Sukses

Pesta Kembang Api Picu Salah Satu Insiden Kebakaran di California

Salah satu insiden kebakaran yang terjadi di California selain kebakaran hutan, disebabkan oleh sebuah pesta kembang api.

Liputan6.com, Jakarta - Kembang api di pesta pengungkapan gender atau biasa dikenal sebagai gender reveal party, memicu kebakaran di California selatan yang telah menghanguskan lahan seluas 2.800 hektar dan memaksa banyak penduduk meninggalkan rumah mereka, kata pemadam kebakaran pada Minggu 7 September. 

Mengutip laman Channel News Asia, Selasa (8/9/2020), lebih dari 500 petugas pemadam kebakaran dan empat helikopter ikut diturunkan untuk memerangi kobaran api El Dorado di timur San Bernardino, yang dimulai pada Sabtu pagi, kata Departemen Kehutanan dan Perlindungan Kebakaran California (Cal Fire).

Warga dari sejumlah komunitas di kawasan itu pun diperintahkan untuk mengungsi.

"Penegakan Hukum CAL FIRE telah menentukan bahwa kebakaran di El Dorado, yang terbakar di dekat Oak Glen di San Bernardino County, disebabkan oleh perangkat piroteknik yang menghasilkan asap, digunakan selama pesta pengungkapan gender," kata Cal Fire di Twitter.

"Mereka yang bertanggung jawab untuk memulai kebakaran karena kelalaian atau kegiatan ilegal dapat dianggap bertanggung jawab secara finansial dan kriminal," katanya memperingatkan.

Pesta pengungkapan jenis kelamin diadakan selama kehamilan untuk mengungkap jenis kelamin anak yang diharapkan, terkadang diumumkan dengan kembang api asap berawarna merah muda atau biru.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Musim Kebakaran Akibat Cuaca

Dengan kondisi yang panas dan kering, California mengalami musim kebakaran yang cukup parah pada tahun ini, dengan lebih dari 1,6 juta hektar lahan hancur sejauh ini, termasuk dalam tiga kebakaran terbesar dalam sejarah negara bagian itu.

Di California utara, lebih dari 200 orang harus dievakuasi ke tempat yang lebih aman selama akhir pekan setelah api yang bergerak cepat menjebak mereka di dekat Waduk Mammoth Pool di timur laut Fresno.

Creek Fire, yang dimulai pada hari Jumat di medan yang curam dan terjal, sejauh ini telah menyebar hingga sekitar 18.000 hektar, menurut Dinas Kehutanan AS, menjadikannya salah satu kobaran api terbesar.

Kebakaran yang menyebar dengan cepat di dekat San Diego, Valley Fire, sejauh ini telah menyebar ke sekitar 4.000ha dan menghancurkan 11 bangunan, kata Cal Fire.

Rekor suhu selama tiga hari terakhir pada akhir pekan yang juga jatuh bertepatan dengan Hari Buruh AS, telah memperburuk kondisi kebakaran yang sudah berbahaya dan semakin membuat petugas pemadam kebakaran California yang kelelahan kian stres.

Temperatur untuk wilayah tersebut telah mencapai lebih dari 43 derajat celcius untuk wilayah Los Angeles pada hari Senin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.