Sukses

Kelompok Muslim dan Hindu Klaim Tak Punya Suara Jelang Pemilu Myanmar

Menjadi Muslim berarti tidak memiliki hak suara, klaim seorang warga Myanmar jelang pemilu negara itu pada November 2020 mendatang.

Liputan6.com, Naypyitaw - Salah satu dari lima juta pemuda Myanmar, May Thandar Maung sangat bersemangat untuk memberikan suara untuk pertama kalinya dalam pemilihan November 2020.

Tapi gadis berusia 18 tahun itu adalah seorang Muslim dan mengatakan itu berarti dia tidak akan bersuara.

"Agama saya berarti saya belum bisa mendapatkan KTP," katanya di kampung halamannya di Meiktila di Myanmar tengah - dan tidak ada KTP berarti tidak ada hak suara, Agence France-Presse mewartakan, seperti dikutip dari the Asean Post, Minggu (30/8/2020).

Dia menggambarkan bagaimana pejabat lokal telah menghalangi upayanya selama lebih dari setahun, sementara rekan-rekan Buddha tidak menghadapi penundaan seperti itu, di sebuah kota di mana ingatan akan kekerasan antar-komunal yang brutal pada tahun 2013 masih terasa.

Negara mayoritas beragama Buddha itu diperkirakan akan mengembalikan partai Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD) Aung San Suu Kyi ke tampuk kekuasaan pada 8 November dalam pemungutan suara kedua sejak Myanmar keluar dari kekuasaan militer langsung pada 2011.

Muslim Rohingya di negara itu - baik di tempat penampungan pengungsi Bangladesh atau yang terkurung di kamp dan desa di Myanmar - hampir semuanya akan dicabut haknya sepenuhnya.

Tetapi Myanmar juga memiliki lebih banyak Muslim dari warisan etnis lain - sekitar empat persen dari populasi - yang secara teori diterima oleh negara tersebut sebagai warga negara.

Namun dalam praktiknya, ini bisa sangat berbeda.

Umat ​​Muslim mengeluhkan korupsi sistemik, merinci bagaimana mereka dipaksa untuk membayar ratusan dolar - harga selangit di Myanmar, di mana seperempat penduduknya hidup dalam kemiskinan.

Tiga anggota keluarga Maung Cho masing-masing harus membayar US $ 370, kata pria berusia 53 tahun itu, berkali-kali lipat lebih tinggi daripada jumlah token 'uang teh' yang diminta umat Buddha.

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Darah Campuran

Pengalaman mereka digaungkan oleh umat Islam di seluruh negeri, kata analis yang berbasis di Yangon, David Mathieson.

"Sentimen anti-Muslim selalu hadir dengan diskriminasi di sekolah, tempat kerja dan akses ke pekerjaan pemerintah," katanya.

Tantangan terus berlanjut bahkan bagi mereka yang memperoleh ID di negara di mana kartu itu menyatakan etnis pemegangnya.

Banyak Muslim mengatakan identitas etnis palsu, biasanya dari Asia Selatan, semakin disebarkan ke masyarakat.

Keluarga Maung Cho telah tinggal di Myanmar selama beberapa generasi, namun ketika KTP-nya diperbarui kembali, ia diberi label sebagai "Muslim India".

"Itu pasti karena janggutku," katanya sedih.

Seperti yang disebut "darah campuran" lainnya, dia sekarang menghadapi pengawasan ekstra di setiap pemeriksaan ID dan bahkan harus berdiri dalam antrian terpisah di kantor imigrasi.

Umat ​​Hindu Myanmar - yang jumlahnya sekitar 250.000 - juga sering dicap sebagai "darah campuran" dan menghadapi masalah serupa.

Tun Min, 28, yang tinggal di Yangon, mengatakan butuh 10 tahun untuk mendapatkan kartu identitas.

Minggu lalu dia memilih untuk berbicara, memposting video di Facebook yang menjelaskan diskriminasi yang dihadapi komunitasnya.

"Saya mengendarai taksi selama delapan tahun tetapi hanya digunakan untuk bekerja pada malam hari karena saya tidak dapat mengajukan izin tanpa KTP."

3 dari 4 halaman

'Bengali'

Label yang paling tidak diinginkan, bagaimanapun, adalah "Bengali", istilah merendahkan yang biasanya digunakan untuk merujuk pada Rohingya yang dianiaya.

Myanmar menghadapi tuduhan genosida di pengadilan tinggi Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) setelah militer mengusir sekitar 750.000 Rohingya dalam tindakan keras terhadap militan pada tahun 2017.

Banyak dari 600.000 orang yang masih tinggal di Myanmar hidup dalam apa yang oleh Amnesty International disebut kondisi "apartheid", menolak kewarganegaraan dan hak-haknya dicabut.

Mathieson mengatakan ada banyak laporan dalam beberapa tahun terakhir tentang Muslim lain di seluruh Myanmar yang juga dipaksa mengadopsi "Bengali" sebagai identitas.

Dia menyalahkan prosedur birokrasi yang "rasis dan diskriminatif" daripada kebijakan resmi, tetapi memperingatkan pemerintah belum mencoba membasmi praktik tersebut.

NLD memiliki "agenda yang lebih penting daripada melakukan rekayasa balik dari sistem rasis yang membuat banyak pendukung mereka merasa nyaman".

Seorang pejabat departemen imigrasi, meminta untuk tidak disebutkan namanya, membantah tuduhan korupsi dan diskriminasi, bersikeras bahwa KTP diberikan sesuai dengan hukum.

 

4 dari 4 halaman

Bagaimana Progres-nya?

Tapi Maung Cho mengatakan dia berpikir rasisme terhadap Muslim sekarang lebih buruk daripada di bawah junta militer, menggambarkan komunitasnya sebagai "kecewa dan tertekan".

Banyak orang yang dia kenal merasa sangat kecewa sehingga mereka berencana untuk tidak memberikan suara dalam pemilihan mendatang.

Kampanye untuk memboikot pemungutan suara semakin marak.

Mantan pemimpin mahasiswa dan tahanan politik Sithu Maung adalah satu dari hanya dua Muslim dari 1.143 kandidat NLD. Pada 2015, partai tersebut sama sekali tidak memasukkan kandidat Muslim.

Dia mengatakan dia memahami kekecewaan komunitasnya tetapi menyangkal waktu lebih buruk daripada di bawah militer.

"Mereka harus optimis tentang masa depan. NLD baru berkuasa lima tahun."

Tetapi optimisme tidak tersedia di kalangan anak muda seperti May Thandar Maung.

"Meskipun saya lahir di sini, saya tidak bisa memilih dan itu adalah diskriminasi," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.