Sukses

Tak Ada WNI Korban Bom Jolo Filipina, Kemlu Masih Selidiki Identitas Pelaku

Pihak Kemlu masih menyelidiki identitas pelaku bom bunuh diri di Jolo Filipina.

Liputan6.com, Jakarta - Pihak Kementerian Luar Negeri masih menyelidiki secara seksama terkait identitas kedua pelaku bom bunuh diri di Jolo Filipina, yang salah satunya disebut-sebut merupakan warga negara Indonesia. 

"Otoritas setempat masih terus melakukan investigasi dan identifikasi lebih lanjut. Kami akan terus lakukan koordinasi dengan mereka," Menlu Retno menyampaikan dalam press briefing dengan awak media pada Kamis (27/8/2020). 

Dalam kesempatan yang sama, ia juga menyampaikan bahwa tidak ada WNI yang menjadi korban dalam insiden tersebut. 

Kendati demikian, pihak pemerintah Indonesia masih terus melakukan koordinasi dengan otoritas setempat.

"Pemerintah Indonesia, termasuk melalui KBRI Manila dan KJRI Davao terus berkoordinasi dengan otoritas Filipina dan memantau perkembangan peristiwa ini dengan seksama," tambah Menlu Retno.

Saksikan Juga Video Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dugaan Terhadap Pelaku

Menlu Retno melaporkan bahwa berdasarkan informasi terakhir yang diperoleh dari Kepala Komando Mindanao Barat, Westmincom (Western Mindanao Command), pelaku bom bunuh diri adalah dua orang wanita.

Pelaku pertama diidentifikasi sebagai istri pelaku pembom bunuh diri di Jolo pada bulan Juni 2019 lalu, sedangkan pelaku kedua diidentifikasi sebagai istri dari seorang anggota Abu Sayyaf.

Menurut informasi tersebut, kedua pelaku diidentifikasi sebagai warga lokal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.