Sukses

4 Alasan Mengapa Uang Dihabiskan Untuk Hal Tak Penting

Dengan membeli baju baru atau bahkan sesuatu yang lebih mahal, seperti smartphone baru, kita terhibur. Namun, uang akan habis. Padahal kita tak terlalu perlu itu.

Liputan6.com, Jakarta - Ada dua alasan utama mengapa orang membelanjakan lebih banyak uang daripada yang mereka butuhkan. Mereka ingin merasa lebih baik dengan mendekati kesenangan atau dengan menjauh dari rasa sakit.

Menggunakan uang untuk membeli baju baru atau bahkan sesuatu yang lebih mahal, seperti smartphone baru, membuat seseorang terhibur dan teralihkan dari masalah nyata yang mungkin harus kita tangani.

Dan meskipun, jauh di lubuk hati, mungkin tahu bahwa kita tidak benar-benar membutuhkan barang baru. Terkadang, tidak mungkin menahan tekanan untuk membelinya.

Bright Side yang dikutip Jumat (11/9/2020), menemukan bahwa ada beberapa alasan di balik dorongan yang tak dapat dijelaskan mengapa uang  kerap digunakan untuk membeli lebih banyak hal. Berikut sejumlah alasannya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Anda berharap dapat membuat orang lain terkesan

Sumber daya terbatas, dan dalam istilah teori evolusi Darwin, manusia harus bersaing memperebutkannya dan mencoba mengklaim sebanyak mungkin untuk kesejahteraan mereka sendiri.

Tetapi setelah semua kebutuhan dasar kita terpenuhi, konsumsi akhirnya datang dari hal lain.

Hal ini mengakibatkan orang-orang memamerkan kekayaan dan kepentingan mereka kepada seluruh dunia dengan membeli lebih banyak barang yang sebenarnya tidak mereka butuhkan.

Yang harus dilakukan: Ingatlah bahwa merasa baik lebih baik daripada terlihat baik. Karena sejujurnya, sweter mahal lainnya tidak akan membuat Anda merasa lebih baik dalam jangka panjang.

Dan dengan uang yang sama, Anda juga bisa memanjakan diri Anda dengan seharian di spa, menghilangkan stres, dan siap untuk mengatasi semua tantangan yang ada di depan.

3 dari 5 halaman

2. Anda iri pada orang lain

Suka membandingkan diri dengan orang-orang di sekitar. Ini mengakibatkan kita membeli barang hanya karena teman kita memilikinya juga, bukan karena kita benar-benar membutuhkannya.

Juga, kita lebih egois daripada yang ingin kita akui. Saat berbicara tentang masa lalu, kita selalu menyebut "survival of the fittest", tetapi sebenarnya tidak jauh berbeda saat ini.

Kita berusaha untuk menumbuhkan ukuran pribadi dengan membeli lebih banyak barang daripada yang lain.

Yang harus dilakukan: Kebahagiaan benar-benar ada dalam hal-hal kecil. Membeli barang belum tentu sama dengan banyak kebahagiaan. Ini mungkin memberi Anda sensasi saat Anda menerimanya, tetapi ini memudar dengan cepat.

4 dari 5 halaman

3. Anda menjadi korban pemasaran

Ada banyak trik yang dapat digunakan untuk membuat Anda membeli sesuatu dan Anda bahkan tidak menyadarinya. Perusahaan akan berusaha agar berhasil membujuk Anda sampai membeli produk barunya.

Salah satu trik yang sering digunakan adalah memberikan kesempatan kepada konsumen untuk mencoba produk tersebut. Saat mereka secara fisik memegang produk baru dan dapat menciptakan rasa kepemilikan, membuat orang lebih cenderung untuk membeli.

Yang harus dilakukan: Pikirkan tentang apa yang Anda butuhkan sebelum membelinya. Orang cenderung membeli lebih banyak saat berada di toko daripada saat membeli secara online.

Karena, di toko mereka jauh lebih rentan terhadap belanja impulsif. Untuk memastikan hal ini tidak terjadi pada Anda, buat daftar belanjaan yang jelas sebelum pergi, dan beli hanya yang ada di daftar Anda.

5 dari 5 halaman

4. Kamu bosan

Alasan paling umum kita membeli barang adalah sederhana, yaitu kebosanan. Ketika kita tidak memiliki hal lain untuk dilakukan, ketika kita tidak memiliki tujuan, kita hanya mendapatkan sesuatu yang baru untuk membumbui hari kita dan kita percaya bahwa ini akan membuat kita bahagia.

Yang harus dilakukan: Jika Anda benar-benar membutuhkan sesuatu yang lebih, manjakan diri dengan pengalaman. Hidup dengan tujuan berarti menggunakan waktu dan uang Anda untuk hal-hal penting yang akan membuat masa depan yang lebih baik bagi Anda dan orang-orang di sekitar Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini