Sukses

6 Bulan Tutup Imbas Pandemi COVID-19, Stadion Bundesliga Buka Lagi untuk Fans

Putaran liga utama sepak bola Jerman Bundesliga kembali akan bergulir mulai Jumat 18 September 2020 mendatang. Stadion yang sempat tutup untuk laga tersebut akibat pandemi COVID-19 dibuka lagi.

Berlin - Pandemi Virus Corona COVID-19 juga berdampak ke industri olahraga sepak bola Bundesliga. Stadion tempat laga tersebut terpaksa ditutup demi mencegah penularan virus.

Kendati demikian, seperti dikutip dari DW Indonesia, Kamis (17/9/2020), putaran liga utama sepak bola Jerman Bundesliga kembali akan bergulir mulai Jumat 18 September 2020 mendatang. Kali ini penonton dibolehkan mendukung kembali tim kesayangannya langsung dari dalam stadion, setelah enam bulan absen. 

Dalam konferensi negara bagian dan pemerintahan federal Jerman hari Selasa 15 September, diputuskan untuk membuka kembali pintu stadion sepak bola dan mengizinkan penonton mengisi 20 persen kapasitas stadion.

Klub papan atas Borussia Dortmund mengatakan akan mengundang 10.000 fans yang memegang tiket musiman untuk menyaksikan pertandingan pertamanya melawan Borussia Mönchengladbach hari Sabtu 19 September. Köln menargetkan 9.200 fans untu mendukung tim tuan rumah berhadapan dengan Hoffenheim.

Belum ada pengumuman langsung dari juara Bundesliga FC Bayern, yang akan menerima FC Schalke pada pertandingan pertama Bundesliga hari Jumat 18 September. Bayern telah melakukan uji coba di stadionnya untuk menyambut kembali para fans dengan menjaga jarak sosial demi mencegah penularan Virus Corona COVID-19.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Akibat Larangan Penonton Masuk Stadion, Klub Olahraga Rugi Besar

Konferensi negara bagian dan pemerintahan federal sepakat bahwa stadion dapat beroperasi kembali hingga 20 persen dari kapasitas normal untuk masa percobaan enam minggu. Aturan serupa dilaporkan akan berlaku untuk bidang olahraga lain yang selama ini berlangsung tanpa penonton.

Pandemi virus corona dan hilangnya pendapatan dari tiket telah mengguncang keuangan klub-klub olahraga Jerman. Klub sepak bola masih dapat mempertahankan pendapatan TV, namun beberapa klub telah memotong biaya dan meminta pemain untuk menerima pemotongan gaji untuk sementara.

Bidang olahraga lain seperti basket atau bola tangan lebih terpukul karena tidak memiliki pemasukan TV seperti olahraga populer sepak bola atau tenis.

3 dari 4 halaman

Tidak Ada Penjualan Alkohol di Stadion

Secara umum pemerintahan negara bagian dan federal sepakat untuk mengizinkan lagi acara massal dengan lebih 1000 penonton, dengan syarat hanya 20 persen kapasitas gedung atau stadion yang boleh digunakan.

Fase uji coba Bundesliga dengan penonton di stadion juga memberlakukan persyaratan laju infeksi yang terkendali. Selama 7 hari terakhir, angka infeksi per 100.000 penduduk tidak boleh melewati 35 kasus. Di dalam stadion penontonn harus menjaga jarak aman 1,5 meter, dan tidak ada penjualan alkohol.

Penonton harus mengenakan masker pelindung sampai mencapai tempat duduknya. Setelah berada di tempat, penonton boleh membuka masker. Semua tiket akan memuat nama penonton dan tidak bisa digunakan oleh orang lain.

4 dari 4 halaman

Disiplin Protokol Kesehatan Harga Mati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.