Sukses

Matahari Tengah Malam hingga Es Bawah Air, 5 Fenomena Alam Teraneh di Dunia

Berikut ini sejumlah keajaiban fenomena alam dunia. Menakjubkan!

Liputan6.com, Jakarta - Bulan darah, 'salju oranye', dan banyak pelangi adalah beberapa fenomena alam teraneh yang terlihat selama bertahun-tahun.

Peristiwa cuaca yang aneh seperti ini telah mengejutkan orang-orang di seluruh dunia, sekaligus menunjukkan kekuatan dan keindahan alam dengan kekuatan penuh.

Selain itu, adalagi Ghost apples (apel hantu) hingga Aurora Borealis yang tak kalah misterius dan aneh.

Berikut ini lima di antara keajaiban fenomena alam teraneh dunia dikutip dari CountryLiving.com, Kamis (10/9/2020):

1. Ghost Apple (Apel Hantu)

Ketika suhu beku melanda Amerika awal tahun 2019, segala macam hal yang tidak biasa terjadi. Musim dingin yang ekstrem menyaksikan kedatangan 'apel hantu' - patung es yang terbentuk secara alami yang menjuntai dari dahan pohon buah-buahan.

"Seolah-olah seseorang telah melemparkan sebuah kaca perhiasan Natal dari sebuah apel dan meninggalkannya tergantung di pohon," presenter cuaca BBC Carol Kirkwood mengatakan kepada Country Living, sebelum menjelaskan penampakan aneh itu dengan lebih rinci.

“Ini sebenarnya adalah fenomena cuaca langka yang disebabkan oleh titik beku apel dan keadaan hujan yang membeku melapisi apel dengan es. Apel kemudian mencair dan keluar hanya menyisakan cangkang es. Mereka cantik!"

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Matahari Tengah Malam

Bagi mereka yang cukup berani untuk menjelajah jauh ke belahan bumi utara planet Bumi dan melintasi Lingkaran Arktika, ada banyak hadiah menakjubkan menanti.

Ketika pengunjung musim dingin mungkin cukup beruntung untuk mendapatkan pemandangan Northern Lights (Cahaya Utara) atau Aurora Borealis yang menakjubkan, mereka yang memilih bulan-bulan musim panas yang lebih ringan mengalami lebih dari sekadar pertunjukan cahaya - menghabiskan hingga 24 jam bermandikan sinar matahari. Bahkan tengah malam!

Matahari tengah malam muncul ketika hari-hari musim panas membentang lebih jauh ke utara, dan di kota-kota paling utara di Eropa matahari sama sekali tidak terbenam.

3 dari 5 halaman

3. Petir Catatumbo (Catatumbo Lightning)

 
 
 
View this post on Instagram

Maracaibo Edo Zulia. . . By: @jonaspiontek ・・・ The Film is finally ready and all I need is you guys to spread the word so I can publish it soon. Everyday will be becoming harder for me to keep myself from posting it now, but I guess it‘s for the best! I can‘t wait to hear all you guys‘s opinion, I really put myself into this project, because this place and Venezuela in general have become so important to me since I first visited. Now I‘m proud to call it my second home that I stand with in good and bad times. There‘s so much beauty hidden in Venezuela for the ones that choose to see it but Catatumbo blows it all literally out of the water. . . #VenezuelaIsTooMuch #beautiful #pasion #catatumbolightning #storm #catatumbo #venezuela #lightning #maracaibo #catatumbofilm #venconoceavenezuela

A post shared by Beautiful! (@truelyvenezuela) on

Titik pertemuan Sungai Catatumbo dengan Danau Maracaibo di Venezuela mungkin merupakan tempat paling banyak terjadi badai di dunia, dengan rata-rata 260 hari badai per tahun.

Pada puncak musim hujan di bulan Oktober, ini berarti Anda mungkin melihat 30 kilatan petir dalam satu menit, pengalaman yang benar-benar menakjubkan!

Meski sejumlah besar badai di sini dapat dikaitkan dengan kombinasi medan pegunungan dan pola angin, para ilmuwan belum menunjukkan mengapa daerah ini menarik lebih banyak petir daripada titik panas lainnya.

Beberapa teori yang belum terbukti berkisar dari endapan uranium di dasar sungai, hingga metana yang naik dari ladang minyak di dekatnya meningkatkan konduktivitas udara.

4 dari 5 halaman

4, Northern Lights (Cahaya Utara) atau Aurora Borealis

Disebabkan oleh tabrakan partikel gas di atmosfer dengan elektron yang masuk dan proton yang ditembakkan dari matahari, terlihatlah Aurora Borealis.

"Dampak dari perubahan kondisi cuaca membuat saya terpesona," kata Carol. "Selimut yang menakjubkan ini - tirai warna, jika Anda suka - kilatan cahaya di langit itu membuat saya terpesona dari sudut pandang meteorologi dan juga estetika."

Partikel bermuatan listrik yang dihasilkan oleh reaksi kimia di inti matahari diproyeksikan ke Bumi oleh magnetik angin surya, dan dampaknya dengan partikel gas menerangi langit dalam perubahan warna tergantung pada gas tertentu yang terlibat.

Oksigen menghasilkan warna hijau dan kadang-kadang merah, sedangkan nitrogen menghasilkan gelombang warna ungu dan biru.

5 dari 5 halaman

5. Brinicles (Es Bawah Air)

 
 
 
View this post on Instagram

Brinicles A brinicle forms beneath sea ice when a flow of extremely cold, saline water is introduced to an area of ocean water, being the undersea equivalent of a hollow stalactite or icicle. At the time of its creation, a brinicle resembles a pipe of ice reaching down from the underside of a layer of sea ice. Inside the pipe is the supercold, supersaline water being produced by the growth of the sea ice above, accumulated through brine channels. At first, a brinicle is very fragile; its walls are thin and it is largely the constant flow of colder brine that sustains its growth and hinders its melt that would be caused by the contact with the less cold surrounding water. However, as ice accumulates and becomes thicker, the brinicle becomes more stable. A brinicle can, under the proper conditions, reach down to the seafloor. Img Source: http://joyreactor.cc/post/1006160

A post shared by Miracles of Nature (@miracles__of__nature) on

Es bawah air ini terbentuk di lautan es di Kutub Utara dan Selatan, di mana air asin dilepaskan oleh air saat membeku menjadi es laut.

Kandungan asin ini memiliki titik beku yang jauh lebih rendah daripada air laut di sekitarnya, dan ketika laut bersentuhan dengannya, ia membeku, membentuk selubung silinder di sekitarnya.

Brinicles perlahan akan stabil, dengan air asin di bawah titik nol terus meluncur ke bawah dan es baru terbentuk di sekitarnya.

Air asin terus melakukan perjalanan sampai mencapai titik terendah lautan, di mana ia dapat mulai berkumpul dan makhluk laut dalam yang menyimpang ke dalamnya mungkin menemukan diri mereka terperangkap saat es terbentuk di sekelilingnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.