Sukses

Gara-Gara Hindari Bayar Pajak, Model Israel Dijatuhi Vonis Sosial 9 Bulan

Juli lalu model Israel berusia 35 tahun dan ibunya itu dinilai bersalah mengelak pembayaran pajak atas pendapatan yang bernilai hampir 10 juta dolar.

Liputan6.com, Tel Aviv - Seorang model asal Israel Bar Refaeli harus menjalani masa hukuman selama sembilan bulan melakukan layanan sosial oleh pengadilan pada Minggu, 13 September lantaran mengindari pajak.

Pengadilan juga memvonis ibunya, Zipi Refaeli, dengan hukuman penjara 16 bulan, demikian dikutip dari laman VOA Indonesia, Selasa (15/9/2020).

Putusan ini mengakhiri kasus pengelakan pajak yang telah mencemarkan citra perempuan yang pernah dicintai sebagai ikon Israel ini.

Refaeli memasuki gedung pengadilan Tel Aviv ditemani ibunya Zipi, dan ayahnya Raffi, serta tim kuasa hukum mereka.

Juli lalu model berusia 35 tahun dan ibunya itu dinilai bersalah mengelak pembayaran pajak atas pendapatan yang bernilai hampir 10 juta dolar.

Menurut permohonan banding yang diajukan kepada pengadilan, selain membayar utang pajak jutaan dolar kepada pemerintah, keduanya juga diperintahkan membayar denda 1,5 juta dolar.

Zipi Refaeli dijadwalkan memulai hukuman penjaranya minggu depan.

Kasus yang berkepanjangan ini terkait pendapatan model kelas dunia ini dan upaya keluarganya untuk meremehkan hubungannya dengan Israel, merusak citra yang sudah dibangun model itu sebagai duta besar informal Israel.

Simak video berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Empat Dakwaan Pajak

Pengadilan Israel, Senin 20 Juli memutuskan bahwa Bar Refaeli bersalah atas empat dakwaan pelanggaran pajak. Keputusan tersebut menutup kasus penghindaran pajak yang berlarut-larut yang dihadapi Refaeli dan keluarganya.

Mantan pacar aktor Leonardo DiCaprio ini, hadir di ruang pengadilan di Tel Aviv dengan mengenakan masker berwarna putih yang senada dengan blus putih yang dikenakannya. Ia didampingi, ayahnya, Raffi, ibunya, Zipi, dan sejumlah pengacara.

Model berusia 35 tahun itu, dan ibunya, mengaku melakukan penghindaran pajak atas pendapatan senilai hampir 10 juta dolar.

Menurut kesepakatan pengajuan bersalah yang ditandatangani mereka dengan pihak berwenang bulan lalu, Refaeli akan menjalani hukuman pengabdian masyarakat selama sembilan bulan, sementara ibunya akan dipenjarakan selama 16 bulan. Keduanya juga dikenai denda 1,5 juta dolar selain harus mengembalikan utang pajak mereka.

Kasus penghindaran pajak yang berlarut-larut ini telah merusak citra publik Refaeli sebagai duta tidak resmi negara itu. Pihak berwenang sulit membuktikan kesalahannya karena pendapatan model terkenal itu diperoleh di berbagai penjuru dunia, dan karena keluarganya berusaha sedemikian rupa mengecilkan arti hubungan model itu dengan Israel.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.