Sukses

7 Orang Masih Hilang Pasca Ledakan Beirut, 4 di Antaranya Warga Suriah dan Mesir

Liputan6.com, Beirut - Tujuh orang, termasuk tiga warga Lebanon masih hilang pasca insiden ledakan besar yang melanda Ibu Kota Beirut, menurut keterangan dari tentara negara tersebut. 

Kendati demikian, upaya pencarian masih dilakukan. 

Dikutip dari Channel News Asia, Minggu (30/8/2020), juru bicara militer, Elias Aad menyatakan dalam konferensi pers, "Operasi pencarian dan penyelamatan tidak akan berhenti sampai mereka yang hilang ditemukan".

Masih ada "tujuh orang hilang: tiga warga Lebanon yang kerabatnya telah mengirimkan sampel DNA, tiga warga Suriah, dan satu warga Mesir," terangnya.

Menurut Elias Aad, angka itu dikumpulkan dari data yang diserahkan oleh Pasukan Keamanan Dalam Negeri Lebanon, dan berkoordinasi dengan Palang Merah.

Pada pekan lalu, Pasukan Keamanan menyatakan bahwa telah mengidentifikasi 33 orang yang hilang setelah ledakan. 

Sementara itu, jumlah korban tewas akibat ledakan itu meningkat menjadi 188 orang, menurut Kementerian kesehatan Lebanon.

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Akses Air Bersih dan Sanitasi

Ledakan besar yang diyakini akibat amonium nitrat di pelabuhan Beirut itu juga telah melukai setidaknya 6.500 orang dan menyebabkan puluhan ribu lainnya kehilangan tempat tinggal. 

Diperkirakan 300.000 orang termasuk sekitar 100.000 anak, diperkirakan telah kehilangan rumah mereka karena rusak atau hancur akibat ledakan.

Tak hanya itu, badan anak-anak PBB, UNICEF juga memperingatkan kurangnya akses ke layanan air bersih dan sanitasi yang kritis.

Perwakilan UNICEF Lebanon, Yukie Mokuo, menyampaikan, "Karena kasus COVID-19 terus meningkat, sangat penting untuk memastikan bahwa anak-anak dan keluarga yang terkenan dampak akibat ledakan memiliki akses ke air bersih dan sanitasi".

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.