Sukses

Kebakaran Oregon Sebabkan Lebih dari 500 Ribu Orang Melarikan Diri

Lebih dari 100 kebakaran hutan saat ini menghanguskan sejumlah wilayah di 12 negara bagian AS bagian barat, termasuk Oregon.

Liputan6.com, Oregon - Lebih dari setengah juta orang di negara bagian Oregon Amerika Serikat mengungsi akibat kebakaran hutan mematikan yang berkecamuk di seluruh Pacific Northwest, kata pihak berwenang.

Dipicu angin yang sangat panas dan kering, asap menyapu negara bagian. Gubernur Kate Brown mengatakan jumlah pasti korban jiwa belum diketahui, meski setidaknya ada tiga yang dikonfirmasi.

Lebih dari 100 kebakaran hutan saat ini menghanguskan sejumlah wilayah di 12 negara bagian AS bagian barat.

Oregon, California, dan Washington telah menanggung beban terbesar dari kebakaran hutan, yang dalam beberapa kasus telah menghancurkan seluruh kota, seperti dikutip dari laman BBC, Jumat (11/9/2020).

Sekitar 4,4 juta hektar hutan hangus, menurut National Interagency Fire Center.

Asap dari kebakaran hutan California mengubah langit menjadi oranye. Rich Tyler, juru bicara kantor Oregon State Fire Marshal, mengatakan kepada New York Times, "Ketika Anda memiliki api yang membakar rumah dan bisnis, Anda memiliki saluran gas terbuka yang masih memuntahkan gas alam, dan itu juga menyala. "

Pada Kamis 10 September malam, Kantor Manajemen Darurat Oregon mengkonfirmasi angka evakuasi terbaru, yang berjumlah lebih dari 10 persen dari 4,2 juta penduduk negara bagian itu. Gubernur Brown, dari partai Demokrat mengatakan, "Kami belum pernah melihat jumlah api yang tidak terkendali di seluruh negara bagian seperti ini."

Di antara para pengungsi terdapat lebih dari 1.300 tahanan perempuan dari Fasilitas Pemasyarakatan Coffee Creek di Wilsonville.

Penjara ini juga dekat dengan wilayah kebakaran hutan besar. Di antara para korban di Oregon adalah seorang anak laki-laki berusia 12 tahun dan neneknya, yang tewas dalam kebakaran hutan dekat Lyons, 70 mil (112 km) selatan Portland.

 

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bagaimana Situasi di Tempat Lain?

Di negara bagian Washington, seorang anak laki-laki berusia satu tahun meninggal dan orang tuanya berada dalam kondisi kritis setelah asap dan api menyeruak rumah ketika mereka mencoba melarikan diri dari kebakaran hutan terbesar di negara bagian itu, kata pejabat di wilayah utara Okanogan.

Kebakaran hutan juga menghancurkan sebagian besar rumah di kota tua Malden, di timur negara bagian itu. Polisi telah meneriaki penduduk untuk melarikan diri saat asap mulai mengebul.

Empat orang lainnya telah tewas dalam dua hari terakhir akibat kebakaran hutan di California. Di sana, sekitar 64.000 orang berada di bawah perintah evakuasi sementara 14.000 petugas pemadam kebakaran memerangi 29 titik kebakaran besar.

Enam dari 20 kebakaran terbesar dalam sejarah negara bagian telah terjadi tahun ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.