Sukses

Pakai Baju Oranye Saat Interview Kerja Otomatis Gagal? Ini Kata Survei

Benarkah Anda akan gagal dalam interview kerja jika menggunakan baju warna terang, termasuk oranye?

Liputan6.com, Jakarta - Karena manajer perekrutan di perusahaan bekerja tidak selalu dapat menghabiskan waktu berjam-jam dengan setiap calon karyawan, kesan pertama yang dibuat pelamar pekerjaan akan menjadi lebih penting.

Oleh karenanya, memilih pakaian yang memiliki profesionalisme dapat menjadi bahan pertimbangan dan penting untuk dilakukan, demikian dikutip dari laman Mentalfloss, Senin (7/9/2020).

Sayangnya bagi orang yang suka berpakaian dengan warna-warna cerah, saat momen wawancara kerja bukanlah saat terbaik untuk digunakan, termasuk warna oranye.

Dalam studi 2013, CareerBuilder mensurvei 2.099 manajer perekrutan dan perwakilan sumber daya manusia berbagai perusahaan.

Studi tersebut menemukan bahwa 25 persen dari mereka berpikir bahwa warna oranye bukan hanya warna terburuk untuk dikenakan saat wawancara, tetapi juga kemungkinan besar dikaitkan dengan kurangnya profesionalisme.

"Tujuan dari setiap wawancara adalah untuk mengkomunikasikan nilai unik apa yang Anda bawa ke perusahaan dan budayanya," kata Armer, kepala staf CareerBuilder.

Tentu saja, tidak ada jaminan bahwa berpakaian oranye benar-benar akan merusak peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan, tetapi, seperti yang ditunjukkan survei mengapa Anda harus mengambil risiko?

Anda akan memiliki banyak waktu untuk memamerkan gaya Anda yang luar biasa setelah Anda menandatangani kontrak.

Sebaliknya, survei CareerBuilder menunjukkan bahwa berpegang pada ansambel biru atau hitam adalah cara ideal untuk bermain aman.

23 persen peserta menganggap warna biru adalah pilihan yang terbaik, sementara 15 persen lebih memilih hitam.

Simak video berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pria Ganteng Sulit dapat Kerja?

Ada hal buruk yang tampaknya tidak memihak pada pria berwajah tampan. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan dalam jurnal Organizational Behavior dan Human Decision Processes menyebut bahwa pria ganteng sulit melalui wawancara pekerjaan.

Dikutip dari laman deseret.com, Penelitian ini menemukan bahwa pria yang menarik umumnya dianggap sangat terampil, dan karenanya, dapat dipandang sebagai kompetitor bagi bosnya.

"Satu hal yang kami temukan adalah bahwa pria ganteng selalu dipandang lebih kompeten daripada laki-laki yang tidak menarik," kata Marko Pitesa, yang ikut menulis penelitian ini.

"Baik di antara pria dan wanita, ada persepsi bahwa pria yang lebih menarik lebih kompeten."

Dalam sebuah wawancara dengan Shankar Vedantam dari NPR, Pitesa mengakui bahwa meskipun tampaknya masuk akal bahwa seorang manajer menginginkan orang yang kompeten di tempat kerja, ada juga rasa takut dikalahkan oleh seorang rekan kerja.

Ketakutan semacam itu dapat menyebabkan mempekerjakan manajer untuk menawarkan pekerjaan hanya kepada pelamar yang mereka anggap kurang kompeten daripada diri mereka sendiri.

Studi ini didasarkan pada empat latihan serupa di mana peserta diminta untuk "merekrut" atau memilih antara gambar pelamar pekerjaan yang menarik dan tidak menarik (yang telah dibuktikan oleh penelitian sebelumnya).

Yang menarik, hasilnya menemukan bahwa pria yang menarik lebih mungkin dipilih untuk pekerjaan di mana mereka bekerja di lingkungan tim.

Namun, laki-laki yang tidak menarik lebih disukai untuk pekerjaan di tempat kerja yang mendorong persaingan individu.

"Jika Anda seorang penjual mobil, misalnya, penjual mobil berikutnya adalah pesaing Anda," lanjut Pitesa. "Jika dia menjual lebih banyak mobil daripada kamu, bonusmu akan turun."

3 dari 3 halaman

Bentuk Diskriminasi

Kedengarannya seperti diskriminasi terhadap pria yang menarik, bukan? Ya, benar. Tetapi itu adalah bentuk diskriminasi atau seksisme yang mungkin diterapkan banyak orang secara tidak sadar.

"Saya tidak berpikir orang benar-benar sadar bahwa mereka membuat hubungan ini antara ketampanan dan kompetensi," kata Vedantam. "Bias ini pada dasarnya beroperasi di bawah tingkat kesadaran sadar."

Pitesa mengakui bahwa meskipun ini mungkin bias bawah sadar, itu salah satu yang dapat memiliki efek berbahaya.

"Saya terkejut oleh fakta bahwa orang-orang tidak menyadari (bias mereka)," katanya.

"Orang-orang membuat keputusan pekerjaan penting dan kesimpulan tentang bagaimana orang yang kompeten hanya didasarkan pada daya tarik fisik mereka tanpa petunjuk sedikit pun bahwa mereka melakukan itu."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.