Sukses

10 Fakta Menarik Tentang September

Bulan September adalah bulan yang dianggap banyak orang sebagai waktu yang sangat menyenangkan sepanjang tahufn yang memiiliki banyak fakta menarik di dalamnya.

Liputan6.com, Jakarta - September adalah bulan yang dianggap banyak orang sebagai waktu yang sangat menyenangkan sepanjang tahun. Karena pada September lah angin sejuk pertama bisa dirasakan yang diikuti dengan transisi menuju musim gugur.

Khusunya bagi mereka yang berada di belahan Bumi utara. Suhu cuaca akan terasa nyaman dan kondusif dengan malam yang lebih dingin menghilangkan panasnya siang hari.

Meskipun September tidak memiliki hari libur besar, tetapi bulan ke-9 ini adalah waktu untuk menyelesaikan panen tahunan dan merayakannya.

September juga merupakan waktu yang tepat di belahan bumi selatan. Lewatlah sudah hari-hari gelap musim dingin dan menuju musim semi yang pertama.

Seperti setiap bulan lainnya dalam setahun, September memiliki banyak hal untuk ditampilkan. Seperti 10 fakta menarik tentang September ini yang dirangkum dari the factsite.com dan kickassfacts.com, Kamis (3/9/2020):

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

1. Nama September Berasal dari Kalender Romawi Kuno

Nama "September" berasal dari kalender Romawi kuno, "septem" yang sebenarnya berarti 'bulan ke-7'. Tapi bukankah September adalah bulan ke-9? Ya, itu benar, ketika mengacu pada tahun kalender AS zaman modern.

Hal itu karena pada tahun 451 SM, Januari dan Februari baru ditambahkan ke kalender, menjadikan September sebagai bulan ke-9.

3 dari 11 halaman

2. Bulan Dewa Api

Orang Romawi sering kali menghubungkan bulan yang berbeda dengan dewa yang berbeda. Dan untuk September, mereka meyakini bahwa bulan ke-9 ini dijaga dewa api.

Jadi mereka selalu beranggapan bahwa akan terjadi kebakaran dan letusan gunung selama September. Padahal, itu sangat mungkin dikarenakan bulan yang sangat panas saat itu adalah bulan ketujuh (bulan September dalam kalender Romawi Kuno) dalam setahun.

4 dari 11 halaman

3. Sebutan Anglo-Saxons untuk September

Dulunya Old England,  Anglo-Saxons menyebut September sebagai Gerst Monath, yang jika diterjemahkan menjadi "bulan barley". Itu dikarenakan September adalah waktu di mana tanaman barley dapat dipanen yang artinya itu mereka dapat membuat minuman populer dari arley.

Selain Gerst Monath, Anglo-Saxon juga memiliki nama lain untuk September, yaitu Harvest Monath yang diterjemahkan menjadi bulan panen. Pada bulan ini, beberapa tanaman terbaik sepert bawang, apel, raspberry, dan tomat akan segera dipanen.

Hal ini karena cuaca September belum terlalu dingin tetapi mulai dingin, terutama di wilayah utara, sehingga sayuran dapat segera dipanen. Ini adalah bulan yang luar biasa untuk memanen sebagai persiapan untuk musim dingin yang akan datang.

5 dari 11 halaman

4. Batu Kelahiran Safir

September hanya memiliki satu batu kelahiran yaitu safir, batu yang ditemukan dalam berbagai warna berbeda tetapi yang paling terkenal adalah warna warna biru tuanya. Safir dikenal sebagai batu yang mewakili kebijaksanaan, keberuntungan, kebenaran, dan kekuatan.

Safir pernah dipakai untuk melindungi pemakainya dari keracunan dan kejahatan lainnya.

6 dari 11 halaman

5. Pertanda Musim Gugur Akan Datang

September menandai awal Musim Gugur di belahan bumi utara. Biasanya, hari pertama musim gugur jatuh pada 22 September atau 23 September di Amerika Utara. Kebanyakan orang melihat hari pertama musim gugur sebagai akhir resmi musim panas.

Ini adalah saat dimana jam-jam di siang hari hampir sama dengan jam-jam di malam hari, atau biasa disebut dengan peristiwa ekuinoks. Ini akan menjadi ekuinoks kedua setelah ekuinoks pertama yang terjadi di bulan Maret.

 

7 dari 11 halaman

6. Bulan Bersejarah Bagi AS

September memiliki hari libur yang kurang dikenal yang memiliki arti penting oleh dunia, namun tidak bagi Amerika. 17 September adalah hari yang sangat penting bagi AS, karena pada 1787 disahkannya Konstitusi AS.

Jika bukan karena konstitusi tersebut, AS bisa saja menjadi negara yang sangat berbeda saat ini, negara dengan kebebasan sipil yang jauh lebih sedikit.

8 dari 11 halaman

7. Banya Judul Lagu Gunakan 'September'

Lebih dari 10 lagu memiliki kata "September" dalam judulnya. Lagu-lagu tersebut seperti "Wake me up when September ends," milik Green Day serta "September of my years" milik Frank Sinatra.

9 dari 11 halaman

8. Perayaan Menarik yang Tidak Terkenal

September mungkin tidak memiliki hari libur utama di AS, tidak seperti bulan-bulan lainnya dengan Halloween, Thanksgiving, dan Natal.

Namun, September memiliki beberapa perayaan yang sedikit diketahui tapi cukup menarik yang tersebar sepanjang bulan. Di antaranya adalah Hari Kakek Nasional, Hari Pizza Keju Nasional, dan Hari Minum-Bir Nasional, Bulan Kucing Bahagia Nasional, Hari Bajak Laut, serta Hari Tanda Baca Nasional (AS).

Yang paling menarik adalah Hari Kids Take Over the Kitchen, di mana di hari itu anak anak diperbolehkan memasak resep favorit untuk keluarganya.

10 dari 11 halaman

9. Zodiak pada September

Mereka yang lahir pada September memiliki zodiak salah satu dari dua tanda bintang. Zodiak pada September terbagi antara Virgo (23 Agustus - 22 September) dan Libra (23 September - 22 Oktober). 

Virgo dikenal sebagai pribadi yang setia dan analitis. Mereka biasanya bijaksana, orang-orang analitis terkadang terlihat dingin, tetapi itu hanya karena mereka perlu melakukan pendekatan lebih dalam untuk menjalin persahabatan (seperti kebanyakan aspek kehidupan mereka).

Di sisi lain, Libra adalah pribadi yang diplomatis dan adil. Mereka menyukai keharmonisan, benci sendirian, dan selalu berjuang untuk perdamaian dan keadilan di dunia. Mereka juga merupakan pribadi yang dikatakan cerdas dan baik hati.

11 dari 11 halaman

10. Masuknya Tahun Ajaran Baru

Di kebanyakan negara di belahan bumi utara, September adalah saat bagi para siswa memulai tahun ajaran baru di sekolah. Uniknya, di beberapa negara seperti Israel mulai ajaran baru setiap tanggal 1 September setiap tahun, di saat negara yang lain hanya akan mulai pada hari Senin pertama setiap bulan.

 

Reporter: Vitaloca Cindrauli Sitompul

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.