Sukses

Studi: Olahraga Dapat Tingkatkan Respons Tubuh Terhadap Vaksin

Respons tubuh manusia terhadap vaksin bisa meningkat dengan melakukan olahraga.

Liputan6.com, Jakarta - Jika Anda adalah seorang atlet, Anda mungkin memperoleh kekebalan yang lebih besar dari vaksinasi flu daripada orang yang kurang aktif. Pernyataan ini diungkapkan menurut dua studi olahraga dan vaksinasi baru yang saling melengkapi dan tepat waktu.

Dua studi yang melibatkan kelompok pelari elit, perenang, pegulat, pesepeda dan atlet tersebut menunjukkan bahwa pelatihan intensif memperkuat respons vaksin kita. Hal tersebut merupakan sebuah temuan dengan relevansi khusus sekarang, saat musim flu mendekat dan para ilmuwan bekerja tengah mengembangkan vaksin COVID -19. Demikian seperti mengutip laman Channel News Asia, Selasa (1/9/2020). 

Memiliki sistem kekebalan yang prima untuk mengatasi infeksi dan respons kuat terhadap vaksinasi jelas diinginkan oleh siapapun sekarang, terlebih selama pandemi yang sedang berlangsung. Dan secara umum, olahraga membantu kekebalan. 

Orang yang sering berolahraga cenderung lebih jarang terkena flu dan virus lain daripada orang yang tidak banyak bergerak. Lebih cepatnya, jika Anda melatih lengan Anda beberapa jam sebelum vaksinasi flu, Anda kemungkinan besar akan mengembangkan respons antibodi yang lebih kuat daripada jika hanya mengistirahatkan lengan Anda. 

Tetapi ada juga yang berpendapat bahwa dalam keadaan tertentu, olahraga dapat mengurangi respons kekebalan. Beberapa penelitian epidemiologi dan cerita pribadi dari para atlet mengisyaratkan bahwa olahraga yang intens dan melelahkan dapat merusak kekebalan dalam jangka pendek. Pembalap maraton, misalnya, melaporkan terkena flu pada tingkat tinggi yang tidak proporsional segera setelah perlombaan, meskipun beberapa ahli fisiologi menduga masalah pernapasan pasca-perlombaan ini bersifat inflamasi, bukan menular.

Bagaimanapun, hasilnya adalah bahwa banyak pertanyaan tetap tidak terjawab tentang apakah dan bagaimana olahraga berat mempengaruhi kekebalan dan kemampuan tubuh kita untuk merespon dengan baik terhadap vaksinasi, seperti vaksinasi flu musiman.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Studi Libatkan Atlet

Jadi, untuk studi terbaru ini, para ilmuwan dari Saarland University di Jerman dan institusi lain memutuskan untuk meyakinkan sekelompok besar atlet kompetitif untuk mendapatkan vaksinasi.

Dalam survei, para atlet cenderung melaporkan tingkat vaksinasi yang relatif rendah untuk flu dan kondisi lainnya, karena banyak yang khawatir suntikan tersebut akan menyebabkan efek samping yang memengaruhi latihan mereka.

Namun peneliti berhasil merekrut 45 orang atlet, baik putra dan putri. Olahraga mereka berkisar dari ketahanan, seperti maraton, olahraga kekuatan, termasuk gulat dan lempar palu, hingga olahraga tim, seperti bola basket dan bulu tangkis. Semua relawan berada di tengah musim kompetisi mereka selama studi.

Untuk yang pertama dari dua eksperimen yang melibatkan para atlet ini, yang diterbitkan pada bulan Januari di Brain, Behavior, and Immunity, para peneliti berharap untuk menetapkan apakah menjadi seorang atlet dan memiliki kebugaran tubuh yang terlalu besar akan merosot atau menghalangi reaksi kekebalan kaum muda terhadap a suntikan flu. Jadi, para ilmuwan juga merekrut 25 orang muda tambahan yang sehat tetapi bukan atlet untuk dijadikan sebagai kelompok kontrol. Mereka mengambil darah dari semua orang.

Setelah itu, semua dari mereka menerima suntikan flu dan mencatat tentang efek samping yang mereka rasakan, seperti lengan yang sakit. Kelompok-kelompok tersebut kembali ke laboratorium untuk pengambilan darah lanjutan seminggu, dua minggu dan enam bulan setelah vaksinasi. Kemudian para peneliti memeriksa darah mereka untuk mencari sel-sel kekebalan dan antibodi anti-influenza.

Mereka menemukan lebih banyak sel-sel itu secara signifikan dalam darah para atlet, terutama pada minggu setelah suntikan, ketika reaksi seluler setiap orang memuncak. Para atlet menunjukkan "respon kekebalan yang lebih jelas," dengan perlindungan yang mungkin lebih baik terhadap infeksi flu daripada orang muda lainnya, kata Martina Sester, ahli imunologi di Universitas Saarland dan rekan penulis studi.

 

3 dari 3 halaman

Kebugaran Miliki Efek pada Respons Tubuh

Para peneliti berspekulasi bahwa sistem kekebalan para atlet telah diperkuat dan disesuaikan dengan tuntutan fisik harian dan latihan, memungkinkan mereka untuk merespon vaksin secara efektif.

Tetapi hasil tersebut, walaupun penting, tidak melihat efek akut dari olahraga dan apakah satu latihan yang intens dapat mengubah reaksi tubuh terhadap vaksin, menjadi lebih baik atau lebih buruk. Jadi, untuk studi baru yang kedua, yang diterbitkan pada bulan Juli di Medicine & Science in Sports & Exercise, para ilmuwan kembali ke data yang sama, tetapi sekarang hanya berfokus pada reaksi kekebalan para atlet.

Mereka membandingkan jumlah sel kekebalan dan antibodi pada para atlet yang kebetulan mendapat suntikan flu dalam waktu dua jam dari sesi latihan terakhir mereka dengan para atlet yang suntikannya didapatkan sehari setelah latihan terakhir mereka. Jika latihan intensif menumpulkan reaksi kekebalan, maka kelompok atlet pertama diharapkan menunjukkan lebih sedikit sel kekebalan baru daripada mereka yang mendapat suntikan setelah istirahat lebih lama.

Tetapi para peneliti tidak menemukan perbedaan, ketika vaksin terhadap para atlet dilakukan segera setelah latihan atau sehari kemudian, reaksi kekebalan mereka tetap sama. Latihan berat sebelumnya tidak menurunkan atau meningkatkan respons.

Bersama-sama, kedua penelitian memberi tahu kita bahwa dengan menjadi bugar kemungkinan akan meningkatkan perlindungan kita dari vaksinasi, tidak peduli seberapa intens atau kapan kita berolahraga sebelum suntikan diberikan, kata Sester.

Tentu saja, studi ini berfokus pada atlet profesional. Tetapi Sester percaya bahkan atlet yang lebih santai cenderung meningkatkan respons vaksin flu yang lebih baik daripada orang yang tidak banyak bergerak. Selain itu, ia dan rekan-rekannya mengharapkan kebugaran yang tinggi akan meningkatkan respons kekebalan terhadap vaksin lain, termasuk nantinya vaksin COVID-19.

“Prinsip dasar respon vaksin mungkin sama,” katanya. Penelitian selanjutnya harus memastikan kemungkinan itu, jika vaksin telah tersedia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.