Sukses

Indahnya Fenomena Halo Matahari Terlihat di Sejumlah Area Singapura

Sun halo atau lingkaran cahaya pada matahari terlihat dari beberapa lokasi di Singapura sekitar tengah hari pada hari Selasa (22/9/2020). Indah!

Liputan6.com, Singapura - Fenomena sun halo atau lingkaran cahaya pada matahari terlihat dari beberapa lokasi di Singapura sekitar tengah hari pada hari Selasa (22/9/2020).

Seorang pembaca Channel News Asia (CNA) yang mengidentifikasi dirinya sebagai Lynne mengatakan dia sedang makan siang di area Balai Kota, ketika dia melihat lingkaran cahaya pada matahari.

"Saya tidak bisa berhenti menatapnya. Itu terlalu indah. Foto saja tidak cukup untuk itu," kata Lynne.

Pembaca CNA lainnya, Chew Kok Kiong mengatakan dia melihat lingkaran cahaya di sekitar matahari dari jendela sebuah apartemen di Jalan Hang Jebat di Queenstown.

“Bentuknya sempurna dengan pandangan yang tidak terhalang dan awan juga menaungi sebagian matahari," ujar Chew Kok Kiong.

 

Saksikan Juga Video Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berlangsung Selama 20 Menit

Lainnya, Mark Rodel dela Rosa mengatakan bahwa dia baru saja selesai makan siang di Tampines West sekitar tengah hari ketika melihat orang lain melihat ke langit dan mengikutinya. “Awalnya saya mengira ada beberapa pesawat yang lewat. Tapi ketika saya cek, melihat pelangi yang hampir sempurna mengelilingi matahari," jelasnya.

Fenomena itu berlangsung sekitar 20 menit, kata Mark Rodel dela Ros lagi, seraya menambahkan bahwa dia "sangat kagum" karena ini adalah pertama kalinya dia melihat halo matahari di Singapura.

Pembaca CNA lain, Jett Galang juga melapor telah memotret halo matahari dari sebuah kondominium di Tanah Merah. Sementara Zahra Aly juga melihatnya dari Meyer Road dekat East Coast Park.

Sun halo atau lingkaran cahaya matahari terjadi saat sinar matahari dibiaskan dan dipantulkan oleh kristal es kecil di atmosfer Bumi ketika awan cirrus yang tinggi dan tipis berada di langit, menurut Badan Lingkungan Nasional (NEA).

Saat fenomena itu terjadi, matahari terlihat seperti dikelilingi cincin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.