Sukses

Meski Pendukung Terlibat Unjuk Rasa, Donald Trump Tetap Membela

Presiden Donald Trump terus memberi pembelaan terhadap para pendukungnya yang terlibat dalam aksi unjuk rasa.

Liputan6.com, Washington D.C - Presiden AS Donald Trump telah membela para pendukungnya atas dugaan peran mereka dalam bentrokan jalanan yang mematikan baru-baru ini.

Melansir laman BBC, Selasa (1/9/2020), ia menyarankan seorang remaja yang dituduh membunuh dua orang di Wisconsin minggu lalu dan penggemar Trump yang terlibat dalam bentrokan di Oregon pada hari Sabtu untuk membela diri.

Pada konferensi pers Gedung Putih di hari Senin, Trump menyalahkan Biden dan sekutunya atas kekerasan di kota-kota yang dijalankan oleh walikota dan gubernur dari Demokrat.

Seorang reporter pun bertanya kepada presiden Republik apakah dia akan mengutuk pendukungnya yang menembakkan butiran cat selama konfrontasi dengan pengunjuk rasa pada akhir pekan di Portland, Oregon.

Dalam bentrokan jalanan berikutnya, seorang anggota kelompok sayap kanan, Patriot Prayer, dibunuh oleh seorang tersangka yang dilaporkan menyebut dirinya sebagai anggota antifa, jaringan yang berafiliasi secara longgar yang sebagian besar terdiri dari aktivis sayap kiri.

Pada hari Senin, polisi menyebut pria yang ditembak mati itu bernama Aaron Danielson. Namun, tidak ada penangkapan yang dilakukan.

"Yah, saya mengerti mereka memiliki sejumlah besar orang yang menjadi pendukung, tapi itu adalah protes damai," jawab Trump kepada reporter tersebut, dalam penggalian terselubung di outlet media AS yang sebelumnya dia tuduh mengabaikan kekerasan di Demonstrasi Black Lives Matter.

"Cat sebagai mekanisme pertahanan, cat bukan peluru," ujarnya lagi.

Reporter lain bertanya kepada Trump apakah dia akan mengutuk penembakan di Kenosha, Wisconsin, yang diduga dilakukan oleh seorang remaja yang pernah difoto di salah satu demonstrasi presiden.

"Kami sedang melihat semua itu," kata Trump dalam komentar publik pertamanya tentang penembak itu, "itu adalah situasi yang menarik, Anda melihat rekaman yang sama seperti yang saya lihat, dan dia berusaha menjauh dari mereka, saya tebak, sepertinya. Dan dia jatuh, lalu mereka menyerangnya dengan sangat kejam."

"Dan itu adalah sesuatu yang kami lihat sekarang, dan sedang diselidiki."

"Saya kira dia dalam masalah besar, dia mungkin akan terbunuh."

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Biden Salahkan Trump

Sebelumnya pada hari Senin, Biden dengan paksa mengutuk kekerasan pada protes baru-baru ini sambil menyalahkan Presiden Trump karena membuat negara menjadi tidak aman.

Hal tersebut merupakan upaya paling gigih dari calon dari Partai Demokrat untuk melawan kritik dari Partai Republik bahwa ia lemah dalam hukum dan ketertiban.

"Apakah saya terlihat seperti sosialis radikal dengan titik lemah untuk perusuh?" kata Biden, berbicara di Pittsburgh, di negara bagian Pennsylvania yang kritis dalam pemilihan umum. "Betulkah?"

Mantan wakil presiden AS itu menuduh Trump telah mengobarkan kekerasan di AS selama bertahun-tahun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.