Sukses

KBRI Tripoli Bantu 9 WNI Terhambat Lockdown COVID-19 Libya Pulang ke RI

KBRI Tripoli telah membantu kepulangan 9 WNI ke Indonesia dari Libya yang sempat terhambat menuju Tanah Air akibat lockdown COVID-19 yang diterapkan..

Liputan6.com, Tripoli- Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI menegaskan bahwa kantor perwakilan Indonesia di luar negeri salah satunya mempunyai peran untuk membantu kepulangan para WNI. Bekerja sama dengan berbagai pemangku kepentingan.

Dilansir Kemlu.go.id, Senin (21/9/2002), KBRI Tripoli dilaporkan telah membantu 9 WNI dari Libya untuk pulang ke Indonesia pada 17 September 2020.

Para WNI tersebut, sebelumnya terhambat untuk pulang ke Tanah Air karena pandemi Virus Corona COVID-19.

Penerapan kebijakan lockdown di berbagai negara sebagai upaya pencegahan penyebaran virus tersebut masih menjadi hambatan bagi para WNI di luar negeri untuk dapat pulang ke Indonesia.

Menurut KBRI Tripoli, para WNI tersebut mencakup Anak Buah Kapal (ABK) di sektor perikanan maupun Pekerja Migran Indonesia di sektor domestik.

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kerja Sama dengan Berbagai Pihak

KBRI Tripoli juga menerangkan bahwa sebagian dari para WNI tersebut sebelumnya sudah sempat berada di shelter KBRI untuk menunggu kepulangannya.

Tak hanya itu, KBRI Tripoli juga menjelaskan bahwa pihaknya bekerja sama dengan berbagai pihak untuk memastikan kepulangan para WNI berjalan dengan lancar.

Untuk melakukan pendampingan para WNI selama transit, hingga BP2MI terkait penjemputan di Bandara Soekarno-Hatta dan pengaturan kepulangan mereka, KBRI Tripoli juga bekerja sama dengan KJRI Istanbul.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.