Sukses

Ketika Kim Jong-un Pamer Jasad Pamannya yang Tak Berkepala, Jang Song Thaek

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un disebut pernah memamerkan jenazah pamannya sendiri, Jang Song Thaek, di mana jasad dengan kondisi tak berkepala itu diperlihatkan kepada sejumlah pejabat senior negara.

Liputan6.com, D.C - Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un disebut pernah memamerkan jenazah pamannya sendiri, di mana jasad tak berkepala itu diperlihatkan kepada sejumlah pejabat senior negara --menurut penuturan Donald Trump dalam sebuah buku biografi sang presiden AS yang akan terbit.

Jang Song Thaek, paman pemimpin Korea Utara dan salah satu tokoh yang sangat kuat di dalam rezim, 'disingkirkan' atas tuduhan makar dan korupsi pada tahun 2013, dalam apa yang secara luas dipandang sebagai praktik penegakan kekuasaan tanpa ampun dari Kim Jong-un, demikian seperti dikutip dari the Japan Times, Sabtu (12/9/2020).

Kim Jong-un "memberitahuku segalanya. Memberitahu saya segalanya," kata Trump kepada jurnalis investigasi the Washington Post, Bob Woodward, menurut bukunya yang akan datang "Rage".

"Dia membunuh pamannya dan meletakkan mayatnya tepat di tangga," kata Trump, merujuk pada sebuah bangunan yang digunakan oleh pejabat senior.

"Dan kepalanya dipotong, ditempatkan di dada," tambahnya dalam kutipan dari buku yang dilihat oleh AFP.

Korea Utara tidak pernah secara resmi menyatakan bagaimana Jang dieksekusi, meskipun beberapa laporan mengatakan senjata anti-pesawat digunakan dalam eksekusi tersebut.

Keterangan Trump --yang tampaknya dimaksudkan sebagai demonstrasi kedekatan hubungannya dengan Kim-- adalah yang pertama dari pejabat senior mana pun yang menyebutkan pemenggalan kepala.

Informasi tentang paman Kim Jong-un itu juga mencuat ketika negosiasi nuklir antara Pyongyang dan Washington terhenti sejak runtuhnya KTT Hanoi tahun lalu karena keringanan sanksi dan apa yang bersedia menyerah sebagai imbalan.

Pejabat Pyongyang mengatakan mereka telah menawarkan untuk "membongkar semua fasilitas produksi nuklir di daerah Yongbyon," tetapi analis mengatakan Korea Utara memiliki beberapa situs nuklir lainnya.

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Nuklir Korea Utara

Dalam buku yang sama, Presiden AS Donald Trump menuntut agar Korea Utara mengungkap dan menyerahkan lima situs nuklir di wilayah mereka.

"Dengar, satu, dua, tiga, dan empat (pengungkapan situs nuklir) tidak signifikan. Lima memang (bisa) membantu," katanya.

Saat negosiasi, Kim Jong-un hanya bersedia mengungkap dan menyerahkan satu situs nuklir; Yongbyon.

Yongbyon adalah situs terbesar di Utara, balas Kim menurut kutipan dari buku itu. "Itu juga yang tertua," kata Trump kepada penulisnya, balasnya.

Kim, bagaimanapun, tidak akan menawarkan konsesi lebih lanjut, dan Trump mengatakan kepadanya: "Anda belum siap untuk membuat kesepakatan."

"Aku harus pergi," tambahnya, yang membuat Kim terkejut, klaim buku tersebut.

Runtuhnya KTT itu terjadi meskipun ada ekspektasi tinggi di kedua belah pihak sebelumnya, tetapi menurut buku tersebut Trump terus bersikeras pada denuklirisasi penuh bahkan setelah pertemuan mengejutkan pasangan itu beberapa bulan kemudian di Zona Demiliterisasi yang membagi semenanjung pada 2019 silam.

"Merupakan suatu kehormatan untuk menyeberang ke negara Anda," tulis Trump dalam sebuah surat kepada Kim dua hari setelah pertemuan itu, ketika dia menjadi presiden AS pertama yang menginjakkan kaki di Korea Utara.

Dia mendesak Kim untuk membuat "masalah besar" yang "melepaskan Anda dari beban nuklir Anda."

Buku "Rage", yang dijadwalkan akan beredar pekan depan, mengungkap 25 surat yang dipertukarkan pasangan itu, di mana Kim berulang kali memuji Trump.

Pertemuan di DMZ seharusnya memulai kembali proses pembicaraan, tetapi AS dan Korea Selatan mengadakan latihan militer beberapa minggu kemudian dan Kim kemudian menulis kepada Trump: "Saya jelas tersinggung dan saya tidak ingin menyembunyikan perasaan ini dari Anda. Saya benar-benar tersinggung."

Negosiasi antara Pyongyang dan Washington tetap terhenti sejak itu, dan hubungan antara Korea Utara dan Selatan anjlok, tetapi Trump bersikeras bahwa dia masih memiliki hubungan yang baik dengan Kim.

"Dia menyukai saya. Aku suka dia. Kami rukun," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.