Sukses

Cegah Penuaan Dini, Ini 5 Manfaat Mandi Air Dingin untuk Kulit

Mandi menggunakan air dingin ternyata memiliki sejumlah manfaat untuk kulit. Berikut ini sejumlah di antaranya.

Liputan6.com, Jakarta - Kita mungkin telah mengetahui bahwa mandi air dingin dapat memberi kita dorongan energi dan membantu membangunkan kita di pagi hari.

Tetapi mandi dengan air dingin memiliki sejumlah manfaat kecantikan juga. Mandi menggunakan dingin adalah trik kecantikan yang dapat memberikan dampak luar biasa pada kulit Anda.

Mengutip laman Bright Side, Selasa (1/9/2020), berikut adalah 5 manfaat bagi kulit yang bisa didapat usai mandi air dingin:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Membuat Kulit Jadi Lebih Sehat

Mandi air dingin membantu meningkatkan sirkulasi darah. Untuk wajah Anda, ini mungkin berarti tampilan bercahaya segar.

Kabar baiknya adalah Anda tidak perlu kedinginan terlalu lama untuk membuat kulit Anda lebih cerah. Mandi dengan air yang agak dingin atau bahkan air hangat sudah cukup untuk menyehatkannya.

3 dari 6 halaman

2. Mencegah Penuaan Kulit

Kebiasaan mandi air dingin setiap hari membantu kulit Anda tetap awet muda.

Air dingin mengaktifkan sistem saraf Anda, dan tubuh Anda melepaskan hormon dan bahan kimia otak yang melawan stres. Studi menunjukkan bahwa stres psikologis memiliki dampak langsung pada penuaan kulit dan berdampak negatif pada banyak sistem dalam tubuh.

4 dari 6 halaman

3. Mencegah Kondisi Kulit yang Berhubungan dengan Stres

Mandi air dingin mengirimkan sejumlah besar impuls listrik ke otak dan merangsang pelepasan "hormon bahagia" atau endorfin.

Ketika bahan kimia ini dilepaskan oleh tubuh, tingkat stres Anda menurun dan Anda tidak akan terlalu rentan mengalami sejumlah masalah kulit seperti jerawat, psoriasis, dan dermatitis.

5 dari 6 halaman

4. Mengencangkan Pori-Pori

Meskipun air panas dapat menghilangkan sebagian minyak pelindung yang dibuat oleh kulit Anda, air dingin akan memperkecil pori-pori Anda untuk sementara. Ini juga membantu memberikan vitalitas wajah Anda dan meningkatkan kecerahan kulit Anda.

Karena air dingin dapat menyebabkan pembuluh darah terkompresi, wajah mungkin tampak tidak terlalu bengkak atau merah.

6 dari 6 halaman

5. Menghilangkan Rasa Gatal

Bagi yang menderita kulit gatal, mandi air dingin bisa membantu Anda mengurangi kebiasaan menggaruk.

Menurut sebuah penelitian, mendinginkan kulit dengan mandi air dingin juga membantu mengurangi rasa gatal yang disebabkan oleh psoriasis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini