Zalkapli, direktur konsultan risiko politik BowerGroupAsia, mengatakan kepada kantor berita Reuters, bahwa dengan kemenangan di Sabah, koalisi Muhyiddin "sekarang dapat dengan percaya diri memimpin koalisi federal dalam pemilihan umum."

Dia akan menggunakan kemenangan itu untuk mengabaikan tantangan apa pun terhadap kepemimpinan federal. Perebutan kekuasaan terjadi ketika ekonomi Malaysia terhuyung-huyung dari dampak pandemi COVID-19.

Muhyiddin telah mengumumkan paket stimulus sebesar 305 miliar ringgit (US$ 73,16 miliar), termasuk langkah-langkah tambahan yang diumumkan hanya tiga hari menjelang pemungutan suara di Sabah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.