Sukses

Usulkan Warga AS Voting Dua Kali, Donald Trump Tuai Kontroversi

Presiden Donald Trump mengusulkan agar warga AS memberikan suaranya sebanyak dua kali dengan tujuan mengurangi potensi kecurangan.

Liputan6.com, Washington D.C - Presiden AS Donald Trump telah mendesak penduduk di wilayah yang menjadi medan pertempuran politik kritis yakni Carolina Utara, untuk mencoba memberikan suara mereka sebanyak dua kali dalam pemilihan 3 November mendatang. Suara yang diharapkan diberikan sekali melalui surat dan sekali secara langsung.

Namun, hal ini pun memicu kehebohan karena tampak mendesak potensi tindakan penipuan pemilih. Demikian seperti melansir laman Channel News Asia, Jumat (4/9/2020). 

"Biarkan mereka mengirimkannya dan membiarkan mereka memilih," kata Trump dalam sebuah wawancara dengan media WECT-TV di Wilmington, North Carolina. 

"Dan jika sistemnya sebaik yang mereka katakan, maka jelas mereka tidak akan dapat memilih" secara langsung.

Trump telah berulang kali menegaskan tanpa bukti, bahwa pemungutan suara melalui surat yang diperluas oleh beberapa negara bagian karena pandemi virus corona, akan meningkatkan penipuan dan mengganggu pemilihan pada bulan November, meskipun para ahli mengatakan kecurangan dalam bentuk apa pun sangat jarang terjadi di Amerika Serikat.

Memberi suara lebih dari sekali dalam pemilihan adalah ilegal dan di beberapa negara bagian, termasuk North Carolina, hal tersebut merupakan kejahatan karena tidak hanya untuk memilih lebih dari sekali tetapi juga untuk membujuk orang lain untuk melakukannya.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tuai Kontroversi

Jaksa Agung Negara Bagian Josh Stein, seorang Demokrat, menulis di Twitter bahwa presiden Republik telah "dengan sangat keras mendorong" warga Carolina Utara "untuk melanggar hukum guna membantunya menabur kekacauan dalam pemilihan kami."

Stein menulis: "Pastikan Anda memilih, tetapi JANGAN memberikan suara dua kali! Saya akan melakukan segala daya saya untuk memastikan keinginan rakyat ditegakkan di bulan November."

Kampanye Trump dan Gedung Putih kemudian membantah bahwa dia bermaksud memberi tahu orang-orang untuk memilih dua kali.

"Presiden tidak menyarankan siapa pun untuk melakukan sesuatu yang melanggar hukum," kata juru bicara Gedung Putih Kayleigh McEnany.

"Apa yang dia katakan sangat jelas di sana adalah memastikan suara Anda ditabulasikan dan jika tidak, maka pilih."

Namun, dalam serangkaian tulisan di Twitter pada Kamis pagi, Trump kembali mendesak para pendukungnya untuk memberikan suara lebih awal melalui surat dan kemudian menindaklanjuti dengan mencoba memberikan suara secara langsung.

"Pada Hari Pemilu, atau Pemungutan Suara Awal, pergilah ke Tempat Pemungutan Suara Anda untuk melihat apakah Mail In Vote Anda telah ditabulasi (dihitung)," tulis Trump. "Jika sudah Anda tidak akan bisa Vote & Sistem Mail In bekerja dengan baik. Jika belum dihitung, VOTE."

Pihak Twitter kemudian memberikan peringatan atas cuitan tersebut karena melanggar aturannya tentang integritas sipil dan pemilu. Facebook juga menempatkan label baru pada postingan Trump, di mana dikatakan "pemungutan suara melalui surat memiliki sejarah panjang dapat dipercaya di AS dan hal yang sama diperkirakan terjadi tahun ini".

Facebook juga mengatakan akan menghapus video Trump yang berbicara tentang pemungutan suara dua kali, jika orang membagikannya tanpa teks atau konteks apa pun, atau untuk mendukung apa yang dikatakan presiden. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.