Sukses

Riset: Anak-Anak Bisa Membawa Virus Corona Lebih Lama dari Perkiraan Awal 18 Hari

Anak-anak mungkin membawa virus corona lebih lama dari orang dewasa dan lebih lama dari yang diperkirakan sebelumnya, sebuah studi baru di Amerika Serikat telah menemukan.

Liputan6.com, Washington - Anak-anak mungkin membawa virus corona lebih lama dari orang dewasa dan lebih lama dari yang diperkirakan sebelumnya, sebuah studi baru di Amerika Serikat telah menemukan.

Para peneliti di Rumah Sakit Nasional Anak di Washington menganalisis catatan medis lebih dari 60 anak yang telah diuji beberapa kali untuk COVID-19, penyakit yang disebabkan oleh virus tersebut, dan menemukan waktu rata-rata yang dibutuhkan untuk tes negatif adalah 25 hari, demikian seperti dikutip dari South China Morning Post, Minggu (6/9/2020).

Itu lebih lama dari perkiraan sebelumnya. Sebuah studi oleh Pusat Penelitian Klinis Nasional untuk Penyakit Menular di Shenzhen, China, misalnya, menemukan sebagian besar anak bersih dari virus corona setelah 18 hari.

"Kesimpulannya di sini adalah kita tidak bisa lengah," kata Burak Bahar, penulis utama studi baru yang diterbitkan dalam Journal of Pediatrics, dalam sebuah pernyataan pada hari Kamis 4 September 2020.

Di antara orang dewasa, waktu median dari hasil tes positif hingga tes negatif adalah sekitar 20 hari, menurut penelitian dari seluruh dunia.

Meskipun jarang orang menularkan virus dengan melepaskan partikel selama lebih dari sebulan, ada kasus ekstrem yang terjadi, seperti pasien asimtomatik di barat daya China yang hanya dites negatif setelah 45 hari.

Tim Bahar menemukan salah satu anak di rumah sakit Washington dinyatakan positif 62 hari setelah infeksi pertama kali dikonfirmasi. Mereka mencatat "jarang" untuk melakukan pengujian serial pada anak-anak --di mana ini hanya terjadi pada sekitar satu dari 10 kasus di AS, menurut catatan medis yang diperiksa untuk penelitian tersebut.

Mereka juga mengatakan tes positif tidak selalu berarti bahwa seorang anak yang sembuh dari virus corona masih menularkannya, karena hasilnya bisa disebabkan oleh fragmen gen. Mereka mengatakan penelitian lebih lanjut tentang apakah mungkin virus bereplikasi dari fragmen ini sedang dilakukan.

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pembentukan Antibodi yang Lebih Lambat dari Dewasa

Banyak yang masih belum diketahui tentang bagaimana virus corona memengaruhi anak-anak, atau mengapa mereka cenderung tidak terinfeksi dan mengembangkan gejala yang parah daripada orang dewasa.

Tim Shenzhen, misalnya, menemukan bahwa hampir setengah dari 35 anak dalam penelitian mereka tidak menunjukkan gejala sama sekali. Beberapa mengalami infeksi di kedua paru-parunya, tetapi selain demam dan batuk ringan, tidak ada yang dalam kondisi serius.

Satu teori tentang mengapa anak-anak tampaknya kurang rentan terhadap virus adalah bahwa mereka mungkin memiliki lebih sedikit ACE2 --protein yang diikat oleh virus corona untuk memasuki sel inang. Peneliti lain menyarankan bahwa tanggapan kekebalan anak-anak terhadap virus dapat berbeda dari orang dewasa. Tetapi belum ada bukti ilmiah untuk membuktikan salah satu dari perbedaan ini.

Tim Bahar juga melihat waktu terjadinya seropositif, atau adanya antibodi dalam darah. Waktu rata-rata untuk mengembangkan antibodi adalah 18 hari untuk anak-anak --lebih lambat dibandingkan orang dewasa, yang biasanya memiliki antibodi dalam 10 hingga 15 hari, menurut penelitian sebelumnya.

Para peneliti memperkirakan anak-anak membutuhkan waktu rata-rata 36 hari untuk membangun cukup antibodi untuk mengalahkan virus corona, tetapi sekitar setengah dari mereka dalam penelitian ini tidak mencapai tingkat itu antara tes pertama dan terakhir mereka.

"Pada kebanyakan virus, ketika Anda mulai mendeteksi antibodi, Anda tidak akan mendeteksi virus lagi. Tetapi dengan Covid-19, kami melihat keduanya," kata Bahar. Artinya, anak-anak masih berpotensi menularkan virus meski sudah terdeteksi antibodi, tambahnya.

Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa penyakit ini lebih mungkin menjadi lebih buruk pada anak-anak yang lebih tua. Ini tidak terlihat dalam penelitian Washington, yang malah menemukan bahwa pasien wanita berusia 6 hingga 15 tahun membutuhkan waktu lebih lama untuk membersihkan virus (rata-rata 32 hari) dibandingkan dengan mereka yang berusia 16 hingga 22 (18 hari).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.