Sukses

Berani Buang Sampah Sembarangan di Taman Ini Siap-Siap Dapat Kiriman Paket ke Rumah

Taman Nasional di Thailand mengirim sampah kembali ke rumah pengunjungnya yang tidak membuang pada tempatnya.

Liputan6.com, Jakarta - Jika membuang sampah sembarangan di taman nasional Thailand ini, sampah itu mungkin saja kembali menghantui Anda. Sampah tersebut akan dikirim kembali ke rumah Anda sebagai paket pengingat ketika berada di alam terbuka, lebih baik membuang sampah pada tempatnya.

Mengutip BBC, Jumat (18/9/2020), pihak berwenang di Taman Nasional Khao Yai dekat Bangkok akan mulai mengirim sampah kembali ke rumah pengunjungnya, kata menteri lingkungan Thailand.

Tak hanya sampai di situ, pelanggar juga akan didaftarkan ke polisi.

Pengunjung taman harus mendaftarkan alamat mereka, sehingga memudahkan penjaga untuk melacak jika mereka meninggalkan sampah.

Menteri Lingkungan Hidup Varawut Silpa-archa pun mem-posting foto sampah yang dikumpulkan dalam bungkusan karton yang siap dikirim ke akun Facebook-nya.

"Sampah Anda - kami akan mengirimkannya kembali kepada Anda," tulisnya guna mengingatkan orang-orang bahwa membuang sampah sembarangan di taman nasional adalah sebuah pelanggaran dan dapat dihukum hingga lima tahun penjara dan denda yang besar.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Agar Tak Dimakan Hewan

Bersamaan dengan botol plastik kosong, kaleng dan bungkus keripik, kotak di postingan Facebook Menteri Varawut, berisi catatan sopan bertuliskan: "Kamu lupa barang-barang ini di Taman Nasional Khao Yai".

Selain kotor, otoritas taman mengatakan sampah yang tertinggal bisa sangat berbahaya bagi hewan yang mungkin mencoba memakannya.

Taman Nasional Khao Yai yang terletak di timur laut ibu kota Thailand, Bangkok, membentang seluas lebih dari 2.000 km persegi (770 mil persegi) dan sangat populer di kalangan pendaki.

Taman tersebut merupakan taman nasional tertua di Thailand dan terkenal dengan air terjun, hewan, dan pemandangannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.