Sukses

Apresiasi Tenaga Kesehatan, HUT ke-63 Negeri Jiran Usung Tema Malaysia Prihatin

Perayaan HUT ke-63 Malaysia mengusung tema "Malaysia Prihatin" sebagai wujud apresiasi terhadap tenaga kesehatan.

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Peringatan Hari Kemerdekaan Malaysia pada 2020 diselenggarakan dengan norma baru yang mengusung tema 'Malaysia Prihatin' (Malaysia Cares), sebagai wujud apresiasi terhadap para tenaga kesehatan yang berjuang menangani COVID-19.

Menteri Lingkungan Hidup dan Air, Datuk Tuan Ibrahim Tuan Man mengatakan bahwa meski perayaan tahun ini diadakan secara sederhana, namun perayaan ini juga diadakan untuk menghormati mereka yang telah bekerja keras menangani pandemi. Demikian seperti mengutip Malay Mail, Selasa (1/9/2020). 

"Karena kita masih dalam masa recovery movement control order (RMCO), maka sembari merayakan (hari bersejarah) kita tidak lupa berdoa dan berjuang agar negara kita terbebas dari COVID-19," ucapnya saat ditemui kantor berita Bernama, setelah perayaan hari kemerdekaan. 

Sementara itu, Menteri di Departemen Perdana Menteri (Ekonomi) Datuk Seri Mustapa Mohamed bersyukur atas perayaan kemerdekaan yang tetap dapat dilaksanakan, meski negara tersebut menghadapi berbagai tantangan terutama dalam menghadapi ancaman COVID-19.

"Yang penting semangat patriotisme tetap ada di dalam diri kita dan berdampak besar bagi warga Malaysia," ujarnya.

Menteri Sumber Daya Manusia, Datuk Seri M. Saravanan mengatakan pesan yang kemudian menjadi viral di berbagai situs media sosial. Pesannya menunjukkan bahwa semangat warga Malaysia masih tinggi meski tidak ada perayaan yang meriah seperti sebelumnya.

Sementara itu, Wakil Menteri Komunikasi dan Multimedia Datuk Zahidi Zainul Abidin mengatakan, program yang direncanakan dan dilaksanakan berjalan lancar dan mendapat respon yang baik, meski perayaan tahun ini tidak semeriah tahun-tahun sebelumnya.

“Perayaan tetap hidup dan bermakna meski dilakukan dengan norma baru. Program-program yang direncanakan dan dilaksanakan jelang peringatan Hari Kemerdekaan 2020 diterima dengan baik, memacu semangat kemandirian, persatuan dan cinta tanah air," ujarnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Orkestra Iringi Hari Kemerdekaan

Dalam unggahan di Facebook Menlu Malaysia Hishammuddin Hussein, sebuah kelompok orkestra nampak membawakan lagu nasional negara tersebut yang bertajuk 'Negaraku'.

"Saya bangga mempersembahkan kepada Anda 60 musisi dari 26 kebangsaan berbeda yang membawakan lagu-lagu favorit negara kita dengan indah. Begitu banyak instrumen yang berbeda namun yang Anda dengar hanyalah satu simfoni yang indah, bermain serempak, dalam harmoni yang sempurna. Selamat Hari Kemerdekaan untuk semua!," tulisnya bersamaan dengan video tersebut. 

Dalam video yang sama, ia juga menyampaikan sejumlah pesan-pesan terkait dengan Hari Kemerdekaan Malaysia yang harus dirayakan di tengah pandemi. 

"Pandei COVID-19 ini menguji ketahanan institusi kerajaan dan swasta, landskap perniagaan serta mengubah cara kehidupan pada setiap rakyat Malaysia," tuturnya dalam video tersebut. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.