Sukses

Top 3: China Tak Terima Jurnalisnya Disergap Intel Australia

Top 3 global hari ini: Kabar tentang China, Singapura, dan India

Liputan6.com, Sydney - Cekcok antar pemerintah Australia dan China masih berlanjut. China kini tak terima karena rumah reporter Xinhua di Sydney disergap oleh intelijen Australia. 

Media China Global Times menulis bahwa agen intelijen Australia melakukan penggeledahan di kediaman beberapa jurnalis China yang berbasis di Australia, termasuk pewarta Xinhua yang berada di Sydney, pada 26 Juni, dan menyita peralatan liputan mereka.

Kejadian ini hanya beberapa hari setelah reporter ABC Australia dipulangkan dari China di tengah menegangnya isu diplomatik antar kedua negara. Reporter itu juga sempat didatangi aparat China sebelum memutuskan pergi ke Kedubes Australia dan meninggalkan China.

Kabar tersebut menjadi berita top di kanal global Liputan6.com. Ada juga berita lain tentang maskapai Singapura dan aktor Bollywood yang mengaku kebal COVID-19. 

Berikut daftar berita top kanal global pada Minggu (13/9/2020):

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Beijing dan Xinhua Kecam Penyergapan Rumah Jurnalis China oleh Intel Australia

Seorang juru bicara Kantor Berita Xinhua China, dalam sebuah keterangan pada Jumat (11/9), menyatakan pihaknya mengecam dan menentang keras aksi penyergapan yang dilakukan oleh agen intelijen Australia terhadap kediaman seorang jurnalis Xinhua di Sydney. 

"Aksi yang kasar, angkuh, dan keterlaluan ini jelas sangat mengerikan. Hal ini menunjukkan mentalitas Perang Dingin serta prasangka politis dari sejumlah kementerian dan pejabat Australia," kata juru bicara Xinhua. 

Baca selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Singapore Airlines Niat Buka Penerbangan Tanpa Tujuan

Maskapai Singapura, Singapore Airlines (SIA) berencana untuk meluncurkan penerbangan tanpa tujuan yang akan berangkat dari dan mendarat di Bandara Changi bulan depan, dalam upaya untuk meningkatkan bisnisnya yang terpukul akibat pandemi COVID-19.

Sumber mengatakan kepada surat kabar The Straits Times bahwa maskapai nasional Singapura itu sedang bekerja untuk meluncurkan opsi ini kepada calon penumpang domestik. Opsi itu dijuluki "penerbangan tanpa tujuan" dan direncanakan akan mulai dibuka pada akhir Oktober 2020.

Baca selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Aktor Bollywood Minum Urin Sapi demi Kesehatan Gegerkan India Saat COVID-19

Bintang Bollywood Akshay Kumar mengungkapkan bahwa ia meminum urin sapi setiap hari, bergabung dengan semakin banyak orang India yang percaya itu memiliki manfaat pengobatan --termasuk dalam melawan pandemi virus corona baru COVID-19, Agence-France Presse melaporkan.

Kumar dianggap sebagai pendukung setia partai nasionalis Hindu Perdana Menteri Narendra Modi, yang telah mengalokasikan jutaan dolar untuk penelitian produk yang menggunakan limbah sapi untuk menyembuhkan penyakit seperti diabetes dan kanker.

Baca selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.