Sukses

Bandara Finlandia Pakai Jasa Anjing untuk Deteksi COVID-19, Bagaimana Caranya?

Simak cara baru dan unik dalam mendeteksi COVID-19 yang diterapkan oleh bandara Finlandia dengan menggunakan jasa seekor anjing.

Liputan6.com, Helsinki- Bandara di Finlandia menggunakan cara unik dalam mendeteksi Virus Corona COVID-19 kepada para calon penumpang pesawat. Langkah tersebut merupakan proyek percontohan yang melibatkan pihak bandara bersama sukarelawan yang disponsori klinik hewan swasta.

Dilansir New York Post, Jumat (25/9/2020), dengan didampingi 10 instruktur, 15 ekor anjing dilatih untuk mendeteksi COVID-19 dengan mengendus sampel para penumpang di di bandara Helsinki-Vantaa, Finlandia. 

Namun sejauh ini, efisiensi anjing-anjing tersebut dalam melacak COVID-19 pada penumpang masih belum terbukti dalam studi komparatif. 

Para penumpang pesawat, dalam proyek percontohan itu, secara sukarela dites dan mereka yang diduga membawa virus diinstruksikan menjalani tes swab untuk memastikan hasilnya.

Dalam tes itu, seorang penumpang diinstruksikan membasuh leher mereka dengan kain, dan memasukkanya ke dalam kaleng yang kemudian diserahkan ke ruangan lain untuk diendus anjing-anjing tersebut hingga menemukan hasil langsung.

 

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sensitivitas 100 Persen

"Apa yang kami lihat dalam penelitian kami adalah anjing-anjing akan menemukan (penyakit) dalam lima hari sebelum mereka (pasien) mengalami gejala klinis," terang Anna Hielm-Bjorkman, Adjunct Professor di University of Helsinki dengan spesialis penelitian klinis untuk hewan pendamping, kepada Reuters.

Mengacu pada kemampuan anjing-anjing itu dalam mendeteksi virus, "Mereka sangat pandai (dalam hal itu). Kami mendekati sensitivitas 100 persen," jelasnya. 

Di antara anjing-anjing itu, salah satunya adalah Kossi.

Ia merupakan anjing penyelamat dari Spanyol yang kemudian dilatih sebagai anjing pelacak di Finlandia. Sebelumnya, Kossi bahkan pernah bekerja untuk mendeteksi kanker.

Pihak berwenang di Uni Emirat Arab beberapa bulan juga telah melakukan pengujian serupa di Bandara Internasional Dubai dengan melibatkan anjing polisi.

3 dari 3 halaman

Infografis Meredam Kepanikan Wabah Virus Corona

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.