Sukses

5 Kesalahan Perawatan Kulit yang Bisa Picu Jerawat

Anda mungkin merasa sedang melakukan segala hal yang seharusnya dilakukan untuk kulit Anda, tetapi jerawat masih belum hilang.

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa faktor mengejutkan seperti mencuci muka terlalu sering dapat meningkatkan risiko timbulnya jerawat.

Anda mungkin merasa sedang melakukan segala hal yang seharusnya dilakukan untuk kulit Anda, tetapi jerawat masih belum hilang. Ternyata, ada kemungkinan alasan yang mendasari hal itu.

Bright Side telah melakukan beberapa penelitian untuk menemukan kesalahan perawatan kulit mana yang mungkin menyabotase upaya Anda untuk mendapatkan kulit yang sehat dan bersih.

Seperti dikutip dari laman Bright Side, Rabu (23/9/2020), berikut 5 kesalahan perawatan kulit yang bisa sebabkan jerawat:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Menggunakan tisu makeup

Meskipun tisu rias sendiri tidak mungkin menyebabkan jerawat, tisu tersebut dapat meninggalkan kotoran dan residu riasan yang dapat menyebabkan jerawat.

Tisu mengandung alkohol, wewangian, dan bahan lain yang bisa mengeringkan kulit. Jika kulit Anda sensitif, ada kemungkinan menggosok akan mengiritasi dan menyebabkan pembengkakan dan peradangan yang dapat menyumbat pori-pori Anda.

3 dari 6 halaman

2. Menggunakan tabir surya yang salah

Meskipun penting untuk melindungi kulit Anda dari sinar matahari, beberapa jenis tabir surya dapat menyebabkan timbulnya jerawat.

Beberapa formula tabir surya menggunakan filter organik berbahan dasar minyak yang dapat mengiritasi kulit dan menyebabkan munculnya jerawat.

Tabir surya lain yang harus dihindari adalah produk berat dan komedogenik yang dapat menyumbat pori-pori dan menimbulkan noda serta komedo.

Cara terbaik untuk melindungi kulit Anda adalah dengan memilih pelembab siang hari yang mengandung SPF spektrum luas dan selalu mengaplikasikannya pada kulit yang bersih.

 

4 dari 6 halaman

3. Tidak membersihkan kacamata Anda

Jika Anda sering berjerawat di sekitar kacamata, kemungkinan besar Anda lupa membersihkan bingkai. Dokter merekomendasikan untuk mengidentifikasi area masalah Anda untuk jerawat serta pangkal hidung.

Kacamata Anda juga mungkin terlalu ketat dan bisa menghalangi pori-pori Anda dengan mendorong sel kulit mati kembali ke dalam pori-pori.

Menyesuaikan ukuran kacamata Anda dapat membantu mencegah pori-pori tersumbat.

 

5 dari 6 halaman

4. Terlalu sering mencuci muka

Membersihkan kulit Anda adalah langkah penting dalam melawan dan mencegah jerawat, tetapi mencuci berlebihan bisa berakibat sebaliknya.

Ahli kulit percaya bahwa terlalu banyak membersihkan kulit dapat mengganggu keseimbangan. Menggunakan terlalu banyak produk yang dirancang untuk membantu mengeringkan minyak berlebih dapat membuat kulit Anda terlalu kering dan kelenjar minyak Anda menghasilkan lebih banyak minyak dan lebih banyak jerawat.

 

6 dari 6 halaman

5. Menggunakan terlalu banyak produk rambut

Beberapa produk perawatan rambut yang membantu merapikan rambut juga dapat menyebabkan jerawat. Sampo, kondisioner, dan produk penata rambut dapat menyebabkan berbagai jenis jerawat di sepanjang garis rambut dan di dahi.

Jika produk ini mengenai wajah Anda, produk tersebut dapat menyumbat pori-pori dan mengiritasi kulit Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini