Sukses

Terkuak 90 Ribu Materi Propaganda ISIS, Termasuk Konten Terkait Justin Bieber

Koleksi besar materi online milik kelompok yang mengaku sebagai ISIS telah ditemukan oleh para peneliti di Institute of Strategic Dialogue (ISD).

Liputan6.com, London - Koleksi besar materi online milik kelompok yang mengaku sebagai ISIS telah ditemukan oleh para peneliti di Institute of Strategic Dialogue (ISD).

'Perpustakaan digital' itu berisi lebih dari 90.000 materi dan diperkirakan memiliki 10.000 pengunjung unik setiap bulan.

Para ahli mengatakan bahwa materi itu memberikan cara untuk terus mengisi kembali konten ekstremis ISIS di internet.

Tetapi sulit untuk menghapusnya karena datanya tidak disimpan di satu tempat. Dan meskipun otoritas kontra-terorisme di Inggris dan AS telah diperingatkan tentang penyimpanan yang berkembang ini, ia terus berkembang.

Penemuan itu terjadi setelah kematian pemimpin ISIS terkemuka Abu Bakr al-Baghdadi, pada Oktober 2019.

Saat itu, banyak postingan media sosial yang mendukung organisasi tersebut berisi tautan pendek.

Ini mengarahkan para peneliti ke dokumen dan video dalam sembilan bahasa berbeda.

Mereka memasukkan rincian serangan, termasuk yang terjadi di Manchester Arena pada 22 Mei 2017, di London pada 7 Juli 2005 dan di AS pada 11 September 2001.

"[Ada] semua yang perlu Anda ketahui untuk merencanakan dan melakukan serangan," kata wakil direktur ISD Moustafa Ayad, yang menemukan arsip tersebut, dikutip dari BBC, Minggu (6/9/2020).

"Hal-hal yang pada dasarnya mengajari Anda bagaimana menjadi teroris yang lebih baik."

Para peneliti telah memberi tahu Kantor Kejaksaan AS untuk Distrik Timur New York, yang menuntut kasus-kasus kontra-terorisme, serta Met Police. Pihak berwenang di New York belum berkomentar. Tetapi Met mengakui menerima rujukan dan mengatakan itu sedang dinilai oleh petugas spesialis.

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

'Cache Khilafah'

ISD menamai perpustakaan tersebut sebagai 'Cache Khilafah'.

Selama berbulan-bulan para peneliti institut tersebut telah mempelajari bagaimana perkembangannya, bagaimana itu dikelola dan siapa yang mengunjunginya.

Data tersebut tersebar di sistem desentralisasi, bukan satu server komputer.

Siapa pun dapat berbagi konten di seluruh web, melalui server yang berbasis di beberapa lokasi. Dan ini menghambat upaya apa pun untuk menjadikannya offline.

Tapi selama Cache Khilafah tetap ada, itu membantu ISIS dengan menyediakan sarana untuk terus menerus menyebarkan konten propaganda mereka.

3 dari 3 halaman

Manfaatkan Konten dari Fans Justin Bieber

Materi tersebut ditambahkan ke halaman komentar media sosial dan disebarkan melalui akun bot.Teknik lain adalah menargetkan akun Twitter yang terkait dengan selebriti dan atlet.

Misalnya, ISIS membajak akun milik penggemar penyanyi pop Justin Bieber dan menggunakannya untuk mempromosikan materi dari cache.

Dalam kasus lain, grup tersebut berhasil menipu akun tim rugby Inggris untuk mengikuti salah satu akunnya sendiri dengan menyamar sebagai pendukung.

"Mereka memahami bagaimana tidak hanya platform game, mereka memahami kekuatan konten yang terkandung dalam Cache Khilafah," kata Ayad.

Tidak semua konten cache berisi kekerasan.

Pengunjung juga menemukan filosofi ISIS, teks agama dan versi propaganda seperti apa gaya hidup ISIS.

Para peneliti mengatakan ini termasuk materi pengantin ISIS, berupa perempuan seperti Shamima Begum.

Sebagian besar dari mereka yang tertarik ke Cache Khilafah adalah pria berusia 18 - 24 tahun di dunia Arab, dengan 40% lalu lintas berasal dari media sosial, sebagian besar melalui YouTube.

ISD juga menemukan Cache Khilafah tidak unik.

Ada repositori yang lebih kecil milik kelompok ekstremis lain, banyak di antaranya juga menggunakan platform terdesentralisasi.

"Daya tarik bagi para jihadis dari platform ini adalah bahwa pengembang platform terdesentralisasi ini tidak memiliki cara untuk bertindak melawan konten yang disimpan di server yang dioperasikan pengguna atau konten yang dibagikan di seluruh jaringan pengguna yang tersebar," spesialis senior jihadi BBC Monitoring Mina Al -Lami berkata.

"Ini benar-benar tentang privasi, kebebasan, dan enkripsi.

"Itulah yang menarik para jihadis."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.