Sukses

Aksi Tikus Heroik Endus Puluhan Ranjau Bom Peninggalan Perang di Kamboja

Seekor Tikus di Kamboja diberikan penghargaan karena berhasil menyelamatkan nyawa usai mendeteksi ranjau bom peninggalan perang Indochina II

Liputan6.com, Phnom Penh - Seekor tikus di Kamboja telah dinobatkan sebagai pahlawan dan diberikan penghargaan karena menyelamatkan nyawa.

Magawa, seekor tikus berkantung raksasa Afrika, dianugerahi medali emas oleh badan amal kedokteran hewan Inggris, People's Dispensary for Sick Animals (PDSA), atas 'aksi'-nya mendeteksi ranjau darat yang tidak meledak di Kamboja.

Perang Indochina selama puluhan tahun telah membuat negara Asia Tenggara itu dipenuhi dengan jutaan ranjau darat, persenjataan yang belum meledak (UXO), dan sisa-sisa bahan peledak perang lainnya yang bisa berpotensi membunuh atau melukai puluhan orang setiap tahun.

Kamboja, dengan bantuan dari negara lain, telah menghabiskan bertahun-tahun perlahan-lahan membersihkan tanah dari ranjau darat, tetapi itu pekerjaan yang sulit dan berbahaya.

Di sinilah peran Magawa si tikus dimulai.

Magawa dilatih oleh organisasi non-pemerintah APOPO yang dalam bahasa Belanda adalah singkatan dari "Anti-Persoonsmijnen Ontmijnende Product Ontwikkeling," atau dalam bahasa Inggris, Anti-Personnel Landmines Detection Product Development. Organisasi itu didirikan di Belgia dan berkantor pusat di Tanzania, melatih tikus seperti Magawa untuk mendeteksi bau bahan kimia peledak yang digunakan di ranjau darat dan menunjukkannya kepada penangannya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tikus Berjenis Magawa

Magawa lebih besar dari rata-rata tikus rumah, tapi masih cukup ringan, sehingga dia tidak akan pernah meledakkan ranjau darat dengan berjalan di atasnya, seperti yang mungkin dilakukan jika manusia yang mencarinya.

Dalam tujuh tahun, ia telah menemukan 39 ranjau darat dan 28 buah persenjataan yang belum meledak, membantu membersihkan lebih dari 141.000 meter persegi (hampir 35 hektar) tanah, menurut PDSA --menjadikannya tikus amal yang berkinerja terbaik.

"Magawa adalah tikus pahlawan. Kami sangat senang merayakan pengabdiannya yang menyelamatkan nyawanya dengan memberinya medali emas PDSA," kata Direktur Jenderal PDSA Jan McLouglin dalam presentasi virtual medali tersebut, yang dirancang khusus agar sesuai dengan karya Magawa.

Medali Emas PDSA, bagian dari program Penghargaan Hewan organisasi, adalah "penghargaan tertinggi atas keberanian hewan yang luar biasa dan dedikasi luar biasa dalam kehidupan sipil," menurut situs webnya. Tikus berkantung raksasa Afrika cerdas dan mudah dilatih, menurut siaran pers; Magawa mulai berlatih sejak usia muda, dan "lulus semua ujiannya dengan gemilang" sebelum dikirim ke Kamboja.

Dia telah dilatih untuk mengabaikan besi tua yang berserakan, dan memberi sinyal kepada pawangnya ketika dia mendeteksi lokasi ranjau darat yang tepat. Dia begitu cepat menemukan ranjau darat sehingga dia dapat membersihkan area seluas lapangan tenis dalam 30 menit --sesuatu yang mungkin membutuhkan waktu empat hari manusia menggunakan detektor logam, kata PDSA. Seperti dikutip dari CNN, Jumat (25/9/2020).

 

Reporter : Romanauli Debora

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.