Sukses

Banjir Nigeria Tewaskan 21 Orang, Ratusan Ribu Hektar Lahan Terendam

Banjir melanda daerah agraria di Nigeria. Puluhan ribu hektar lahan ternak terendam.

Liputan6.com, Dutse - Banjir besar melanda negara bagian Jigawa di Nigeria. Sebanyak 21 orang meninggal dunia karena bencana yang terjadi pekan lalu tersebut.

Lebih dari 50 ribu rumah dan lahan ternak juga mengalami kerusakan.

Dilaporkan All Africa, Kamis (10/9/2020), gubernur setempat mengumumkan empat korban meninggal akibat tenggelam di sungai. Korban lainnya akibat tertimpa bangunan.

"Banyak korban kehilangan nyawa mereka karena bangunan-bangunan runtuh akibat hujan besar di berbagai area, dan yang lainnya terseret banjir dari sungai," ujar Gubernur Muhammad Badaru.

Banjir tersebut disebut yang terburuk yang pernah dialami Jigawi.

Ratusan ribu hektar lahan peternakan terendam oleh banjir. Semua hasil produksi ikut lenyap.

Pemerintah berjanji akan membantu warga-warga yang mengungsi dan keluarga korban dan telah meminta bantuan pemerintah federal. Gubernur Badaru menyebut tim sudah dikirim untuk memeriksa keadaan masyarakat.

Jigawa merupakan salah satu daerah agraria dan masyarakat mengandalkan musim hujan. Totalnya, 24 dari 27 area di daerah tersebut terdampak banjir.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.