Sukses

6-9-1972: Tewasnya 9 Orang Israel dalam Tragedi Penyanderaan Militan Palestina

Upaya polisi Jerman Barat untuk menyelamatkan 9 anggota tim Olimpiade Israel yang disandera oleh teroris Palestina berakhir dengan bencana.

Liputan6.com, Munich - Di pangkalan udara Furstenfeldbruck dekat Munich, upaya polisi Jerman Barat untuk menyelamatkan sembilan anggota tim Olimpiade Israel yang disandera oleh teroris Palestina berakhir dengan bencana.

Dalam baku tembak yang dimulai pukul 11 ​​malam dan berlangsung hingga 1:30 pagi, kesembilan sandera Israel tewas, begitu pula lima teroris dan satu polisi Jerman. Sementara tiga teroris terluka dan ditangkap hidup-hidup, demikian seperti dikutip dari History.com, Minggu (6/9/2020).

Krisis penyanderaan dimulai pagi sebelumnya ketika teroris Palestina dari organisasi September Hitam (Black September) menyerbu tempat tinggal Israel di Desa Olimpiade di Munich, menewaskan dua anggota tim dan menyandera sembilan lainnya.

Olimpiade Musim Panas 1972 di Munich, Jerman Barat, dipublikasikan oleh penyelenggara sebagai "Permainan Perdamaian dan Kegembiraan".

Orang Jerman Barat bermaksud menghapus ingatan tentang Olimpiade terakhir yang diadakan di Jerman: Olimpiade Berlin 1936 yang dimanfaatkan Adolf Hitler sebagai sarana propaganda Nazi. Polisi di Munich - tempat kelahiran Nazisme - tidak menonjolkan diri selama Olimpiade 1972, dan penyelenggara memilih keamanan yang longgar daripada mempertaruhkan perbandingan dengan taktik polisi Gestapo di Jerman milik Hitler.

Jadi, sebelum fajar pada tanggal 5 September 1972 – hari kesebelas Olimpiade XX – ternyata tidak ada yang menganggap aneh bahwa lima pria Arab bersetelan lari memanjat pagar setinggi enam setengah kaki untuk mendapatkan akses ke Desa Olimpiade.

Desa itu, bagaimanapun, memiliki jam malam, dan banyak atlet Olimpiade lainnya menggunakan panjat tebing sebagai sarana untuk menikmati larut malam di kota. Faktanya, beberapa orang Amerika yang kembali dari bar bergabung dengan mereka memanjat pagar.

Beberapa saksi lain hampir tidak melirik kelima pria itu, dan para penyusup itu terus berjalan tanpa gangguan ke gedung tiga lantai tempat delegasi kecil Israel ke Olimpiade Munich menginap.

Kelima orang ini, tentu saja, bukanlah atlet Olimpiade, melainkan anggota Black September, kelompok ekstremis Palestina yang dibentuk pada tahun 1971. Di dalam tas atletik mereka membawa senapan otomatis dan senjata lainnya. Tiga teroris lainnya bergabung di desa itu, dua di antaranya dipekerjakan di dalam kompleks Olimpiade.

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penyanderaan Atlet Israel

Sesaat sebelum jam 5 pagi, para gerilyawan itu memaksa masuk ke salah satu apartemen Israel, menyandera lima orang. Ketika orang Palestina memasuki apartemen lain, pelatih gulat Israel Moshe Weinberg berjuang melawan mereka.

Dia ditembak mati setelah menjatuhkan dua penyerangnya. Weightlifter Yossef Romano kemudian menyerang mereka dengan pisau dapur, dan dia berhasil melukai seorang teroris sebelum dia ditembak mati.

Beberapa orang Israel berhasil melarikan diri melalui pintu belakang, tetapi total sembilan orang ditangkap. Empat dari sandera adalah atlet - dua angkat besi dan dua pegulat - dan lima adalah pelatih. Salah satu pegulat, David Berger, memiliki kewarganegaraan ganda Amerika-Israel dan tinggal di Ohio sebelum lolos ke tim Olimpiade Israel.

Sekitar pukul 8 pagi, para penyerang mengumumkan diri mereka sebagai warga Palestina dan mengeluarkan tuntutan mereka: pembebasan 234 tahanan Arab dan Jerman yang ditahan di Israel dan Jerman Barat, dan perjalanan yang aman dengan sandera mereka ke Kairo.

Tahanan Jerman yang diminta untuk dibebaskan termasuk Ulrike Meinhof dan Andreas Baader, pendiri kelompok teroris Marxis yang dikenal sebagai Fraksi Tentara Merah. Jika tuntutan Palestina tidak dipenuhi, sembilan sandera akan dibunuh.

Negosiasi yang tegang berlangsung sepanjang hari, diperumit oleh penolakan Israel untuk bernegosiasi dengan teroris ini atau teroris lainnya. Polisi Jerman mempertimbangkan untuk menyerang kompleks Israel tetapi kemudian membatalkan rencana tersebut karena khawatir akan keselamatan para sandera dan atlet lain di Desa Olimpiade.

Sepuluh penyelenggara Olimpiade Jerman Barat menawarkan diri mereka sebagai sandera dengan imbalan anggota tim Israel, tetapi tawaran itu ditolak.

Akhirnya, di sore hari, para teroris menyetujui rencana di mana mereka akan dibawa dengan helikopter ke pangkalan udara NATO di Fürstenfeldbruck dan kemudian diterbangkan dengan pesawat ke Kairo bersama para sandera.

Para teroris yakin mereka akan bertemu di Mesir oleh para tahanan Arab dan Jerman yang dibebaskan. Sekitar jam 10 malam, para teroris dan sandera muncul dari gedung; orang Israel diikat dan ditutup matanya. Mereka naik bus ke landasan helikopter darurat dan diterbangkan sejauh 12 mil ke Fürstenfeldbruck.

3 dari 3 halaman

Upaya Pembebasan Sandera

Otoritas Jerman khawatir bahwa orang Israel akan menghadapi kematian setibanya mereka di Timur Tengah. Mesir telah menolak permintaan untuk mengizinkan pesawat mendarat di Kairo, dan Israel tidak akan pernah membebaskan tahanan Arab yang dipermasalahkan.

Israel memiliki satuan tugas militer yang siap menyerbu pesawat di mana pun ia mendarat, tetapi polisi Jerman merencanakan penyergapan mereka sendiri.

Dalam proses transfer, bagaimanapun, Jerman menemukan bahwa ada delapan teroris, bukan lima yang diharapkan. Mereka tidak menugaskan cukup penembak jitu untuk membunuh para teroris dan, terlebih lagi, tidak memiliki perlengkapan, seperti walkie-talkie dan rompi antipeluru, yang diperlukan untuk melakukan penyergapan secara efektif. Meski demikian, sesaat sebelum pukul 11 ​​malam, para penembak jitu melepaskan tembakan. Tembakan mereka meleset dalam kegelapan, dan teroris membalas.

Menjelang akhir baku tembak, yang berlangsung lebih dari dua jam, orang-orang Palestina menembak mati empat sandera di salah satu helikopter dan melemparkan granat ke helikopter lain yang menahan lima lainnya - membunuh mereka semua. Sekitar pukul 1:30 pagi, teroris terakhir yang masih melawan tewas.

Kedelapan orang Palestina ditembak selama baku tembak - lima orang fatal - dan seorang polisi Jerman tewas. Salah satu pilot helikopter juga terluka parah.

Setelah tragedi itu, Olimpiade Munich untuk sementara ditangguhkan. Sebuah upacara peringatan untuk 11 orang Israel yang terbunuh menarik 80.000 pelayat ke stadion Olimpiade pada 6 September. Presiden Komite Olimpiade Internasional Avery Brundage, yang secara luas dikritik karena gagal menangguhkan Olimpiade selama krisis penyanderaan, semakin dikritik karena keputusannya untuk melanjutkan Olimpiade pada sore hari tanggal 6 September. Pada tanggal 11 September, upacara penutupan Olimpiade XX diakhiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.