Sukses

Dampak Pandemi COVID-19, Universitas di India Gelar Wisuda Virtual Pakai Avatar

Di tengah pandemi Virus Corona COVID-19, kampus IIT menemukan cara unik untuk mengadakan wisuda virtual dengan menciptakan avatar, ilustrasi yang menyerupai pimpinan dan para lulusan.

Liputan6.com, Bombay - Di universitas seluruh dunia, wisuda merupakan upacara yang menandakan pencapaian dalam pendidikan bersama keluarga dan teman. Tetapi pandemi Virus Corona COVID-19 telah merampas kesempatan ritual tradisional tersebut dari para siswa yang baru saja lulus.

Namun, dengan kondisi new normal saat ini, salah satu universitas menemukan cara unik untuk mengadakan wisuda virtual dengan menciptakan avatar, ilustrasi menyerupai pimpinan dan para lulusan, seperti dikutip dari CNN, Kamis (27/8/2020).

Lebih dari 2.000 siswa dari Institut Teknologi India (IIT) Bombay dianugerahi sertifikat kelulusan oleh direktur IIT Subhasis Chaudhuri dalam sebuah upacara virtual pada Minggu 23 Agustus.

IIT merupakan salah satu universitas teknik paling bergengsi di India, yang dikenal dengan penghasil Silicon Valley seperti CEO Google Sundar Pichai.

Perayaan unik tersebut dirancang untuk mematuhi pengamanan Virus Corona COVID-19. Menurut pernyataan dari Biro Informasi Pers (PIB) pemerintah India, upacara wisuda tersebut disiarkan di dua saluran TV lokal serta YouTube dan Facebook Live.

"Institut berpikir bahwa ini merupaka langkah terbaik (mengatur pertemuan VR seperti itu untuk siswa yang lulus) agar tidak membahayakan kesehatan mereka, namun tetap tidak menghilangkan rasa pencapaian dan kebanggaan mereka karena telah lulus dari institut teknik terkemuka di India," ucapnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Para Siswa Posting Pengalaman Kelulusan Virtual

Para siswa juga merasa sangat senang dengan inovasi tersebut. Hal itu terlihat dari bagaimana para siswa menceritakan pengalaman tersebut melalui Twitter.

"Saya merasa terhormat menerima gelar Ph.D. di pertemuan ke-58 @iitbombay. Komite menghadiahkan semua orang ilustrasi wisuda pribadi yang keren," tulis Deepank Verma di samping GIF avatarnya yang menerima diploma.

Tak hanya siswa, Perdana Menteri India Narendra Modi juga mentweet tentang upacara hari Selasa, menyebutnya sebagai "perpaduan yang indah antara tradisi dan teknologi."

Duncan Haldane, pemenang Hadiah Nobel 2016 bidang fisika dan seorang profesor di Universitas Princeton, AS, yang juga turut diundang sebagai tamu utama pada upacara tersebut mengatakan bahwa "Ada pelajaran bagi setiap orang yang terlibat dalam penelitian. Bahkan jika Anda terlibat dalam proyek yang sangat berorientasi pada tujuan, cobalah untuk menyisihkan sedikit waktu Anda untuk menyelidiki keingintahuan tak terduga yang terkadang muncul di sepanjang proses nantinya."

3 dari 3 halaman

Sudah Banyak yang Melakukannya

Sekolah-sekolah di AS juga telah mengadakan wisuda online atau perayaan drive-through, sementara yang lain memilih menunda perayaan dengan harapan bisa diadakan secara langsung.

Salah satu sekolah di Pennsylvania mengadakan acara bertema Hollywood, mengubah 141 lulusan menjadi bintang layar lebar malam itu dan mengadakan upacara di bioskop drive-in.

Siswa dan keluarga dari SMA Area Hanover juga memilih melakukan perayaan kelulusan dari mobil mereka saat rekaman pidato, dan slide foto serta ucapan terima kasih akan diproyeksikan ke layar teater.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.