Sukses

Seperti Uighur di Xinjiang, China Dituduh Paksa Ribuan Warga Tibet Masuk ke Kamp Kerja

Pemerintah China dituduh memaksa warga Tibet untuk bergabung dalam kamp vokasi militer di Xinjiang.

Liputan6.com, Jakarta - China dilaporkan telah memaksa ratusan ribu orang di Tibet ke dalam pusat pelatihan kejuruan bergaya militer. Tudingan ini berdasarkan dokumen oleh Jamestown Foundation, yang didasarkan pada laporan media pemerintah, dokumen kebijakan dan citra satelit yang menurut Reuters telah diverifikasi.

Laporan tersebut juga membandingkan situasi dengan apa yang telah didokumentasikan di antara etnis Uighur di wilayah Xinjiang.

Namun mengutip BBC, Kamis (24/9/2020), otoritas China masih belum mengomentari temuan tersebut.

Presiden Tibet di pengasingan Lobsang Sangay, termasuk di antara mereka yang sebelumnya menuduh bahwa orang-orang Tibet dipaksa masuk ke kamp kerja paksa dan pusat pelatihan untuk "pendidikan".

Namun, skala program sebagaimana dirinci dalam studi ini menunjukkan bahwa program tersebut jauh lebih besar dari perkiraan sebelumnya.

Tibet merupakan wilayah terpencil dan sebagian besar masyarakatnya beragama Buddha di Himalaya. Wilayah itu diatur sebagai wilayah otonom China, yang dituduh menekan kebebasan budaya dan agama di sana.

Beijing mengatakan pihaknya mendorong kemajuan dan pembangunan di wilayah tersebut.

 

 

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Temuan Laporan

Laporan yang ditulis oleh Adrian Zenz, seorang peneliti independen di Tibet dan Xinjiang, mengatakan bahwa 500.000 orang, yang sebagian besar adalah petani dan penggembala subsisten, dilatih dalam tujuh bulan pertama pada tahun 2020 dan pihak berwenang telah menetapkan kuota untuk pemindahan massal para pekerja tersebut di Tibet dan ke bagian lain di China.

Menurut rencana pemerintah China yang telah dikutip, skema pelatihannya adalah untuk mengembangkan "disiplin kerja, bahasa China dan etika kerja".

Ia menambahkan bahwa tujuannya adalah untuk mengubah sikap dan pikiran "tidak dapat melakukan, tidak ingin melakukan, dan tidak berani melakukan" terhadap pekerjaan, sementara juga menyerukan "tindakan yang tidak ditentukan untuk secara efektif menghilangkan 'orang yang malas.'"

Studi tersebut menambahkan bahwa program pelatihan menyebabkan sebagian besar pekerja berakhir pada pekerjaan berupah rendah, termasuk di bidang manufaktur tekstil, konstruksi dan pertanian.

"Dalam konteks kebijakan etnis minoritas Beijing yang semakin asimilasi, sepertinya kebijakan ini akan mendorong hilangnya warisan linguistik, budaya dan spiritual dalam jangka panjang," katanya memperingatkan.

3 dari 3 halaman

Apa Bedanya dengan di Xinjiang?

Dikatakan program tersebut memiliki kemiripan dengan skema tenaga kerja di provinsi Xinjiang yang bermasalah, di mana pihak berwenang China dituduh melakukan penahanan massal terhadap sebagian besar penduduk Muslim Uighur.

"Baik di Xinjiang dan Tibet, pengentasan kemiskinan yang diamanatkan negara terdiri dari skema top-down yang memperluas kontrol sosial pemerintah jauh ke dalam unit keluarga," katanya.

Di Xinjiang, China dituduh secara sewenang-wenang menahan ratusan ribu Muslim - sementara Beijing mengatakan kamp tersebut adalah sekolah kejuruan yang diperlukan untuk memerangi terorisme dan ekstremisme agama.

Namun, studi Jamestown menekankan bahwa di Tibet, skema tenaga kerja "berpotensi tidak terlalu memaksa" dengan beberapa orang Tibet secara sukarela berpartisipasi dengan pendapatan mereka meningkat sebagai akibatnya.

Terlepas dari perbedaan ini dengan Xinjiang, laporan tersebut menyimpulkan bahwa "kehadiran sistemik dari indikator yang jelas dari pemaksaan dan indoktrinasi, ditambah dengan perubahan yang mendalam dan berpotensi permanen dalam mode mata pencaharian, sangat bermasalah."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.