Sukses

Menlu Retno Bahas Kerja Sama Kesehatan hingga Pertemuan Trilateral dengan Australia

Menlu Retno dan Menlu Australia membahas soal kerja sama kesehatan hingga pertemuan trilateral.

Liputan6.com, Jakarta - Menlu Retno Marsudi telah melakukan panggilan telepon dengan Menlu Australia, Marise Payne. Dalam sambungan telepon tersebut, kedua pihak membahas sejumlah kesepakatan kerja sama mulai dari isu kesehatan hingga pertahanan. 

Terkait isu kesehatan, Australia telah berkomitmen memberikan dukungan ventilator sebanyak 100 unit.

Retno menyampaikan, seluruh unit ventilator telah diterima, sementara peralatan pelengkapnya yang menurut rencana akan tiba pada September 2020.

Selain itu, Australia juga ingin memperkuat kerja sama antara lembaga penelitian seperti dengan Eijkman Institute untuk peningkatan kapasitas termasuk di bidang vaksin.

"Tentunya keinginan ini akan ditindak lanjuti melalui pembicaraan langsung antara CSIRO dengan Eijkman Institute," ungkap Retno. 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rencana Pertemuan Trilateral dan 2+2

Selain isu tersebut, Retno membahas soal rencana pertemuan trilateral antara Indonesia, Australia, dan India.

"Rencana pertemuan trilateral sudah mulai dibahas cukup lama. Dalam pembicaraan kemarin, saya sampaikan usulan kiranya selain isu kawasan atau internasional, maka pertemuan trilateral dapat membahas kerjasama penanganan COVID dan dampak sosial ekonominya," jelas Retno. 

Retno menambahkan, terkait pertemuan 2+2 yang masih dalam tahap perencanaan sehubungan dengan perkembangan kasus COVID-19, di mana Australia akan menjadi tuan rumahnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.