Sukses

Kisah Inspiratif Viral, 2 Saudari Daki Gunung dan Pohon Demi Kuliah Online

Berikut adalah kisah viral dua saudari di wilayah barat El Salvador, yang harus memanjat pohon zaitun setiap hari agar mendapatkan sinyal untuk mengikuti sesi belajar online.

Liputan6.com, El Savador - Kisah inspiratif datang dari dua saudari di wilayah barat El Salvador.

Setiap harinya, dua gadis tersebut harus mendaki gunung dan memanjat pohon zaitun untuk mendapatkan sinyal agar bisa mengikuti sesi belajar online dari kampus mereka.

Dikutip dari AFP, Sabtu (29/8/2020), kondisi yang sama dihadapi oleh ribuan warga El Salvador yang tinggal di daerah pedesaan sejak bulan Maret. Ketika pihak berwenang menutup sekolah dan universitas untuk menghentikan penyebaran Virus Corona COVID-19.

Sinyal telepon yang kuat untuk mengakses internet sangat sulit didapatkan di wilayah El Tigre, dekat perbatasan dengan Guatemala, yang merupakan tempat dua saudari yang bernama Matilde dan Marlene Pimentel tersebut tinggal.

Matilde yang mengambil jurusan matematika mengatakan kepada AFP, "Bagi kebanyakan dari kita yang tinggal di daerah pedesaan sulit (untuk belajar). Tidak ada koneksi (internet)".

Matilde bergabung dalam petualangan harian bersama saudarinya, Marlene. Gadis berusia 19 tahun itu kini mempelajari jurusan statistik.

Anak ketujuh dan kedelapan dari 10 bersaudara itu memiliki semangat yang begitu besar.

Mereka memiiki motivasi untuk menjadi anggota pertama dalam keluarga mereka yang lulus dari Universitas Negeri El Salvador.

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kerap Viral dalam Media Sosial

Kisah menyentuh mereka terungkap ketika polisi Castro Ruiz tengah berpatroli di Gunung El Tigre dan menemukan Matilde.

"Kesan pertama saya adalah sesuatu telah terjadi padanya," ungkap Ruiz kepada AFP.

Sementara ketika ditanya tentang apa yang terjadi, jawaban mengejutkan Matilde: "Saya hanya ingin belajar."

Kendati demikian, petugas yang tersentuh oleh "cerita postif" itu mengambil foto kedua gadis yang hendak belajar tersebut dan menerbitkannya di laman Facebook, yang kemudian menjadi viral.

Wilayah El Salvador diketahui terbagi hampir setengahnya oleh gunung berapi yang mengganggu sinyal ponsel.

Padahal, hampir 60 persen dari 6,6 juta penduduk El Salvador menggunakan internet, menurut Status Internet Dunia.

Sedangkan menurut laporan UNICEF, pandemi Virus Corona COVID-19 telah menyebabkan 463 juta anak di seluruh dunia tidak dapat menghadiri kelas online.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.