Sukses

Donald Trump Dituduh Lakukan Pelecehan Seksual 23 Tahun Lalu ke Model Amy Dorris

Jelang pilpres AS 2020, seorang mantan model menuduh Presiden AS Donald Trump pernah melakukan pelecehan ke model Amy Dorris 23 tahun lalu.

Liputan6.com, Washington, D.C. - Seorang mantan model mengaku dilecehkan oleh Presiden Amerika Serikat Donald Trump pada 1997. Kejadian dituduh terjadi saat turnamen tenis US Open. 

Tuduhan berat ini muncul jelang pilpres AS 2020. Mantan model bernama Amy Dorris mengaku baru angkat bicara karena tak tega melihat kondisi perempuan di era pemerintahan Trump.

Amy Dorris berusia 24 tahun ketika dugaan pelecehan terjadi. Ia menuduh Trump memaksa berciuman dan meraba-raba tubuhnya. 

"Ia memasukan lidahnya ke tenggorokan saya dan saya mendorongnya. Dan itu ketika genggamannya makin kuat dan tangannya sangat meraba-raba dan menyentuh bokong saya, payudara saya, punggung saya, segalanya," ujar Amy Dorris seperti dilaporkan The Guardian, Jumat (18/9/2020).

Wanita yang saat ini tinggal di Florida, memberikan sejumlah bukti kepada The Guardian untuk mendukung pengakuan tentang pertemuannya dengan Donald Trump, termasuk tiketnya ke US Open dan enam foto yang menunjukkan dia dengan raja real estate selama beberapa hari di New York yang berusia 51 tahun kala itu dan menikah dengan istri keduanya, Marla Maples.

Sementara Amy Dorris menonton US Open bersama mantan kekasihnya, pebisnis Jason Binn. Donald Trump juga tampil menonton pertandingan tersebut dan duduk dekat Jason Binn dan Amy Dorris.

Pengakuannya juga dikuatkan oleh beberapa orang yang dia percayai tentang kejadian tersebut. Mereka termasuk seorang teman di New York dan ibu Dorris, keduanya segera dihubungi setelah insiden tersebut, serta seorang terapis dan teman-teman yang dia ajak bicara pada tahun-tahun setelah itu. Semua mengatakan Dorris telah berbagi dengan mereka rincian dugaan insiden yang sesuai, dengan apa yang kemudian dia katakan kepada Guardian.

Dorris mengatakan dia menghabiskan beberapa hari dengan Trump pada September 1997 setelah dibawa ke New York untuk akhir pekan yang panjang oleh pacarnya, Jason Binn. Pada saat itu, Dorris tinggal bersama teman-temannya di Boca Raton, Florida, secara teratur bepergian ke Miami untuk menjadi model dan sesekali pekerjaan akting.

Sedangkan Binn, pendiri beberapa majalah fashion dan gaya hidup mewah, adalah teman Trump; pada tahun 1999, dia dilaporkan menggambarkan pebisnis real estate sebagai "sahabat" nya.

Detik-Detik Dugaan Pelecehaan Terjadi

Pada hari Jumat 5 September, Dorris mengatakan Binn membawanya untuk bertemu Trump di kantornya di Trump Tower di Midtown Manhattan, sebelum mereka pergi bersama ke US Open di Queens.

"Dia datang dengan pribadi yang sangat kuat," kata Dorris tentang Trump. “Kelihatannya tipikal pria tertentu, orang-orang yang melihat merasa dia berhak melakukan apa yang diinginkan… meskipun saya ada di sana bersama pacar saya.”

Pasangan itu bergabung dengan teman-teman Trump lainnya di area pribadinya, sebuah suite berkarpet mewah yang memiliki balkon menghadap ke lapangan. Foto-foto hari itu disertakan, menunjukkan Dorris bersama Trump dan temannya Marylou Whitney.

Ketika sedang menonton, Dorris memutuskan pergi ke kamar mandi untuk membetulkan lensa matanya. Posisi kamar mandi tersembunyi di balik dinding partisi hanya beberapa meter dari tempat para tamu Trump --termasuk Amy Dorris dan Jason Binn -- menonton tenis.

"Saya mengalami beberapa masalah dengan lensa kontak saya," katanya. "Saya ingat masuk ke sana untuk membasahi lensa."

Ia lantas melihat Donald Trump ada di depan kamar mandi seperti tengah menunggunya.

 “Awalnya saya mengira dia sedang menunggu untuk pergi ke kamar mandi, tapi ternyata tidak demikian,” katanya. Dia menuduh Trump memaksakan diri padanya setelah percakapan singkat, di mana dia ingat tertawa gugup dan mengatakan kepadanya: "Jangan, pergilah."

Saat itulah Trump diduga melakukan pelecehan.

Dorris berkata telah mengucapkan "tidak" saat Donald Trump ingin menciumnya, tapi diabaikan oleh Trump.

"Setiap saat seseorang berkata tidak, tidak artinya tidak. Dan itu tak berhasil bagi saya. Itu tidak cukup," ungkap Dorris.

"Saya merasa kaget," ujar Dorris. "Saya tentu merasa dilecehkan. Tapi saya masih belum memprosesnya dan hanya mencoba untuk kembali berbicara dengan semua orang dan bersenang-senang karena tidak tahu harus bagaimana, saya merasa tertekan untuk menjadi seperti itu."

Dorris mengaku tidak dapat mengingat apakah dia memberi tahu Binn rincian lengkap dari dugaan penyerangan itu, tetapi dia mengatakan dia memintanya untuk memberi tahu Trump agar meninggalkannya sendirian. "Dia ada di sekitarku. Aku tidak bisa menangani ini. Kamu harus melakukan sesuatu."

Namun ketika dihubungi wartawan, Jason Binn tidak berkomentar mengenai hal tersebut.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bantahan Pihak Donald Trump

Kuasa hukum Donald Trump menepis tuduhan Amy Dorris. Alasannya adalah tuduhannya tak masuk akal mengingat situasi US Open ramai sehingga harusnya banyak saksi mata.

Menurut pengacara Trump, Binn mengatakan kepada mereka bahwa dia tidak ingat Dorris yang mengatakan kepadanya bahwa sesuatu yang tidak pantas telah terjadi dengan Trump atau bahwa dia merasa tidak nyaman berada di dekatnya.

Dorris mengatakan bahwa segera setelah insiden tersebut, dia menelepon seorang teman yang tinggal di kota dan memberi tahu mereka apa yang telah terjadi. "Saya pikir saya hanya merasa aman mengetahui bahwa saya memiliki seseorang di New York yang dapat saya datangi, Tuhan melarang itu menjadi lebih buruk," tutur Dorris.

Dorris juga mengatakan Trump tidak menyerangnya terang-terangan selama dia tinggal di New York, tetapi dia terus mengejarnya meskipun dengan tegas rayuannya ditolak.

Sehari setelah dugaan penyerangan, Dorris dan Binn kembali ke area khusus Trump di US Open. Dorris mengatakan dia memutuskan untuk mengenakan pakaian khaki "konservatif", sweter rajutan biru dan sepatu dalam upaya untuk mencegah pelecehan serupa dari Trump.

Pasangan itu singgah di apartemen Trump di Trump Tower dalam perjalanan, di mana mereka berfoto dengan selebritas yang juga mengunjungi taipan real estate sebelum menghadiri tenis, termasuk musisi Lenny Kravitz dan Sean Combs, AKA Puff Daddy.

Dorris mengatakan Trump terus mengejarnya, mengajukan pertanyaan seperti: "Bisakah Anda membiasakan diri tinggal di sini?" “Tidak masalah saya berganti pakaian, situasinya masih sama,” katanya. "Aku sama sekali tidak merasa seperti diriku sendiri pada hari kedua itu. Rasanya seperti ada sesuatu yang diambil. "

Kemudian mereka bergabung di area Trump dengan lebih banyak tamu VIP, termasuk Leonardo DiCaprio dan ilusionis David Blaine, yang kemudian berfoto bersama. DiCaprio, Blaine, Kravitz dan Combs yang ada dalam foto kemudian tidak menanggapi permintaan komentar.

Dua hari kemudian, pada 8 September 1997, Dorris mengatakan dia menghadiri upacara peringatan untuk Gianni Versace bersama Binn dan Trump.

Pihak Trump lantas mengungkit Amy Dorris masih jalan-jalan dengan Donald Trump meski ada dugaan insiden pelecehan.

Amy Dorris sempat berfoto dan mengunjungi kediaman Donald Trump setelah insiden itu.

Amy Dorris, Jason Binn, dan Donald Trump juga datang ke acara berkabung desainer Gianni Versace yang meninggal pada 8 September 1997.

Ketika ditanya mengapa Amy Dorris masih menghabiskan waktu bersama Donald Trump usai insiden tersebut, Dorris berkata sedang tak punya uang.

"Saya pergi ke sana (New York) dari Florida, dan saya bersama Jason. Saya tak punya uang, tak tahu harus pergi ke mana. Kita pergi dari satu acara dan acara lain, dan itu membuat kewalahan," kata Dorris.

Amy Dorris berkata ingin semua orang tahu tentang kelakuan Donald Trump.

"Saya muak melihatnya bisa kabur dari hal ini," ujar Dorris. "Saya ingin orang-orang tahu bahwa pria ini, ini adalah presiden kita. Inilah tindakan yang ia lakukan dan ini tak bisa diterima."

Motif Politik?

Pengacara Trump juga mengatakan bahwa Dorris terlihat secara sukarela memilih untuk berada di sekitar Trump, di US Open dan tugu peringatan Versace, pada hari-hari setelah dugaan penyerangan. Mereka mengatakan Binn telah mengajukan pertanyaan serupa tentang pengakuannya.

Pengacara Trump juga mempertanyakan mengapa Dorris duduk di sebelah Trump di peringatan Versace, padahal dia bisa duduk di sisi lain Binn.

Mereka mengatakan Dorris tidak pernah mengajukan tuduhan tersebut kepada badan penegak hukum atau kepada Trump, dan mengatakan waktu klaim yang sangat dekat dengan pemilihan presiden November menunjukkan bahwa mereka mungkin bermotif politik.

The Guardian pertama kali mendengar tentang tuduhan Dorris terhadap Trump melalui agen model yang pernah bekerja dengannya di Chicago, yang telah dia curahkan. Dorris pertama kali membagikan tuduhannya kepada Guardian secara rahasia 15 bulan lalu, tetapi tidak yakin untuk mengumumkannya. Dia baru-baru ini memutuskan bahwa telah siap untuk mengambil langkah itu, sebagian untuk menjadi panutan bagi putrinya, yang sekarang berusia remaja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.