Kaya Nutrisi hingga Peningkat Libido, Cek 8 Fakta dan Mitos Durian Ini

Oleh Liputan6.com pada 28 Agu 2020, 18:33 WIB
Diperbarui 28 Agu 2020, 18:33 WIB
Ilustrasi durian (AFP)
Perbesar
Ilustrasi durian (AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Durian adalah buah bergizi tinggi yang bila dimakan dalam jumlah sedang, akan memberi tubuh banyak mineral, vitamin dan lemak baik.

Bertentangan dengan kepercayaan populer, Anda tidak perlu takut mengalami kenaikan kolesterol setelah makan durian. Faktanya, raja buah ini memiliki lemak tak jenuh tunggal yang baik yang sebenarnya dapat menurunkan kadar kolesterol berbahaya dan menurunkan tekanan darah tinggi.

Namun memakan buah yang bergizi tinggi ini tentunya akan sangat mempengaruhi lingkar pinggang Anda. Sebuah durian dapat memiliki antara 885 kalori hingga 1.500 kalori, tergantung dengan ukurannya.

Durian mungkin merupakan sumber nutrisi yang sangat baik, tetapi juga tinggi kalori dan karbohidrat sehingga harus dikonsumsi dalam jumlah sedang.

Seperti dikutip dari healthxchange.sg, Jumat (29/8/2020), berikut ini rangkuman fakta serta mitos terkait durian yang mungkin belum banyak diketahui.

2 dari 4 halaman

Fakta Tentang Durian

Ilustrasi
Perbesar
Ilustrasi durian. (dok. pixabay.com/Asnida Riani)

1. Durian bisa menyebabkan penambahan berat badan

Dengan berat rata-rata durian 1 kg, bisa diperkirakan bahwa 1 buah durian memiliki hampir 1.350 kalori, artinya satu biji durian saja (sekitar 40 g) memiliki 54 kalori.

Konsumsi satu biji durian dapat menyebabkan terkumpulnya 68% kalori berlebih dari 2.000 kalori harian yang merupakan rata rata kalori yang direkomendasikan untuk orang dewasa!

2. Durian kaya akan nutrisi

Durian secara alami kaya akan potasium, serat makanan, zat besi, vitamin C, dan vitamin B kompleks. Itulah yang menyebakan si Raja buah sangat baik untuk meningkatkan kekuatan otot dan tekanan darah, buang air besar dan kesehatan kulit.

Durian juga mendukung sistem saraf dan kekebalan serta mampu meningkatkan pembentukan sel darah merah.

3. Penderita diabetes harus membatasi asupan duriannya

Jika Anda menderita diabetes yang harus menghitung jumlah karbohidrat yang masuk, maka Anda tidak dianjurkan untuk berpesta durian karena kandungan gulanya yang tinggi.

Durian mengandung gula sederhana, seperti sukrosa, fruktosa dan glukosa.

4. Durian adalah pemberi energi instan

Karena kandungan karbohidratnya yang tinggi, durian dapat membantu mengisi kembali tingkat energi yang rendah dengan cepat. Kandungan kalium yang tinggi pada buah ini juga dapat membantu mengurangi kelelahan serta meredakan stres dan kecemasan.

3 dari 4 halaman

Mitos Tentang Durian

Mengonsumsi Buah Durian
Perbesar
Mengonsumsi Buah Durian (Photo by Jim Teo on Unsplash)

5. Durian sarat dengan kolesterol

Ini merupakan pernyataan yang tidak benar karena durian tidak memiliki kadar kolesterol.

Kolesterol hanya ditemukan dalam makanan yang mengandung lemak jenuh seperti daging merah, makanan laut, dan produk susu. Durian memiliki lemak tak jenuh tunggal yang justru menyehatkan jantung dan membantu menurunkan kadar kolesterol jahat LDL.

6. Manggis harus dimakan dengan durian untuk mengurangi rasa panas

Menurut keyakinan tradisional China, manggis merupakan buah yang mampunmendinginkan, sehingga bisa mengurangi rasa panas yang disebabkan oleh durian. Namun, belum ada penelitian ilmiah yang membuktikan hal ini.

Kebiasaan makan durian dan manggis secara bersamaan mungkin berasal dari fakta bahwa kedua buah tersebut tumbuh pada waktu yang hampir bersamaan.

7. Makan durian dan minum bir pada saat bersamaan bisa membunuh Anda

Tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa ini adalah kombinasi yang mematikan. Mungkin lebih masuk akal jika menyebabkan kembung, gangguan pencernaan dan ketidaknyamanan pada badan,  karena hati Anda harus bekerja ekstra keras untuk memetabolisme lemak dan gula dalam dua komponen tersebut, terutama jika Anda mengonsumsi keduanya secara berlebihan.

8. Makan durian dapat meningkatkan libido Anda

Rasa panas pada durian dapat menyebabkan suhu tubuh meningkat, tetapi hal ini tidak menjadikan buah tersebut sebagai afrodisiak. Namun, terlepas dari mitos yang terkait dengan durian, durian tetap menjadi buah yang sangat berharga.

 

Reporter: Vitaloca Cindrauli Sitompul

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓