Sukses

Badai Laura Terjang Louisiana, 6 Orang Tewas dan 875 Ribu Tanpa Listrik

Korban badai Laura termasuk gadis remaja yang tertimpa pohon dan pria keracunan akibat genset.

Liputan6.com, Baton Rouge - Badai Laura yang menerjang negara bagian Louisiana telah menewaskan enam orang. Penyebabnya mulai dari tertimpa pohon hingga keracunan genset. 

Berdasarkan laporan AP, Jumat (28/7/2020), Gubernur Louisiana John Bel Edwards berkata empat korban tewas akibat tertimpa pohon jatuh. Salah satu korban adalah gadis berusia 14 tahun.

Korban lain adalah laki-laki berusia 24 tahun yang meninggal akibat keracunan karbon monoksida dari genset di rumahnya. Laki-laki lain dilaporkan tewas tenggelam saat berada di sebuah kapal.

Badai Laura menerjang Lousiana pada Kamis pagi waktu setempat. Selain merusak bangunan, bencana ini juga memutuskan listrik bagi 875 ribu orang.

Kecepatan badai tropis ini mencapai maksimum 150 mph sebelum mulai melemah hingga 70 mph. 

Gubernur Louisiana menyebut prioritas utama masih mencari dan menolong korban. Pemerintah juga mencarikan hotel dan motel bagi orang-orang yang kehilangan rumah.

Hotel menjadi pilihan karena tempat pengungsian biasa tak dapat digunakan akibat adanya pandemi Virus Corona (COVID-19).

Masyarakat Louisiana sudah keluar rumah untuk mensurvei kerusakan akibat badai Laura.

Beberapa kota di Texas yang dekat perbatasan Louisiana juga terdampak. Akses jalan di daerah Orange dan Newton di Texas dilaporkan tertutup pohon-pohon besar. Bisnis-bisnis juga tutup akibat badai ini. 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Donald Trump Akan Berkunjung

Presiden Amerika Serikat Donald Trump sudah berkomunikasi dengan Gubernur Louisiana terkait badai Laura. Ia berjanji akan mengunjungi Louisiana untuk melihat dampak badai.

"Kita mungkin akan berangkat antara Sabtu atau Minggu dan kita akan pergi ke Texas dan Louisiana, dan mungkin ada kunjungan tambahan," ujar Trump dalam konferensi pers. 

Trump berkata situasi cukup beruntung karena badai Laura berlalu dengan cepat meski kekuatannya besar.

Wakil Presiden Mike Pence juga membahas badai Laura dalam pidatonya di Konvensi Partai Republik. Pence meminta masyarakat yang terdampak agar mematuhi instruksi pihak berwenang dan ia berjanji pemerintah akan mendampingi pemulihan di Louisiana. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.