Sukses

Fenomena Kawah Misterius di Tundra Rusia, Jejak UFO?

Kawah misterius dengan kedalaman 50 meter muncul di Arktika Rusia. Beberapa klaim mengatakan itu adalah jejak UFO atau bekas uji coba misil rahasia.

Liputan6.com, Moscow - Sebuah lubang kawah misterius dengan kedalaman 50 meter muncul di Arktika Rusia. Beberapa klaim mengatakan itu adalah jejak UFO atau bekas uji coba misil rahasia. 

Kawah itu ditemukan setelah ledakan besar di Tundra setelah musim panas yang dahsyat.

Ledakan dahsyat itu diyakini dipicu oleh "gas metana yang menumpuk di lapisan es yang mencair".

Lubang raksasa tersebut adalah kawah besar ke-17 yang muncul di wilayah tersebut selama enam tahun terakhir.

Lubang besar sebelumnya telah memicu teori konspirasi aneh tentang segala hal, mulai dari situs peluncuran UFO hingga tes nuklir Kremlin.

Balok tanah dan es terlempar "ratusan meter" dari pusat gempa oleh "kekuatan kolosal" yang disebabkan oleh ledakan tersebut, kata para ilmuwan.

Diduga gas dilepaskan di tanah yang telah membeku selama ribuan tahun, tetapi sekarang mulai mencair.

Lubang baru ini ditemukan dalam kesempatan oleh kru Vesti Yamal TV, yang saat itu ditugaskan untuk tugas lain. 

Sekelompok ilmuwan kemudian melakukan ekspedisi untuk memeriksa kawah silinder besar yang diperkirakan memiliki kedalaman 50 meter itu.

Ilmuwan Dr Evgeny Chuvilin, seorang peneliti terkemuka di Institut Sains dan Teknologi Skolkovo, mengatakan kawah tersebut "mencolok dalam ukuran dan kemegahannya".

Kawah itu muncul dari "kekuatan kolosal alam", kata Evgeny Chuvilin seperti dikutip dari News.co.au, Selasa (1/9/2020).

Profesor Vasily Bogoyavlensky, dari Institut Penelitian Minyak dan Gas Rusia di Moskow, mengatakan kepada stasiun TV bahwa lubang itu tidak biasa.

“Ini menyimpan banyak informasi ilmiah tambahan, yang belum siap saya ungkapkan," ujar Profesor Vasily Bogoyavlensky.

 

Saksikan Juga Video Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Diduga Muncul Karena Rongga Gas Terbentuk di Lapisan Es

Profesor Vasily Bogoyavlensky juga mengatakan bahwa kawah ini muncul karena "rongga jenuh gas terbentuk di lapisan es".

Beberapa, tetapi tidak semua ledakan, terjadi di perbukitan inti es yang membengkak saat gas menumpuk di bawah lapisan es yang tebal.

Bogoyavlensky sebelumnya telah mengklaim bahwa pengeboran gas alam di Yamal. -pemasok utama Eropa - mungkin menjadi faktor penyebab letusan.Ia juga mengkhawatirkan risiko bencana ekologis jika ledakan terjadi di bawah jaringan pipa gas, fasilitas produksi, atau kawasan pemukiman.

"Di sejumlah daerah, perbukitan es - seperti yang kita lihat dari data satelit dan dengan mata kepala sendiri selama inspeksi helikopter - secara harfiah menopang pipa gas," katanya lagi.

"Di beberapa tempat mereka mendongkrak pipa gas, mereka sepertinya mulai sedikit menekuk pipa ini."

Ilmuwan Rusia menyebut lubang hydrolaccoliths atau bulgunnyakhs. Mereka juga mengatakan studi tentang fenomena aneh tersebut masih pada tahap awal.

Reporter: Yohana Belinda 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.